Ragam Kelebihan Tirai Magnet

Saat mendengar kata tirai, mungkin kamu akan membayangkan kain cantik yang digunakan untuk menutupi jendela. Hal tersebut tentu saja benar. Akan tetapi, tirai tersebut hanya menggunakan kain biasa. Kalau tirai magnet, apakah kamu pernah mendengar dan melihatnya?

Pada dasarnya, tirai magnet ini dibuat menggunakan kain juga, tapi digunakan untuk menutup pintu, khususnya di kamar tidur. Bagian atas tirai magnet ditempel pada kusen pintu, bukan menggunakan tiang atau rel. Kainnya sendiri terdiri dari dua helai yang dipasang bersebelahan. Sementara itu, poin penting dari tirai ini adalah magnet yang disematkan pada bagian tengah.

Lalu, apa saja fungsi dan keuntungan memasang tirai magnet pada pintu kamar? Yuk, simak pembahasannya bersama Kania di bawah ini!

Tirai Magnet Otomatis Tertutup

amazon.com

Fungsi utama magnet pada jenis tirai magnet adalah untuk merapatkan kedua helai kain. Usai kamu membuka tirai dan melewatinya, magnet di kedua helai tirai akan langsung saling menempel lagi. Jadi, kamu tidak perlu repot menarik atau menyatukan tirai untuk menutupnya kembali. Tampilan tirai magnet pun terlihat lebih rapi tanpa effort dan biaya besar.

Sirkulasi Udara Lancar, Privasi Terjaga

archiproducts.com

Tirai kerap dimanfaatkan untuk menjaga privasi pemilik hunian, begitu juga dengan tirai magnet. Bagi kamar yang tidak memiliki jendela atau saluran udara yang baik, Kania sarankan untuk memakai tirai magnet. Untuk kainnya, silakan pilih yang memiliki lubang-lubang halus atau tipe sheer supaya udara lebih bebas keluar masuk. Kamu bisa membuka pintu supaya sirkulasi udara di kamar lancar dan privasi pun tetap terjaga. 

Tirai Magnet untuk Menghalau Nyamuk

pixabay.com

Kehadiran nyamuk di dalam kamar sangatlah menyebalkan. Suaranya yang dekat di telinga dan gigitannya yang gatal akan membangunkan kita dari tidur. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena hal ini dapat dihindari kalau kamu menggunakan tirai magnet. Penggunaannya dinilai lebih efisien dibandingkan kawat dan raket nyamuk, lho!

Dibandingkan dengan tirai biasa atau kelambu, sela-sela tirai magnet lebih rapat. Dengan demikian, ini merupakan salah satu cara mengusir nyamuk yang efektif karena ia pasti tidak bisa masuk ke dalam kamar tidur, bahkan dari sela-selanya sekalipun. Keuntungan tirai magnet yang satu ini membuatnya digemari oleh keluarga yang memiliki bayi dan anak-anak.

Tirai Magnet Dapat Mencegah Debu Masuk

pixabay.com

Selain menghalau nyamuk dan serangga lainnya, tirai magnet juga ampuh untuk mencegah debu masuk ke dalam ruangan. Jika rumahmu berada di dekat jalan raya atau ada keluarga yang alergi debu, jangan ragu untuk menggunakan tirai magnet. Hal ini karena debu yang terbawa angin hanya akan menempel pada permukaan tirai magnet. Nah, supaya tidak ada penumpukan, bersihkan debu pada tirai dengan mencucinya setiap seminggu sekali.

Menambah Nilai Estetika

amazon.com

Keuntungan yang terakhir dari tirai magnet adalah menambah nilai estetika. Motif dan warna tirai magnet sangat beragam, layaknya tirai biasa. Apabila ingin kamar dengan nuansa artistik, silakan gunakan tirai magnet bermotif abstrak atau lukisan.

Sementara itu, untuk kamar anak-anak bisa dilengkapi dengan tirai magnet bergambar karakter favoritnya. Kalau mau menggunakan tirai putih polos agar serasi dengan konsep interior minimalis, juga bisa!

Siapa sih yang tidak tertarik menggunakan tirai magnet setelah mengetahui lima keuntungan tadi? Bagi kamu yang ingin segera membeli tirai tersebut, Kania juga punya beberapa tips singkat. Pertama, pastikan ukuran tirai pas dengan pintu kamar. Tanyakan detail ukuran kepada penjual supaya keuntungan tadi benar-benar kamu dapatkan. Kedua, perhatikan juga jenis kain tirainya. Apakah kamu mau kain polyester yang anti jamur dan ekonomis atau kain sheer yang sejuk dan mudah ditembus cahaya.

Kalau kamu mau membuat tirai magnet sendiri juga bisa, kok! Cukup siapkan kain, magnet, alat jahit, dan paku untuk menempelkannya ke kusen pintu. Sudah siap untuk merasakan keuntungan tirai magnet? Jangan lupa baca juga artikel bermanfaat lainnya dari Dekoruma, ya!

Kamu juga bisa sekaligus membeli furnitur dan dekorasi secara online untuk hunianmu, lho. Dekoruma jual meja belajar, kursi makan, sofa, tirai, dan karpet. Pilihan mereknya pun sangat beragam. Untuk furnitur, Dekoruma jual Pro Design dan Heim Studio, merek furnitur lokal yang terkenal akan kualitas dan modelnya. Untuk dekorasi, Dekoruma jual Linori dan VIVERE.

Tak hanya itu, Dekoruma juga jual kotak makanan & toples, peralatan dapur, alat kebersihan, organizer, lampu, perlengkapan laundry, dan beragam aksesoris rumah lainnya. Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma!