Aneka Produk Ramah Lingkungan Kekinian yang Harus Kamu Miliki

Belakangan ini, dunia sedang fokus terhadap sampah laut yang mencemari lingkungan dan membunuh sejumlah satwa laut. Mirisnya, Indonesia merupakan negara kedua yang menyumbang sampah laut paling banyak di dunia.

Sebagai upaya mengatasi isu ini, pemerintah gencar melarang penggunaan kantong plastik, termasuk juga produk-produk dari bahan plastik. Masyarakat pun mulai tergerak untuk menggunakan produk ramah lingkungan sebagai pengganti plastik.

Nah, kalau kamu juga peduli dengan lingkungan hidup, maka kamu wajib punya produk ramah lingkungan yang lagi nge-tren. Apa saja produk ramah lingkungan tersebut? Yuk, langsung saja intip tujuh produk ramah lingkungan pilihan Kania berikut ini!

Sedotan Reusable

homeystyless.com

Sejumlah kedai minuman dan restoran telah meniadakan sedotan plastik. Bagi kamu yang tidak terbiasa minum langsung dari gelas, maka kamu wajib memiliki sedotan reusable. Produk ramah lingkungan ini sangat nge-tren di kalangan masyarakat Indonesia.

Biasanya, produk ramah lingkungan berupa sedotan reusable ini dijual sepaket dengan sikat pembersih dan wadah penyimpanannya supaya sedotan tetap higienis saat dipakai berulang kali. Sedotan reusable ini ada yang dibuat dari material stainless steel, bambu, silikon, dan juga kaca. Ukurannya pun tidak terlalu besar sehingga tidak akan memenuhi isi tas.

Tas Belanja

smithsonianmag.com

Sebelum pergi ke pasar atau supermarket, pastikan untuk membawa tas belanja sendiri. Pasalnya, supermarket sudah tidak menyediakan kantong plastik lagi. Tidak perlu khawatir dengan ukurannya yang besar karena saat ini sudah banyak model tas belanja yang bisa dilipat dan ukurannya pun sangat pas untuk disimpan atau digantung di tas pergimu.

Meski begitu, produk ramah lingkungan ini cukup kuat untuk menampung belanjaanmu. Oh ya, motif dari produk ramah lingkungan ini juga sangat beragam sehingga penggunanya tetap bisa tampil stylish.

Alat Makan dari Kayu

junglestraws.com

Beberapa kedai makanan dan camilan masih ada yang menyediakan alat makan dari plastik. Meskipun demikian, yuk mulai inisiatif sendiri untuk tidak menggunakannya. Sebagai gantinya, bawalah selalu produk ramah lingkungan berupa alat makan yang terbuat dari kayu.

Selain mengurangi sampah plastik, kebersihan dari produk ramah lingkungan ini pun lebih terjamin karena hanya kamu yang menggunakannya. Produk ramah lingkungan ini banyak dijual lengkap dengan wadah penyimpanan. Bobotnya juga ringan sehingga tidak akan memberatkanmu untuk membawanya ke mana saja. Berkat kegunaannya yang sangat praktis, produk ramah lingkungan ini pun kerap dijadikan sebagai souvenir pernikahan.

Wadah Non-Plastik

infabbrica.com

Coba cek perlengkapan dapur milikmu sekarang. Apakah masih ada wadah yang terbuat dari plastik, seperti baskom atau mangkuk plastik? Kalau iya, mulai dari sekarang coba hentikan untuk menggunakannya. Hal ini karena selain dapat menimbun sampah, wadah plastik tersebut belum tentu aman untuk diisi makanan panas. Oleh karena itu, sebagai gantinya kamu bisa menggunakan produk ramah lingkungan berupa wadah dari stainless steel, kaca, ataupun keramik.

Botol Minum

thewirecutter.com

Alih-alih membeli air minum dalam kemasan, lebih baik kamu membawa air minum sendiri dari rumah menggunakan produk ramah lingkungan berupa botol. Namun, pastikan kamu menggunakan botol minum khusus dan bukan botol plastik air mineral. Merek botol yang jadi favorit adalah Lock n Lock dan Weston.

Sampah botol plastik membutuhkan waktu yang lama untuk terurai. Selain itu, botol plastik tersebut juga dapat meracuni tubuh apabila dipakai berulang kali. Saat ini, produk ramah lingkungan berupa botol minum sudah banyak tersedia dengan aneka bentuk dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhanmu. Hal yang terpenting, pastikan materialnya aman untuk dipakai berulang kali dan tidak bereaksi saat terkena air panas, ya!

Pembalut dari Kain

theacare.com

Kalau produk ramah lingkungan yang satu ini khusus untuk para wanita, yaitu pembalut yang terbuat dari bahan kain. Di Indonesia sendiri, produk ramah lingkungan ini pun mulai menjadi tren. Tidak hanya membantu mengurangi jumlah sampah rumah tangga, produk ramah lingkungan ini juga bisa menjadi solusi bagi wanita yang kulitnya sangat sensitif terhadap zat kimia yang terdapat pada pembalut sekali pakai. Untuk menjaga pembalut kain tetap higienis, kamu perlu mencucinya dengan deterjen, kemudian menjemurnya hingga kering sempurna.

Loofah untuk Mencuci Piring

huffingtonpost.com

Loofah merupakan produk ramah lingkungan yang dibuat dari sayur oyong. Setelah dikeringkan, teksturnya menjadi kuat dan sedikit kasar. Dengan teksturnya yang demikian, masyarakat pun mulai menggunakannya sebagai pengganti spons cuci piring biasa yang sulit terurai.

Produk ramah lingkungan ini mudah terurai karena berasal dari bahan alami. Bentuk dari produk ramah lingkungan ini cukup panjang sehingga kamu perlu memotongnya dalam beberapa bagian supaya pemakaiannya lebih efisien. Jangan lupa untuk menjemurnya usai penggunaan supaya bakteri tidak berkembang biak.

Nah, itulah produk ramah lingkungan yang wajib kamu miliki sebagai pecinta lingkungan. Dari ketujuh produk ramah lingkungan yang lagi nge-tren tersebut, mana yang sudah kamu miliki?

Selain informasi di atas, baca juga artikel dengan inspirasi dan informasi menarik lainnya hanya di Dekoruma. Tak hanya artikel saja, Dekoruma pun menyediakan berbagai produk rumah tangga, seperti peralatan dapur, alat kebersihan, hingga perlengkapan kamar mandi.

Ada juga beragam jenis furnitur untuk hunianmu, Dekoruma jual rak dinding, meja makan, sofa, dan lemari pakaian. Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumah tanggamu bersama Dekoruma!