7 Taman Nasional yang Memukau di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari beragam budaya. Tak hanya rumah adat Indonesia yang beragam, Indonesia juga punya banyak sekali bentangan alam luas. Hal ini membuat Indonesia jadi terkenal dengan ragam keindahan alam yang dimilikinya. Uniknya lagi, di setiap daerah memiliki flora dan fauna yang berbeda dan langka sehingga kerap dijadikan sebagai simbol dari masing-masing daerah tersebut.

Keberadaan flora dan fauna yang langka tersebut pun dilindungi dan dilestarikan oleh pemerintah di dalam taman nasional. Oleh karena itu, tidak heran jika di Indonesia ada banyak taman nasional dengan keistimewaannya tersendiri yang dijadikan sebagai tempat wisata alam.

Nah, berikut ini Kania akan memberikan rekomendasi taman nasional dengan keindahan alam yang wajib kamu kunjungi saat berlibur. Apa saja itu? Yuk, langsung saja intip di bawah ini!

1. Taman Nasional Karimun Jawa

indonesia.travel

Sering mendengar nama Karimun Jawa? Ya, Taman Nasional Karimun Jawa yang berlokasi di Jepara, Jawa Tengah ini memang menjadi salah satu taman nasional yang paling terkenal dan banyak diminati. Taman nasional ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dan beragam, mulai dari hutan hujan tropis, hutan bakau, padang rumput, hutan pesisir, padang lamun, hingga aneka terumbu karang cantik yang ada di bawah laut.

Namun, ada satu hal lagi yang menjadi daya tarik taman nasional ini, yaitu adanya penangkaran hiu yang bisa kamu lihat dan ajak berinteraksi secara dekat. Berani coba?

2. Taman Nasional Wakatobi

wakatobi.com

Taman Nasional Wakatobi bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang suka dengan panorama pasir putih dan air laut biru. Taman nasional yang terletak di Sulawesi Tenggara ini memiliki keanekaragaman hayati laut yang sangat memukau, mulai dari terumbu karang, beragam jenis ikan, dan biota laut lainnya.

Oleh karena itu, tidak heran jika taman nasional ini banyak menarik wisatawan yang menyukai kegiatan diving dan snorkeling. Tak sampai di situ saja, keindahan Taman Nasional Wakatobi ini juga terbentuk dari kebudayaan dan adat istiadat masyarakat setempat.

3. Taman Nasional Way Kambas

shutterstock.com

Berlokasi di Kabupaten Lampung Timur, Taman Nasional Way Kambas ini merupakan tempat konservasi gajah Sumatera dan menjadi sekolah gajah pertama yang ada di Indonesia. Melalui taman nasional ini, gajah-gajah Sumatera dilatih agar menjadi jinak dan bisa berinteraksi dengan manusia ataupun hewan lainnya. Akan tetapi, bukan hanya gajah saja yang ada di taman nasional ini, melainkan juga tapir, badak dan harimau Sumatera yang sudah mulai langka.

4. Taman Nasional Komodo

shutterstock.com

Siapa yang tidak tahu Pulau Komodo? Sepertinya hampir semua orang setidaknya mengetahui keberadaan pulau yang menjadi destinasi favorit wisatawan ini. Pulau ini sendiri masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang di antaranya juga ada Pulau Rinca dan Pulau Padar.

Selain menjadi habitat komodo, tentunya taman nasional ini juga menjadi rumah bagi satwa langka lainnya, seperti rusa timor, monyet ekor panjang, kuda liar, hingga berbagai jenis burung. Di taman nasional ini kamu juga bisa melihat bentangan alam berupa panorama laut yang sangat indah. Hal inilah yang membuat Taman Nasional Komodo juga menjadi kawasan diving paling favorit.

5. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

shutterstock.com

Suka dengan pemandangan gunung? Kalau begitu taman nasional yang satu ini wajib ada dalam daftar liburanmu! Sesuai dengan namanya, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menyuguhkan panorama gunung yang sangat memukau. Dibalik keindahannya, taman nasional ini dibuat untuk melindungi aneka ragam ekosistem dan flora pegunungan yang ada di sana.

Taman nasional ini juga memiliki kawasan air terjun, telaga, dan pendakian gunung. Selain itu, di dalamnya juga ada Taman Wisata Alam Mandalawangi yang dilengkapi dengan aneka kegiatan wisata, seperti outbond dan paintball. Wah, pasti seru banget, ya berkunjung ke taman nasional ini?

6. Taman Nasional Lorentz

shutterstock.com

Taman Nasional Lorentz yang terletak di Papua ini merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara dan juga ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Di dalam taman nasional ini terdapat pantai, padang rumput, rawa-rawa, hutan hujan, hingga pegunungan Jayawijaya yang merupakan gunung tertinggi di Indonesia.

Tak hanya itu, taman nasional ini juga menjadi habitat satwa langka di Papua, seperti burung kasuari, kanguru pohon, kucing hutan, babi duri bermoncong panjang dan pendek, serta burung puyuh salju. Uniknya lagi, di dalam Taman Nasional Lorentz ini juga terdapat beragam suku asli Papua, mulai dari suku Dani, Amungme, Sempan, Nduga, hingga Asmat.

7. Taman Nasional Baluran

shutterstock.com

Dari Papua, kita beralih ke Jawa Timur sebagai destinasi taman nasional yang terakhir. Nah, di Jawa Timur ada Taman Nasional Baluran yang sering juga disebut sebagai Africa Van Java atau dengan kata lain Afrika kecil di Pulau Jawa.

Bukan tanpa alasan, sebutan tersebut muncul karena taman nasional ini menyuguhkan panorama padang rumput Savana Bekol yang mirip seperti di Afrika. Jika beruntung, kamu pun bisa melihat sekumpulan rusa yang hidup bebas di padang rumput tersebut. Selain itu, ada juga hutan hijau Evergreen Forest dan Pantai Bama di taman nasional ini.

Bagaimana, setelah melihat ketujuh taman nasional di atas, pasti kamu jadi ingin berkunjung ke sana, ‘kan? Kalau kamu berkesempatan mengunjungi salah satu dari taman nasional tadi, jangan lupa untuk menjaga kebersihannya, ya! Dengan demikian, kamu pun turut menjaga kelestarian lingkungan taman nasional tersebut.

Ingin mengganti furnitur rumahmu dengan yang baru? Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka furnitur multifungsi dengan harga bersahabat! Dekoruma jual rak sepatu, sofa minimalis, rak tv, meja rias, hingga kursi teras.

Tak hanya itu, Dekoruma juga menyediakan jasa desain rumah, lho. Harganya kompetitif, desainnya kekinian, dan ada garansi 2 tahun. Yuk, langsung wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!