Memahami Fungsi Ventilasi Silang pada Hunian

Apakah kamu termasuk tipe orang yang selalu ingin lebih hemat energi dengan meminimalisir penggunaan AC, lampu, dan sebagainya? Tak bisa dimungkiri, kondisi iklim di Indonesia yang tropis sering kali memicu pemakaian pendingin ruangan secara terus-menerus meskipun kamu sudah berusaha untuk menghemat energi listrik.

Namun, sekarang ada solusi ventilasi silang yang bisa dimanfaatkan untuk menyejukkan ruangan dalam rumah. Dengan demikian, kamu pun bisa memaksimalkan usahamu untuk lebih hemat energi. Lalu, apa itu ventilasi silang? Yuk, langsung saja cek penjelasan dari Kania seputar ventilasi silang di bawah ini!

Mengenal Sistem Ventilasi Silang untuk Rumah

mydecorative.com

Ventilasi silang atau cross ventilation adalah metode sirkulasi udara pada suatu hunian yang memanfaatkan dua jalur bukaan dengan posisi saling berhadapan di dalam satu ruangan. Jalur bukaan yang dimaksud bisa berupa jendela, pintu, atau lubang angin yang umumnya terletak di bagian atas dinding atau atap.

Sistem ventilasi silang bekerja dengan memanfaatkan perbedaan antara area tekanan tinggi dan rendah yang tercipta dari aliran udara. Perbedaan tekanan pada kedua sisi bangunan ini akan menciptakan sebuah perputaran udara keluar masuk, yaitu udara segar masuk dari satu sisi dan mendorong udara yang pengap keluar dari sisi lainnya.

Bukan Ventilasi Biasa, Ini Fungsi Ventilasi Silang

archdaily.com

Jika dibandingkan dengan ventilasi biasa, ada banyak keunggulan ventilasi silang yang membuatnya menjadi fitur favorit di dalam rumah masa kini. Apa saja itu? Langsung saja simak beberapa fungsi ventilasi silang berikut ini!

Meningkatkan Kualitas Udara dan Suhu di Dalam Rumah

inhabitat.com

Sistem ventilasi memang diciptakan untuk sirkulasi udara di dalam rumah, tapi dengan desain ventilasi silang, kualitas udara indoor bisa lebih ditingkatkan lagi. Dengan perputaran yang lebih optimal, maka udara akan terasa lebih bersih, segar, dan tidak sumpek.

Nah, begitu juga dengan suhu ruangan. Jika udara terperangkap di dalam suatu ruangan, maka suhu akan naik dan membuat gerah. Fungsi ventilasi silang di sini akan sangat membantu dalam menjaga kestabilan suhu karena udara yang masuk tidak bertahan lama, melainkan terus didorong keluar. Otomatis, ruangan juga jadi anti-gerah.

Mengurangi Akumulasi Lembap dan Bau

pinterest.com

Sama halnya dengan suhu, semakin lama udara terperangkap di dalam ruangan, maka kadar kelembapan di dalam ruangan akan naik dan muncul bau apek yang membuat kamu jadi tidak betah. Namun, kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan ventilasi silang. Kehadiran ventilasi silang ini dapat mencegah terjadinya kelembapan dan bau serta hawa yang tidak sedap di dalam rumah.

Lebih Hemat Energi

realestate.com.au

Salah satu fungsi terpenting dari ventilasi silang adalah hemat energi listrik. Dengan kondisi yang lebih sejuk dan segar, maka pemakaian AC di dalam rumah bisa lebih ditekan, terutama untuk musim hujan yang cenderung lebih adem. Inilah saatnya memaksimalkan ventilasi silang untuk mengurangi biaya listrik. 

Akses Cahaya Makin Maksimal

homeanddecor.com.sg

Tak lupa nih, posisi ventilasi silang dari dua arah berarti memberikan akses masuk untuk cahaya alami lebih maksimal sehingga hunian semakin terang. Fungsi ventilasi silang ini memberikan kamu satu alasan lagi untuk lebih hemat energi karena tidak perlu menyalakan lampu saat pagi hingga sore hari. 

Menghadirkan Ventilasi Silang Paling Ideal

pinterest.com

Berikut ini merupakan ciri- ciri rumah yang cocok untuk menggunakan ventilasi silang:

  • Ukuran rumah relatif sempit
  • Posisi rumah terpapar sinar matahari
  • Posisi rumah menyilang terhadap arah angin
  • Posisi rumah terbuka atau tidak terlalu masuk ke dalam gang kecil
  • Rumah di lingkungan yang rendah polusi udara dan suara

Nah, jika kamu hendak menerapkan sistem ventilasi silang, perhatikan juga standar dan ketentuan dari penggunaan ventilasi silang tersebut. Pakailah ventilasi silang yang terbaik sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), yaitu luas bukaan sekitar 20% dari luas lantai ruangan. Khusus untuk lubang ventilasi rumah tinggal, seperti jendela, minimal adalah 5% dari luas bangunan. Sementara itu, untuk bangunan kantor, pabrik, dan fungsi publik, minimal 10% dari luas ruangan.

completehome.com.au

Ventilasi silang juga sebaiknya dibuat saling bersilangan, seperti atas-bawah atau kiri-kanan. Selain itu, prioritaskanlah lubang keluar, misalnya kamu menerapkan ventilasi silang atas-bawah, maka lubang keluarnya lebih baik dibuat di atas karena hawa panas biasanya lebih ringan. Untuk memaksimalkan kinetik angin, hindari penggunaan blok atau partisi besar di tengah-tengah rumah.

Kamu juga harus tahu bahwa ventilasi silang di dalam rumah juga bisa dimaksimalkan dengan kipas angin dinding untuk semakin mempercepat perputaran udara atau menghisap udara keluar tanpa harus menguras energi listrik terlalu banyak.

Gimana, sudah siap menghadirkan ventilasi silang di hunianmu? Selamat menerapkan sistem ventilasi silang dan jangan lupa bagikan juga artikel bermanfaat ini kepada keluarga dan teman-teman kesayangan, ya!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Ada berbagai jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual sofa minimalis, lemari dapur, tempat tidur, sofa bed, hingga rak TV.

Selain furnitur, tersedia juga ragam peralatan makan dan minum. Dekoruma jual cangkir, piring, dan gelas dengan model estetik. Tunggu apa lagi? Yuk, cek selengkapnya di Dekoruma!