Ragam Khasiat Daun Bidara

Khasiat daun bidara sudah terkenal sejak masa lampau. Di Indonesia, daun dari tanaman yang satu ini bahkan sudah sering digunakan sebagai salah satu bahan ramuan tradisional. Kamu pun mungkin pernah disarankan untuk mengonsumsi ramuan dari daun bidara ketika sedang sakit.

Ya, mengobati dan menurunkan berbagai keluhan sakit memang menjadi manfaat utama dari daun bidara. Namun, di samping itu daun bidara juga terkenal mampu membuat kulit penggunanya lebih sehat, lho! Nah, berikut ini Kania akan membahas beberapa manfaat daun bidara yang tidak hanya terbatas untuk kesehatan tubuh saja, melainkan juga kecantikan dan psikologis. Simak ulasannya sampai habis, ya!

Menyehatkan Pencernaan

flushinghospital.org

Daun bidara sangat ampuh dalam membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat. Dengan demikian, kalau kamu memiliki keluhan pencernaan, seperti sakit perut, sembelit, ataupun diare, cobalah untuk meminum air rebusan dari daun bidara yang kaya akan khasiat ini.

Jika rutin mengonsumsi daun bidara, maka pencernaanmu akan segera membaik. Akan tetapi, pastikan kamu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu, ya! Apalagi, kalau kamu sedang dalam masa mengonsumsi obat-obatan tertentu. Hal ini bertujuan untuk menghindari reaksi atau efek samping yang mungkin terjadi.

Mengatasi Kulit Kering

universaldermatology.com

Kulit kering bisa membuat kamu mengalami berbagai masalah kulit lain yang mengganggu dan menyakitkan, mulai dari kerutan sampai iritasi. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena daun bidara bisa menjadi solusi untuk masalah ini. Gunakan daun bidara sebagai masker untuk kulitmu dan lihatlah hasilnya, kulitmu akan tampak lebih lembap dan tentunya jadi terlihat lebih muda. Ajaib banget, ya manfaat daun bidara ini?

Memberi Ketenangan

listsurge.com

Setiap orang tentu mengharapkan rumahnya dapat menjadi tempat paling nyaman untuk menghilangkan stres akibat aktivitas atau rutinitas yang padat. Nah, daun bidara bisa membantu kamu untuk mendapatkan ketenangan di rumah, lho! Pasalnya, daun bidara mengandung zat aktif dan mineral yang membuat sarafmu lebih rileks serta peredaran darah lebih lancar. Dengan demikian, mengonsumsi racikan dari daun bidara bisa membuat stresmu berkurang dan kamu lebih merasa tenang di rumah.

Membantu Tidur Lebih Nyenyak

xcode.life

Manfaat daun bidara yang satu ini masih berhubungan dengan kemampuannya dalam memberi efek tenang bagi tubuh. Dengan kondisi tubuh yang rileks dan nyaman ditambah kasur yang empuk, kamu akan lebih mudah untuk beristirahat sehingga tidurmu pun akan lebih nyenyak dan berkualitas. Kalau waktu tidurmu berkualitas, badan pasti akan menjadi lebih segar ketika bangun di keesokan harinya, bukan?

Menghitamkan Rambut

nanogen.com

Suka kesal dengan warna rambut yang memudar karena sering terpapar sinar matahari? Coba deh buat masker rambut dari daun bidara! Daun bidara mengandung zat kimia yang bisa mempertahankan warna hitam alami pada rambutmu. Dengan demikian, rambut pun akan terlihat lebih sehat dan berkilau.

Memperkuat Tulang

indianexpress.com

Apakah kamu pernah terbayang mengalami pengeroposan tulang di usia yang masih muda? Jangan sampai hal itu terjadi, ya! Untuk mencegahnya, tentu kamu harus menjaga kesehatan tulang sejak dini, baik itu melalui konsumsi makanan atau dari aktivitas sehari-hari. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi ramuan daun bidara. Daun dari tanaman ajaib ini mengandung kalsium, fosfor, dan zat besi yang sangat ampuh mempertahankan kesehatan tulang sekaligus memperkuatnya.

Mengatasi Jerawat

dermatologyillinois.com

Punya masalah soal jerawat membandel dan sulit hilang yang membuat kamu jadi tidak percaya diri? Mungkin kamu sudah bersusah payah menggunakan berbagai produk perawatan wajah untuk menghilangkan jerawat tersebut, tapi mencoba dari bahan yang lebih alami tidak ada salahnya. 

Kamu bisa menggunakan masker dari daun bidara untuk mengatasi jerawat yang mengganggu penampilanmu. Hal ini karena daun bidara memiliki sifat anti-inflamasi dan kandungan vitamin C yang tinggi. Oleh karena itu, tak heran kalau sudah dari dulu daun bidara ini dipercaya untuk mengatasi jerawat dengan kandungannya yang hebat tersebut. Namun, tetap konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit atau ahlinya, ya!

Menghilangkan Bekas Luka

freepik.com

Tak bisa dipungkiri, bekas luka bisa membuat kamu minder karena kulit jadi terlihat tidak mulus lagi. Nah, untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa memanfaatkan daun bidara. Pasalnya, daun bidara memiliki kemampuan meregenerasi kulit sehingga jika kamu rajin mengaplikasikan daun bidara sebagai masker pada bekas luka, maka lama-kelamaan luka tersebut akan memudar dan menghilang.

Menurunkan Kolesterol

pinterest.com

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah bisa membuatmu terkena berbagai penyakit, seperti stroke ataupun jantung. Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, daun bidara bisa kamu jadikan pilihan. Minumlah satu gelas air rebusan daun bidara sebagai terapi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sangat banyak, bukan manfaat daun bidara, mulai dari kesehatan tubuh, kecantikan, hingga kenyamanan di dalam rumah? Dengan mengetahui semua manfaat daun bidara di atas, apakah kamu jadi tertarik menanam pohon bidara di pekarangan rumah? Tidak ada salahnya mencoba menanam pohon bidara sendiri karena selain membuat pekarangan rumah lebih rindang, khasiatnya pun bisa dengan mudah kamu rasakan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma jawabannya. Dekoruma jual furnitur untuk ruang tamu seperti sofa minimalis dan rak display. Untuk ruang tidur, Dekoruma jual tempat tidur, kasur, dan perlengkapan tidur lainnya.

Ada juga aneka perabotan dan aksesoris rumah yang super lengkap di Dekoruma. Mulai dari alat masak, alat makan, perlengkapan laundry, tempat penyimpanan, hingga perkakas listrik, semuanya tersedia. Tunggu apa lagi? Yuk, mulai wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!