Inspirasi Bordes Tangga Rumah yang Kreatif dan Multifungsi

Apakah kamu pernah merasa sangat lelah setelah mengakses tangga di rumah? Hal tersebut mungkin terjadi karena di tanggamu tidak ada jeda atau area untuk mengistirahatkan kaki sejenak. Nah, area tersebut dinamakan juga bordes tangga atau landing stairs.

Pada umumnya, bordes tangga berada di tengah-tengah tangga dan sebenarnya bordes juga masih termasuk anak tangga, hanya saja ukurannya lebih besar dan luas. Berkat ukurannya yang cukup luas, kamu bisa membuat bordes tangga jadi lebih fungsional dengan desain yang tidak membosankan. Berikut ini Kania punya beberapa ide desain bordes tangga yang sangat inspiratif dan bisa kamu terapkan di rumah. Daripada penasaran, langsung saja intip bersama-sama, yuk!

1. Bordes Tangga dengan Jendela Tinggi

metricon.com.au

Desain bordes tangga yang satu ini dilengkapi dengan jendela yang sangat tinggi dan ramping. Saat sudah mencapai area bordes tangga, kamu bisa meregangkan kaki sambil mengintip indahnya pemandangan luar melalui jendela tersebut.

Meskipun sederhana, tapi desain bordes tangga ini terlihat sangat estetik. Terlebih lagi, anak tangganya menggunakan papan kayu minimalis yang membuat desain tangga secara keseluruhan jadi lebih cantik. Kamu juga bisa menambahkan beberapa dekorasi berupa tanaman hias, seperti tanaman monstera. Dengan demikian, area bordes tangga ini bisa kamu jadikan spot foto yang instagrammable.

2. Bordes Tangga yang Merangkap Sebagai Balkon

sugarsbeach.com

Ingin punya tampilan rumah yang mewah bak istana kerajaan? Kamu bisa tiru inspirasi desain bordes tangga di atas. Bordes tangga ini dirancang khusus dengan konsep balkon, di mana melalui balkon tersebut, kamu bisa melihat ke area ruang tamu yang ada di bawahnya.

Kalau biasanya bordes tangga hanya menghubungkan antara dua arah, pada inspirasi ini bordes tangganya menghubungkan tiga arah, yaitu bagian bawah serta bagian kiri dan kanan atas. Selain karena desain tangga yang sudah megah, bordes tangga ini juga turut memaksimalkan kemewahannya.

3. Bordes Tangga yang Menyambung dengan Pintu

firststepdesigns.com

Biasanya, rumah mungil akan menghadapi banyak masalah dalam hal desain, salah satunya adalah tidak cukup ruang untuk meletakkan furnitur atau bagian-bagian esensial dari bangunan rumah, seperti pintu. Akibatnya, kamu jadi kebingungan dalam mengatur posisinya. Akan tetapi, jika ada pintu di bordes tangga, kenapa tidak?

Keberadaan pintu di bordes tangga bisa menjadi solusi yang terbaik untuk menghemat tempat di rumah. Kamu juga tidak perlu khawatir karena bordes tangga yang cukup lapang tidak akan mengganggu akses penghuni keluar masuk ataupun naik turun. Di atas pintu atau di sepanjang dinding tangga, kamu bisa menggantukan hiasan, seperti lukisan atau karya montase.

4. Bordes Tangga dengan Perpustakaan Mini

home-designing.com

Kamu suka membaca atau mengoleksi buku-buku? Kalau begitu, ide desain bordes tangga dengan perpustakaan kecil ini bisa jadi inspirasi terbaik untukmu. Meskipun area bordes tangga tidak terlalu besar, tapi kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan rak dinding bersekat sebagai pengganti rak buku minimalis.

Nah, karena yang digunakan adalah rak dinding, maka rak tersebut tidak harus hanya ada di bordes tangga, tapi bisa juga pada seluruh dinding di area tangga tersebut. Dengan demikian, desain bordes tangga ini jadi lebih space saving atau hemat ruang.

5. Bordes Tangga dengan Nook dan Rak Pajang

pinterest.com

Desain bordes tangga yang sangat luas dapat kamu manfaatkan sebagai nook atau area duduk untuk bersantai. Saat sore hari, kamu bisa melepas penat sambil minum teh dan melihat pemandangan luar rumah melalui jendela di bordes tangga. Dengan menerapkan desain bordes tangga ini, hunianmu pasti jadi terasa makin homey.

Nah, supaya desain bordes tangga lebih efisien, buatlah nook yang menyatu dengan furnitur lainnya, seperti rak display di bagian samping atau laci di bawahnya. Dengan demikian, kamu bisa memajang aneka koleksi atau benda kesayanganmu di bordes tangga.

Selain ide bordes tangga di atas, kamu juga bisa membuat desain inspiratif lainnya, lho! Misalnya saja bordes tangga dengan galeri foto atau lukisan. Gimana, sudah siap menciptakan bordes tangga yang serbaguna? Selamat mendesain!

Jangan lupa baca juga artikel dengan inspirasi rumah lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, kamu juga bisa membeli furnitur secara online. Dekoruma jual rak tv, meja makan, lemari pakaian, hingga tempat tidur.

Buat kamu yang sedang mencari kasur baru, Dekoruma jual King Koil, Comforta, dan Guhdo, tiga merek kasur ternama yang tersedia dalam beragam ukuran dan material. Kualitasnya pun bukan abal-abal.

Dekoruma juga jual Luminarc, lho yaitu merek peralatan makan dan minum berkualitas dengan bahan yang aman untuk kesehatanmu dan keluarga. Lengkapi banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!