Yuk, Ketahui 9 Jenis Pohon Cemara!

Rimbun, sejuk, dan indah. Itulah tiga hal yang identik dengan pohon cemara. Pohon cemara merupakan salah satu tanaman favorit yang eksis di berbagai belahan dunia. Bahkan, pesona pohon cemara sering menjadi daya tarik wisata lokal di Indonesia. Misalnya saja, daerah sejuk di Lembang, Bandung sampai pesisir pantai di Yogyakarta.

Nah, keindahan pohon cemara ini juga bisa kamu hadirkan di rumah, lho! Namun, kamu harus tahu dulu jenis-jenis pohon cemara supaya dapat menentukan jenis mana yang cocok untuk ditanam di lingkungan rumahmu. Yuk, simak selengkapnya bersama Kania di bawah ini!

Pohon Cemara Angin

indianyellowpages.com

Berdaun tipis dan lembut, tidak heran kalau pohon cemara ini bernama Angin. Jenis pohon cemara ini punya daya adaptasi tinggi dan bisa hidup di berbagai jenis dataran, termasuk di daerah tropis seperti Indonesia. Sadar ataupun tidak, kamu pasti sering melihat jenis pohon cemara angin di ruang publik sebagai penghias.

Pohon Cemara Blue Sinensis

ask.extension.org

Pohon cemara yang unik dengan daun kilat perak, jenis ini sering disebut juga cemara perak biru. Jenis pohon cemara yang cantik ini sudah dibudidayakan dalam bentuk kerdil atau bonsai. Konon, bibit ini pertama berasal dari lokasi asli Himalaya dan pegunungan Asia Tengah. Berkat keunikannya, orang-orang dari daratan Eropa sudah lama menggandrunginya dan trennya pun mulai menjalar ke Indonesia. 

Pohon Cemara Lilin

google.com

Pohon cemara lilin punya bentuk meruncing ke atas di bagian pucuk dengan warna daun hijau tua yang bertingkat. Dengan penampilan menyejukkan, biasanya cemara lilin ditanam dalam bentuk barisan pagar yang asri. Pohon cemara ini tergolong minim perawatan dan bisa dijadikan hobi jangka panjang yang relaxing

Pohon Cemara Kinoki

thetreecenter.com

Jenis pohon cemara yang satu ini punya bentuk daun kecil yang unik dan cantik. Ukurannya juga termasuk berbeda dari yang lainnya karena lebih kecil, bahkan ada yang merupakan pohon cemara bonsai. Nah, karena sifatnya yang tumbuh menyamping, pohon cemara kinoki memang jarang bisa tumbuh menjulang tinggi. Buat kamu yang memiliki taman berukuran mini, cocok banget memilih jenis pohon cemara ini. 

Pohon Cemara Udang

google.com

Pohon cemara udang adalah salah satu jenis cemara asli dari bibitan lokal. Ciri khas pohon cemara ini memiliki daun yang lancip seperti jarum, berbatang besar, dan kulit pohonnya kasar berwarna hitam. Nah, karena bentuk pohon cemara ini membengkok atau bungkuk, maka disebut sebagai pohon cemara udang yang sering ditemukan di pesisir pantai.

Pohon Cemara Norfolk

pinterest.com

Berasal dari pulau Norfolk, yakni pulau kecil di Samudra Pasifik, pohon cemara Norfolk punya ciri khas daun cabang seperti jarum tumpul dan berbentuk simetris. Semakin besar pertumbuhannya, biasanya daun pohon cemara ini akan mulai lebih rimbun dan acak. 

Pohon Cemara Laut

mangrovemagz.com

Sesuai namanya, jenis pohon cemara ini sering ditemukan di pesisir laut. Ciri khas dari pohon cemara laut ditandai dengan cabang halus berwarna coklat keabuan dengan batang kasar dan retak seiring pertumbuhannya. Pokok pohon cemara ini juga lebih langsing dan akibat kondisi geografisnya, sering tumbuh bengkok akibat diterpa angin laut. Daunnya juga mudah rontok dan merunduk, seperti jarum jatuh ke bawah.

Pohon Cemara Wangi atau Rentes

google.com

Sesuai namanya, pohon cemara wangi punya aroma khas yang segar saat tertiup semilir angin. Pohon cemara ini punya bentuk meruncing ke atas dan sering dijadikan alternatif pohon natal karena bentuknya yang cantik. Dapat bertumbuh subur di dataran tinggi maupun rendah, pohon cemara ini bisa dimulai dari bibit yang ditanam di dalam pot tanaman. Ketinggian maksimal pohon cemara ini bisa mencapai hingga 10 meter, lho!

Cemara Chinese Golden

pinterest.com

Satu lagi jenis pohon cemara yang populer belakangan ini, yaitu pohon cemara chinese golden yang sering disebut juga cemara emas cantik. Pohon ini ditandai dengan warna daun yang agak kuning menyala sehingga tampilannya sangat mencerahkan suasana di sekitarnya.

Itulah 9 jenis pohon cemara yang perlu kamu ketahui sebelum menanamnya. Sudah menemukan jenis pohon cemara yang cocok dengan daerah rumahmu? Yuk, langsung saja tanam dan lengkapi taman rumahmu dengan dekorasi unik dari Dekoruma supaya makin cantik!

Nah, selain dekorasi, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur multifungsi dan space-saving, seperti rak buku, sofa minimalis, meja kerja, dan bean bag. Untuk bean bag, tersedia dalam banyak model, warna, dan merek seperti dari Be My Bean dan Bottom Dock. Yuk, wujudkan rumah impian kamu bersama Dekoruma!