Tips Penting yang Harus Kamu Ketahui untuk Investasi Tanah

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan, salah satunya adalah dengan berinvestasi. Dari sekian banyak jenis investasi yang ada, kamu bisa melakukan investasi tanah karena dipercaya bisa memberikan keuntungan yang besar.

Akan tetapi, kamu jangan asal-asalan saat ingin melakukan investasi tanah sebab ada banyak pertimbangan yang perlu kamu lakukan agar terhindar dari kerugian. Untuk memaksimalkan keuntungan yang diperoleh, Kania akan membagikan tips apa saja yang perlu dilakukan dan diperhatikan saat ingin memulai investasi tanah. Simak ulasan di bawah ini sampai habis, ya!

Pemilihan Lokasi Tanah

castles.com

Sebelum investasi tanah, pastikan kamu memilih lokasi yang bagus. Dalam artian, pilihlah lokasi yang sekiranya berpotensi mengalami kenaikan harga tinggi seperti di area bisnis, kawasan industri, ataupun area pemukiman. Selain itu, lokasi investasi tanah yang sedang mengalami pengembangan, seperti adanya rencana proyek pembangunan pemerintah juga memiliki prospek yang bagus sehingga bisa kamu pertimbangkan.

Perhatikan Kondisi Tanah

gimcoltd.com

Saat investasi tanah, kamu pun harus memperhatikan kelayakan tanah yang akan kamu beli. Silakan pertimbangkan bentuk, ukuran, kepadatan, kerataan, dan arah tanah yang akan kamu jadikan investasi tanah sehingga lebih memudahkan proses pembangunan yang akan dilakukan di masa mendatang. Pertimbangan kondisi tanah untuk melakukan investasi tanah ini pun dapat menghindari adanya pengurukan yang tentunya akan memakan biaya lebih tinggi.

Pertimbangkan Kenyamanan Lokasi Investasi Tanah

4cplandandhomes.com

Sebelum kamu melakukan investasi tanah, kamu pun harus memperhatikan kemungkinan bencana yang terjadi di lingkungan tersebut, misalnya tanah longsor, banjir, dan lain sebagainya. Jangan lupa, lakukan komunikasi dengan notaris ataupun warga yang berada di sekitar lokasi tanah untuk mengetahui berbagai hal yang mungkin saja dapat memberikan ketidaknyamanan, seperti adanya limbah pembuangan sampah, area makam, gangguan preman, atau suasana yang angker di sekitar lokasi yang akan kamu jadikan investasi tanah.

Kelengkapan Surat dan Legalitas Investasi Tanah

landcentral.com

Saat kamu ingin melakukan investasi tanah, kamu pun wajib memperhatikan legalitas dan kelengkapan surat ataupun sertifikat atas tanah tersebut. Kamu bisa melakukan validasi melalui notaris ataupun pejabat agar tanah yang kamu beli untuk investasi tanah tidak menimbulkan masalah di masa depan. Hal ini tentunya bertujuan untuk meminimalisir adanya kerugian akibat pembelian tanah sengketa, tanah wakaf, ataupun tanah yang terkena penggusuran karena terletak di lokasi yang akan dijadikan pembangunan oleh pemerintah.

Biaya Keseluruhan Pembelian Tanah

forbes.com

Ketika kamu melakukan investasi tanah, tentu saja kamu harus mengeluarkan biaya pembelian yang dihitung berdasarkan lokasi dan luas tanah. Namun, tak hanya itu saja sebab kamu pun harus menghitung anggaran keseluruhan seperti biaya administrasi untuk pengurusan melalui Pejabat Pembuat Akta Tanah  atau PPAT, yakni sebesar 1% dari harga transaksi tanah.

Kamu bisa mencari PPAT yang dekat dengan lokasi tanah yang akan kamu beli. Pastikan juga bahwa pihak pejabat tersebut melakukan pengecekan langsung sehingga dapat meminimalisir adanya masalah di kemudian hari.

Perhatikan Akses Jalannya

revealnews.org

Saat melakukan investasi tanah, sebaiknya kamu memilih tanah pada lokasi yang mudah dilalui oleh kendaraan, khususnya mobil agar memberikan nilai tambah. Adanya akses jalan yang prima akan memudahkan kamu sebagai pemilik untuk keluar masuk serta dapat menunjang kegiatan bisnis karena dapat memudahkan proses distribusi barang.

Selain itu, akses jalan yang baik tersebut juga akan mempermudahkan proses pembangunan rumah atau bangunan lainnya di kemudian hari. Perlu diperhatikan, akses jalan yang buruk akan menghambat proses pengembangan dan sulit untuk digunakan sebagai area bisnis sehingga sebaiknya kamu hindari untuk melakukan investasi tanah di lokasi tersebut.

Keenam tips investasi tanah di atas bisa kamu lakukan agar pendapatan yang akan kamu terima nantinya bisa lebih maksimal. Yuk, tambah penghasilanmu di masa depan dengan melakukan investasi tanah secara tepat mulai dari sekarang!

Jangan lupa baca artikel dengan inspirasi dan informasi bermanfaat lainnya hanya di Dekoruma, ya! Selain artikel, aneka ragam furnitur untuk rumahmu juga ada di Dekoruma, lho! Dekoruma jual kursi, tempat tidur, sofa bed, rak gantung, rak buku, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu baru saja memliki sang buah hati, Dekorum juga jual lemari anak dan tempat tidur bayi untuk memenuhi kebutuhannya. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cek dan temukan semuanya di Dekoruma!