6 Desain Atap Miring Paling Oke untuk Rumah Minimalis

Nggak hanya lagi trending karena bentuknya yang unik dan kekinian, tapi atap miring pada hunian minimalis ternyata menyimpan banyak kelebihan, lho! Di antaranya adalah soal insulasi termal, alias kendali suhu yang lebih adem dan hemat energi pada atap miring.

Selain itu, desain atap miring juga cenderung lebih stabil, tahan lama, dan lebih protektif terhadap bahaya lingkungan. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk memiliki rumah minimalis dengan atap miring, langsung saja intip enam inspirasi model atap miring dari Kania berikut ini, yuk!

Gaya Atap Miring Satu Sisi yang Keren

houzz.com

Disebut juga dengan istilah mono-pitched roof, desain atap miring ini mengacu pada permukaan landai di salah satu sisi saja. Pada inspirasi ini, bukan saja ada kombinasi antara atap miring satu sisi dengan atap horizontal di area belakangnya, tetapi ada juga aksen split atau pemisahan antar atap yang bikin tampilan eksterior rumah minimalis ini makin unik dan anti-mainstream

Style Atap Miring Bentuk Kupu-Kupu

pinterest.com

Mirip dengan sayap kupu-kupu yang elegan, desain atap miring ini tampil sangat menawan. Umumnya, model atap berbentuk kupu-kupu terdiri dari dua permukaan miring yang saling bertemu di bagian tengah sehingga akan tampak terbuka secara keseluruhan.

Gaya atap miring kupu-kupu ini sesungguhnya bukan inspirasi baru karena pernah populer di era tahun 50-60’an. Maka dari itu, boleh banget kamu jadikan inspirasi untuk kesan kekinian tersendiri.

Atap Miring dari Panel Kayu

pinterest.com

Desain atap miring akan terlihat makin kece dengan sentuhan khas dari material tertentu, misalnya saja bahan kayu. Pada inspirasi yang satu ini, arsitektur atap miringnya terkesan sangat modern dengan panel kayu yang tersusun rapi.

Apalagi, ada tambahan kerangka kayu di bagian terasnya yang bisa kamu manfaatkan untuk aneka tanaman gantung. Dengan demikian, dipandang dari sudut mana pun, rumah minimalis ini tetap terlihat stylish dan lebih eksentrik.

Tampilan Atap Miring Futuristik yang Luks

myfancyhouse.com

Rumah yang dikelilingi halaman luas serba hijau ini menggunakan atap miring bergaya futuristik nan mewah yang terlihat cukup kontras dengan tumbuhan di sekitarnya. Meski style-nya sangat unik dan modern, tapi atap miring ini tidak mengesampingkan kualitasnya yang kokoh.

Selain itu, atap miring ini juga sangat cocok disandingkan dengan dinding transparan berupa kaca tebal yang ultra modern. Penggunaan cat rumah minimalis tampak depan warna cerah juga akan membuat tampilan rumah dengan model atap miring ini lebih atraktif dan memukau.

Atap Miring dengan Sentuhan Tropis yang Indah 

jakartajive.com

Hunian minimalis akan semakin terasa bagaikan istana pribadi dengan gaya atap miring yang unik, seperti inspirasi di atas. Desain atap miring ini terdiri dari dua sisi yang membentuk segitiga.

Berkat material kayu alaminya, atap miring ini mampu menciptakan suasana rumah tropis yang sangat nyaman. Bahkan, ada nuansa liburan yang menyenangkan pada hunian ini, terutama di bagian outdoor-nya yang sangat mendukung. Keindahan eksterior hunian bak villa ini memiliki lekukan yang pas dan tidak kaku sehingga terasa lebih homey. Pokoknya, layak ditiru, deh!

Atap Miring Origami yang Anti-Mainstream

artfasad.com

Hunian pribadi ini mengusung gaya atap miring yang tampil beda dan sangat personal. Tanpa melihat keseluruhan bangunan secara detail, mungkin gaya atap miring ini tidak begitu mencolok. Namun, jika diperhatikan sebagai satu proyek yang lengkap, ada kesan anti-mainstream pada atap miring yang berbentuk seperti lipatan origami yang simetris. Kamu pun bisa memilih material seperti spandek untuk model atap ini.

artfasad.com

Nah, apabila dilihat dari jauh, rumah minimalis dengan atap miring bentuk origami ini juga tampak sangat memukau. Pada bagian terasnya terlihat sebuah atap berupa model kanopi yang transparan. Kreativitas ini menghadirkan desain kontinu yang fungsional dan pastinya membuat siapa pun yang melihatnya terkagum-kagum.

Itulah enam inspirasi desain atap miring rumah minimalis yang bisa kamu tiru. Setelah membaca ulasannya satu per satu, apakah kamu sudah menentukan model atap miring mana yang akan kamu gunakan? Selamat memilih!

Kalau kamu butuh lebih banyak inspirasi desain interior atau arsitektur yang unik, jangan ragu untuk cek artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Kamu juga bisa sekaligus membeli berbagai perabotan, seperti sofa, meja makan, dan alat kebersihan untuk hunianmu, lho. Tak ketinggalan, Dekoruma juga jual Green Leaf, yaitu merek peralatan dapur ternama yang banyak digunakan oleh ibu rumah tangga.

Buat kamu yang sedang mencari jasa desain rumah, tim desain interior Dekoruma juga siap membantu. Dijamin desainnya efisien, space-saving, dan pastinya sesuai keinginanmu. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kepoin laman Dekoruma!