Tidak terasa saat ini kita sudah berada di penghujung tahun dan akan memasuki tahun 2021 yang penuh harapan. Bagi sebagian besar orang, memasuki tahun baru adalah waktu yang tepat untuk memperbarui tampilan rumah. Inilah yang menjadi alasan mengapa di setiap tahun pasti ada berbagai tren baru, salah satunya adalah warna cat rumah. Tujuannya tentu untuk membuat hunian tidak terasa membosankan, melainkan jadi semakin nyaman bagi penghuninya.

Nah, untuk tren warna cat rumah di tahun 2021, penyedia cat dekoratif terkemuka, Jotun meluncurkan Kartu Warna Global bertema REDISCOVER yang terdiri dari koleksi warna baru lengkap dengan warna-warna abadi yang sudah pernah dikembangkan. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tren warna untuk tahun 2021 yang dipilih Jotun adalah warna-warna yang bisa memberikan kenyamanan maksimal pada hunian. Apalagi, situasi akhir-akhir ini sedang tidak menentu dan penuh kekacauan. Dengan menggunakan koleksi warna baru dari Jotun, diharapkan rumah bukan lagi sekadar sebagai tempat tinggal, tapi menjadi tempat perlindungan yang paling aman dan terjamin, bahkan bisa memberikan kedamaian.

Kartu warna REDISCOVER yang terdiri dari 29 warna ini dibuat khusus untuk dapat dikombinasikan satu sama lain, antara warna baru dengan warna yang sudah dikembangkan sebelumnya. Dengan demikian, kamu bisa mengeksplor berbagai warna dan menciptakan nuansa baru yang tak lekang oleh waktu pada hunian. Nah, untuk memudahkan kamu, Jotun juga mengelompokkan warna-warna tersebut ke dalam empat palet warna dengan kisah yang berbeda. Pasti kamu penasaran, ‘kan? Yuk, langsung saja intip bersama Kania di bawah ini!

Nuansa Hangat Bagaikan di Pedesaan

jotun.com

Suasana alam di pedesaan yang penuh kehangatan selalu menjadi favorit semua orang karena bisa membuat pikiran lebih rileks dan hati jadi senang. Bagi kamu yang ingin menghadirkan suasana tersebut di dalam hunian, kamu bisa menggunakan tren palet warna yang bernuansa hangat dari Jotun.

Tidak perlu memiliki ruangan yang besar karena palet warna ini bisa kamu aplikasikan hanya di salah satu area atau bahkan di satu sudut saja pada rumahmu. Dengan mengaplikasikan palet warna bernuansa hangat ini, hunian pun akan terasa nyaman setiap saat.

jotun.com

Palet warna yang terinspirasi dari bumi dengan unsur yang memberikan kehangatan dan ketenteraman ini terdiri dari tujuh warna, di mana dua di antaranya adalah warna lama yang sudah pernah dikembangkan, tapi tetap bisa menghasilkan perpaduan yang sempurna. 

Warna-warna baru yang ada dalam palet warna bernuansa hangat ini adalah Welcoming Red, Desert Pink, Earthy Brown, Natural Clay, dan Hummus. Sementara, dua warna lama yang ditemukan kembali adalah Masala dan Antique Yellow.

jotun.com

Kamu bisa berkreasi sesuka hati dengan mengombinasikan beberapa warna dari palet warna ini. Misalnya, untuk di ruang tamu menggunakan perpaduan warna Masala dengan sentuhan keemasan dan Desert Pink dengan warna merah mudanya yang netral. Sementara, untuk di kamar tidur menggunakan kombinasi Natural Clay yang berwarna oranye batu bata dan Antique Yellow dengan sentuhan warna kuning yang elegan.

Sentuhan Warna Netral dan Lembut

jotun.com

Keadaan hiruk pikuk yang ada di sekeliling terkadang membuat kita merasa lelah, bahkan menjadi stres. Nah, melihat kondisi yang tidak ideal ini, Jotun menciptakan palet warna dengan sentuhan warna netral dan lembut untuk menyederhanakan tampilan ruangan sekaligus menjernihkan pikiran penghuninya. Dengan demikian, kamu tidak perlu pergi ke tempat-tempat yang jauh karena di rumah sendiri pun kamu bisa menemukan kedamaian melalui warna cat rumah.

jotun.com

Di dalam palet warna yang netral ini, terdapat tiga warna baru, yaitu Belgian Brown dengan warna cokelat yang penuh karakter, Impression yang merupakan sepuhan warna cokelat lembut, dan Observe, warna dengan nuansa beige. Adapun warna-warna yang ditemukan kembali adalah Grand Shadow yang berwarna coklat keabuan, Soft dengan warna krem emasnya yang lembut, Early Rain yang cerah bersih, dan Lucerne yang merupakan campuran warna beige dan abu kalem.

Semua warna ini dapat kamu padu-padankan untuk menciptakan hunian yang sederhana nan elegan. Berkat sentuhan netralnya, kamu juga bisa mengaplikasikan palet warna ini pada berbagai konsep hunian, seperti rumah bergaya minimalis, klasik, modern, vintage, hingga kontemporer.

jotun.com

Dalam penerapannya, palet warna yang satu ini bisa digunakan di semua ruang yang ada di rumahmu tanpa jadi terkesan monoton. Selain itu, dominasi warna netralnya yang cerah juga bisa membuat hunian jadi terasa lebih luas. Jangan lupa sesuaikan warna cat rumah dengan furnitur yang kamu gunakan supaya memberikan hasil akhir yang sempurna.

Warna Biru yang Luas dan Timeless

jotun.com

Kamu suka memandangi langit biru yang cerah di siang hari? Atau justru kamu lebih suka keindahan bawah laut? Apa pun itu, kamu bisa, lho menghadirkan kedua nuansa tersebut di hunianmu dengan menggunakan palet warna biru yang timeless dan berkesan luas.

Palet warna biru sangat jauh dari kesan yang gaduh dan membosankan sehingga hunianmu pasti jadi terasa lebih homey. Apalagi, warna biru juga bisa memberikan efek psikologis yang menenangkan.

jotun.com

Meskipun temanya adalah biru, tapi rangkaian warna yang ada di dalam palet ini tidak semuanya berwarna biru. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan tampilan rumah supaya tidak terlihat monoton.

Untuk warna yang bernuansa biru, ada Coastal Blue, Natural Blue, dan Ocean Air, di mana ketiganya memiliki rona yang berbeda. Sementara, warna lainnya yang masuk ke dalam palet warna ini ada Golden Bronze yang berwarna cokelat tua keemasan, Green Leaf dengan nuansa hijau daun yang gelap, serta Objective dan Timeless yang memiliki sentuhan warna abu-abu.

jotun.com

Gabungan antara warna Ocean Air dengan Timeless merupakan perpaduan yang sempurna dan bisa membuat kamu seperti berada di tengah-tengah lautan bebas. Begitu juga dengan kombinasi antara Coastal Blue, Green Leaf, dan Objective. Perpaduan ketiganya mampu menciptakan tampilan ruangan yang estetik dan anti-mainstream.

Saat kamu merasa lelah dengan aktivitas sehari-hari, kamu bisa membenamkan diri di dalam ruangan yang menggunakan palet warna biru dari Jotun. Di sana kamu akan menemukan kedamaian dan ketenangan dalam keheningan. 

Nuansa Pastel yang Kalem Bagaikan Mimpi

jotun.com

Palet warna terakhir yang diluncurkan oleh Jotun adalah warna pastel yang sangat manis. Rangkaian warna ini dipercaya dapat memberikan ide dan membangkitkan semangat untuk mewujudkan mimpi-mimpimu. Mewarnai ruang kosong dengan rangkaian warna pastel pasti rasanya seperti melukis impian dan harapan.

Berkat nuansanya yang kalem, kamu bisa mengaplikasikan palet warna ini di dalam kamar untuk membuat tidurmu lebih nyenyak. Namun, tak hanya di kamar tidur saja, melainkan bisa juga untuk ruang keluarga, ruang tamu, kamar mandi, hingga dapur.

jotun.com

Nah, pasti dari tadi kamu bertanya-tanya, ‘kan ada warna apa saja di dalam palet warna pastel ini? Jika dilihat dari nuansanya, palet warna ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu yang bernuansa dingin dan hangat.

Di dalam koleksi warna pastel yang bernuansa dingin ada Cityscape dengan warnanya yang hijau kebiruan, Iconic yang berwarna mint, dan Crisp dengan rona hijau keemasan. Sementara itu, untuk nuansa hangat ada Silhouette yang berwarna abu-abu kecokelatan, Contemporary White yang berkesan modern, Mellow yang merupakan perpaduan antara cokelat muda dan cokelat tua, Vintage Brown dengan warna abu-abu cokelat tua, dan Velvet yang berwarna kuning cerah nan lembut.

jotun.com

Sama seperti sebelumnya, palet warna ini dirancang sedemikian rupa supaya bisa dikombinasikan satu sama lain dengan hasil yang menawan dan jauh dari kesan norak. Kalau kamu mau mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sesuaikanlah fungsi ruangan dengan warna-warna yang akan digunakan. Misalnya, untuk ruang keluarga, kamu bisa mengaplikasikan kombinasi warna Velvet dan Mellow. Dengan demikian, saat berkumpul bersama keluarga, seluruh anggota akan merasakan kehangatan dan menjadi semakin dekat satu sama lain.

Demikianlah 29 koleksi warna dari Jotun yang dikemas dalam empat palet dan akan menjadi tren di tahun 2021. Masing-masing palet warna akan menuturkan kisah yang berbeda pada hunianmu. Jangan ragu untuk memadukan berbagai warna dari masing-masing palet yang ada. Dengan demikian, kamu pun bisa menghasilkan kombinasi warna yang tak terhitung jumlahnya. Yuk, langsung saja pesan warna favoritmu melalui situs Get Your Paint dari Jotun!