Kegunaan Secondary Skin pada Fasad Rumah yang Harus Kamu Ketahui

Pernah mendengar sebutan secondary skin? Mungkin beberapa di antara kamu masih asing dengan istilah tersebut, tapi secara tidak sadar, kamu pasti pernah melihat atau menemukan secondary skin pada bangunan rumah, terutama untuk konsep rumah modern minimalis. Secondary skin merupakan salah satu bagian terluar dari fasad rumah yang pada umumnya tidak langsung menempel pada dinding eksterior rumah.

Secondary skin digunakan oleh para arsitek sebagai lapisan kedua yang berfungsi untuk melindungi rumah dari paparan sinar matahari yang terik. Akan tetapi, sebenarnya masih ada fungsi lain dari secondary skin. Apa saja? Yuk, simak ulasan Kania mengenai fungsi secondary skin pada bangunan rumah di bawah ini!

Melindungi Rumah dari Perubahan Cuaca

shutterstock.com

Secondary skin memang dirancang khusus untuk melindungi rumah terhadap cuaca-cuaca tertentu, seperti panas terik, hujan deras, dan terjangan angin kencang. Saat sinar matahari muncul, secondary skin akan menjadi pelindung, di mana tidak semua cahaya akan masuk secara langsung karena terhalang oleh kisi-kisi secondary skin. Dengan demikian, hunianmu akan jadi lebih teduh tanpa menghilangkan sinar alami sama sekali.

Begitu juga saat terjadi hujan yang disertai angin kencang, kehadiran secondary skin membuat debu, kotoran, dan air hujan akan lebih sulit masuk ke dalam rumah. Dengan demikian, hunianmu pasti jadi lebih bersih dan sehat.

Mengurangi Hawa Panas pada Hunian

archdaily.com

Nah, berkat kemampuannya menghalau sinar matahari masuk ke dalam rumah, secondary skin jadi dapat meredam hawa panas yang dibawa oleh cahaya alami tersebut. Selain itu, kalau kamu menggunakan secondary skin tanpa ada jendela lagi di bagian dalamnya, kamu juga bisa merasakan angin segar pada sore hari yang masuk melalui celah atau kisi secondary skin. Dengan demikian, hunianmu pun akan terasa sejuk setiap saat.

Meningkatkan Privasi

divisare.com

Saat ini, ada banyak rumah yang mengusung konsep terbuka, di mana terdapat jendela kaca besar sehingga bagian dalam rumah terekspos dengan jelas. Hal ini memang memiliki tujuan tersendiri, seperti untuk membuat hunian terlihat lebih estetik ataupun supaya bagian dalam rumah jadi terasa lebih lapang. Namun, pada saat-saat tertentu, kamu pasti membutuhkan privasi, ‘kan?

Sebagai solusinya, kamu tidak perlu mengganti jendela tersebut dengan dinding, melainkan gunakan saja secondary skin. Celah-celah yang biasanya terdapat pada permukaan secondary skin memungkinkan kamu tetap memiliki hunian terbuka dengan privasi yang lebih terjaga.

Tak hanya itu, di era yang semakin berkembang ini pun sudah ada secondary skin yang menggunakan bantuan teknologi. Jadi, sama seperti jendela, model secondary skin yang canggih ini bisa dibuka-tutup sehingga kapan saja membutuhkan privasi, kamu hanya perlu menutupnya.

Menambah Estetika Bangunan Rumah

pinterest.com

Di samping fungsi-fungsi utamanya, secondary skin juga punya fungsi dekoratif yang mampu menjadi daya tarik pada fasad bangunan rumah. Model atau desain secondary skin sendiri sangat bervariasi, seperti model minimalis, modern, atau kontemporer. Selain itu, material yang digunakan untuk membuat secondary skin pun beraneka ragam, mulai dari material besi, kayu, bambu, bahkan ada juga yang membuatnya dari susunan botol kaca bekas, lho!

Secara visual, rumah yang menggunakan secondary skin akan terlihat lebih mewah dan estetik. Nah, karena secondary skin dapat memengaruhi tampilan rumahmu, baik secara langsung maupun tidak langsung, sebaiknya kamu memilih model secondary skin yang sesuai dengan konsep rumahmu, ya!

Media Tanaman Rambat

totalworld.com

Satu lagi nilai tambah dari secondary skin, yaitu bisa menjadi sarana untuk menanam tanaman rambat yang bisa menciptakan kesan alami sekaligus unik pada hunianmu. Seperti yang kita tahu bahwa eksterior rumah bisa mencermikan kepribadian atau kesukaan penghuni rumahnya. Oleh karena itu, secondary skin sangat cocok bagi kamu yang ingin mengekspresikan hobi bercocok tanam. Adapun jenis tanaman merambat yang bisa kamu gunakan pada secondary skin di antaranya adalah Lee Kwan Yew dan Vernonia Elliptica.

Melalui ulasan di atas, diharapkan kamu tidak hanya memahami fungsi secondary skin saja, tapi juga dapat mempertimbangkan penggunaannya pada hunianmu. Apakah kamu tertarik? Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya!

Selain artikel, Dekoruma juga jual furniture online Indonesia. Mulai dari sofa, meja makan, kursi teras, hingga aneka rak penyimpanan, semuanya tersedia.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga jual spring bed dari merek-merek ternama, seperti spring bed Dunlopillo dan King Koil. Untuk model dan ukurannya pun sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Yuk, langsung saja cek semuanya di Dekoruma!