Khasiat Kacang Panjang untuk Tubuh Lebih Sehat

Jenis sayuran kacang panjang pasti sudah tidak asing lagi bagimu, ‘kan? Kacang panjang memang sering kita temui dalam menu makanan sehat sehari-hari, baik itu di restoran ataupun yang kamu masak sendiri di rumah. Rasa kacang panjang sendiri gurih manis dan memiliki tekstur yang renyah saat dimakan. Oleh karena itu, tidak heran kalau banyak orang suka mengonsumsi kacang panjang.

Pada dasarnya, semua jenis sayuran pasti memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, begitu juga dengan kacang panjang. Namun, apakah kamu sudah tahu apa saja manfaat kacang panjang untuk tubuhmu? Nah, di bawah ini Kania akan membagikan tujuh manfaat kacang pajang beserta penjelasannya. Simak ulasannya sampai habis, ya!

1. Memelihara Kesehatan Mata

shutterstock.com

Punya masalah kesehatan mata sehingga mengganggu penglihatan? Kalau demikian, kamu bisa coba mengonsumsi kacang panjang untuk membantu memelihara matamu. Kacang panjang memiliki kandungan vitamin A yang sejak dahulu sudah terkenal akan kemampuannya dalam menjaga fungsi penglihatan. Oleh karena itu, rutinlah mengonsumsi kacang panjang atau sayuran lainnya yang juga mengandung vitamin A, seperti wortel agar kesehatan matamu dapat membaik, meski tidak benar-benar sempurna seperti awalnya.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

shutterstock.com

Kacang panjang juga dapat membantu memelihara kesehatan jantung. Hal ini karena kacang panjang mengandung folat yang berfungsi mengurangi asam amino homosistein di dalam tubuh yang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Selain itu, kacang panjang juga dapat melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh. Cegahlah penyakit jantung sejak dini dengan mengonsumsi kacang panjang secara rutin!

3. Mencegah Penyakit Kanker

shutterstock.com

Kandungan asam folat yang terkandung di dalam kacang panjang tadi juga berfungsi untuk mencegah perkembangan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Berdasarkan hasil studi, beberapa penyakit kanker yang bisa dicegah di antaranya adalah kanker usus, payudara, paru-paru, dan otak.

Selain itu, kacang panjang juga mengandung antioksidan nabati, termasuk riboflavin dan flavonoid. Kedua kandungan senyawa tersebut juga dipercaya mampu mengurangi perkembangan sel kanker yang berbahaya bagi tubuh.

4. Mengatasi Nyeri Haid

shutterstock.com

Masalah nyeri haid pasti pernah dialami oleh setiap wanita. Rasa nyeri ini biasanya sangat mengganggu sampai tidak bisa beraktivitas. Namun, tenang saja karena kamu bisa mengatasi rasa nyeri haid ini dengan mengonsumsi kacang panjang.

Kacang panjang juga mengandung mineral, seperti mangan yang dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri. Tak hanya itu, dengan kandungan tersebut yang ada di dalam kacang panjang, suasana hatimu pun akan jadi lebih meningkat, lho!

5. Melawan Radikal Bebas

shutterstock.com

Tubuh manusia bisa terpapar radikal bebas dari lingkungan di sekitarnya, seperti radiasi, sinar matahari, polusi udara, bahkan makanan yang kita konsumsi. Selain itu, sebenarnya tubuh kita pun menghasilkan radikal bebas dari proses metabolisme dan reaksi kimia di dalam tubuh. Bahayanya, radikal bebas ini dapat menjadi pemicu penyakit kronis, seperti stroke, arthritis, dan jantung.

Nah, dengan mengonsumsi kacang panjang secara rutin, sistem tubuhmu akan menangkal radikal bebas tersebut. Hal ini karena kacang panjang memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan, dimana keduanya memiliki peranan penting dalam melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Dengan demikian, kamu pun akan terhindar dari berbagai penyakit.

6. Menyehatan Kulit

shutterstock.com

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit yang halus dan sehat? Setiap orang pasti mengingininya, terutama kaum perempuan. Kandungan vitamin C yang ada di dalam kacang panjang juga berkhasiat untuk mencegah kulit menjadi kering dan keriput. Dengan demikian, tentunya kacang panjang mampu membuat kulit jadi lebih sehat dan memperlambat proses penuaan. Selain itu, manfaat kacang panjang ini juga mampu mencerahkan kulit, lho!

7. Mengatasi Insomnia

shutterstock.com

Apakah kamu sering mengalami insomnia atau kesulitan tidur di malam hari? Jika demikian, jangan dibiarkan begitu saja karena hal tersebut dapat memicu berbagai penyakit. Nah, salah satu cara untuk mengatasi insomnia adalah dengan mengonsumsi kacang panjang.

Kacang panjang mengandung zat magnesium yang dapat bekerja secara efektif dalam menangani rasa gelisah yang sering mengganggu saat tidur. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah untuk tidur terlelap dan tubuhmu pun akan jadi lebih sehat dan berstamina keesokan harinya.

Ternyata dibalik rasa yang enak dan segar, kacang panjang punya segudang manfaat kesehatan yang tak terduga, ya! Yuk, konsumsi kacang panjang secara rutin untuk mendapatkan semua manfaatnya!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma tempatnya! Dekoruma jual rak display, sofa, lampu gantung, alat kebersihan, hingga peralatan masak.

Tak hanya itu, Dekoruma juga jual Dunlopillo, Sleep Care, dan Comforta, merek kasur ternama Indonesia dengan kualitas yang terbaik. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!