Ragam Bunga Hias Kekinian yang Harus Kamu Miliki

Dari masa ke masa, bunga hias selalu dilirik oleh banyak orang, terutama bagi mereka pecinta tanaman. Meski tidak banyak jenis baru, tapi setiap tahunnya jenis bunga hias yang populer berbeda-beda, di mana sebenarnya ini hanya perputaran tren saja.

Nah, saat ini setidaknya ada tujuh bunga hias yang sedang hits dan banyak diburu orang-orang, termasuk oleh mereka yang baru ingin memulai hobi berkebun. Bunga-bunga ini bisa ditanam, bisa juga dijadikan bunga gantung. Penasaran apa saja? Yuk, langsung intip bersama Kania di bawah ini!

1. Bunga Hias Dahlia

pinterest.com

Siapa sih yang tidak terpesona dengan kecantikan bunga hias dahlia? Hampir semua pecinta tanaman pasti ingin memiliki bunga hias ini. Bunga hias dahlia akan bertumbuh mekar dengan mahkota bunga yang saling bertumpuk satu sama lain.

Umumnya, warna bunga hias dahlia didominasi oleh warna merah muda atau ungu yang menawan. Kamu bisa menanam bunga hias ini di dalam pot tanaman atau langsung ke dalam tanah yang subur di kebun atau halaman rumahmu.

2. Bunga Hias Marigold

gilmour.com

Saat ini, marigold sedang menjadi bunga hias yang banyak diburu orang-orang, terutama bagi pecinta tanaman hias. Bukan tanpa alasan, hal ini karena bunga hias marigold memiliki bentuk mahkota bertumpuk dan berkerut yang sangat indah.

Tak hanya itu saja, warna kuningnya yang mencolok juga membuat bunga hias ini semakin menarik dan sangat cocok untuk mempercantik halaman rumah. Apalagi, bunga hias ini cukup mudah bertumbuh dan mampu bertahan hidup di dalam kondisi cuaca yang panas.

3. Bunga Hias Anthurium

kalliergeia.com

Selanjutnya, ada bunga hias anthurium yang memiliki bentuk bunga meyerupai daun. Selain bentuknya yang unik dan indah, warna merah yang khas dari bunga hias ini pun menjadi daya tarik tersendiri sehingga sangat cocok untuk mempermanis taman minimalis depan rumah.

Bunga hias ini merupakan tanaman yang dapat bertumbuh subur di wilayah yang beriklim tropis. Berkat keindahannya, bunga hias ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Bahkan, di zaman dahulu, anthurium kerap dijadikan sebagai bunga hias di istana kerajaan Jawa, lho!

4. Bunga Hias Hydrangea

thetimesherald.com

Bunga hias hydrangea dikenal juga dengan sebutan hortensia atau kembang bokor. Warna dari bunga hias ini sangat beragam, ada yang berwarna pink, biru, ungu, biru keunguan, dan putih. Inilah yang membuat bunga hias hydrangea banyak diminati.

Berbeda dari bunga hias pada umumnya, bunga hydrangea memiliki bentuk bulat yang terdiri dari sekumpulan mahkota bunga kecil yang sangat unik. Selain cantik, bunga hias ini juga terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan tubuh, lho! Kamu pasti jadi semakin tertarik untuk menanam bunga hias hydrangea, ‘kan?

5. Bunga Hias Petunia

groupon.com

Bunga hias petunia termasuk ke dalam jenis tanaman gantung yang memiliki beragam warna menarik, seperti merah, putih, pink, ungu, kuning, dan ada juga yang kombinasi. Kamu bisa menggantungkan bunga hias ini di balkon, atau teras rumahmu.

Bentuk mahkota bunga hias petunia menyerupai terompet dengan ukuran yang cukup kecil. Meskipun kecil, tapi bunga hias ini akan bertumbuh dengan rimbun sehingga halaman rumahmu akan terlihat lebih atraktif dan orang-orang yang berkunjung pun akan terpesona dengan keindahannya.

6. Bunga Hias Kembang Sepatu

gardenerspath.com

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kembang sepatu, ‘kan? Bunga hias yang sangat terkenal ini dapat tetap bertumbuh subur di tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Inilah yang menjadi alasan mengapa kembang sepatu cukup populer di Indonesia yang beriklim tropis.

Bunga hias ini sangat mudah dikenali dari bentuknya yang unik. Umumnya, warna bunga hias kembang sepatu adalah merah, tapi di beberapa daerah, ada juga yang berwarna merah muda dan kuning. Sementara, nama latin dari bunga hias ini adalah hibiscus.

7. Bunga Hias Kamboja

facebook.com

Nah, bunga hias terakhir yang wajib ada di kebun rumahmu adalah bunga kamboja. Bunga hias ini sangat terkenal dengan aromanya yang khas. Namun, keindahan mahkota bunganya yang berwarna putih dengan semburat kuning kemerahan juga menjadi keunikan tersendiri yang membuat bunga hias ini makin populer.

Bunga hias yang berasal dari Amerika Tengah ini dapat kamu temukan dengan mudah di Pulau Bali. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang berasal dari Bali menggunakan bunga hias kamboja sebagai aksesoris rambut atau diselipkan di atas daun telinga.

Itulah tujuh bunga hias yang sedang populer dan banyak diburu pecinta tanaman. Sekarang, apakah kamu sudah menentukan bunga hias mana yang akan kamu tanam di rumah? Atau mungkin semuanya? Apa pun pilihanmu, pastikan kamu mengetahui aturan merawat tanaman bunga yang baik dan benar, ya. Selamat menanam!

Ingin mendapatkan lebih banyak informasi dan inspirasi bercocok tanam? Jangan ragu untuk cek artikel menarik lainnya di Dekoruma! Ada berbagai tips dan trik seputar tanaman yang bisa kamu temukan, seperti cara membuat bonsai, cara merawat keladi, atau manfaat dari aneka tanaman.

Ada juga beragam produk kebutuhan rumah, seperti furnitur, dekorasi, dan perabotan untuk melengkapi hunianmu. Kalau kamu sedang mencari jasa desain rumah, Dekoruma juga bisa jadi solusi. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!