Ragam Model Rumah Joglo yang Belum Kamu Tahu

Rumah Joglo merupakan rumah adat khas dari tanah Jawa. Selain memiliki pesona dan keunikan tersendiri, Rumah Joglo juga memiliki nilai filosofis dengan tampilan struktur bangunan yang estetik tapi fungsinya tetap relevan dengan masyarakat modern seperti sekarang.

Faktanya, Rumah Joglo terdiri dari beberapa jenis yang masing-masingnya memiliki keunikan tersendiri. Sebagai inspirasi, kali ini Kania akan mengajak kamu untuk mengenal jenis-jenis Rumah Joglo beserta karakteristiknya. Nah, untuk mengetahui selengkapnya, simak artikel Kania di bawah ini, yuk! 

Rumah Joglo Sinom

google.com

Jenis pertama adalah Rumah Joglo Sinom. Rumah adat Indonesia ini memiliki konsep yang merupakan pengembangan dari Rumah Joglo dengan teras keliling. Ciri khasnya, Rumah Joglo Sinom dilengkapi dengan 36 tiang atau saka, di mana empat di antaranya merupakan tiang besar utama atau disebut juga dengan saka guru. Beralih ke bagian atap, Rumah Joglo Sinom memiliki sisi yang dibagi menjadi empat bagian dengan setiap sisi yang memiliki tiga tingkatan dengan satu bubungan.

Rumah Joglo Pangrawit

pinterest.com

Selanjutnya, ada model Rumah Joglo Pangrawit yang memiliki ciri khas berupa lambang gantung dengan atap berbentuk kubah. Pada setiap sudut Rumah Joglo Pangrawit, kamu juga bisa melihat adanya tiang atau saka. Saat ini, desain arsitektur Rumah Joglo Pangrawit juga banyak digunakan pada rumah-rumah modern sehingga kamu mungkin tak asing saat melihatnya.

Rumah Joglo Jompongan

google.com

Ada pula Rumah Joglo Jompongan dengan karakter atap yang terdiri dari dua susunan berbentuk bubungan yang dibuat memanjang ke sisi kanan dan kiri. Selain itu, Rumah Joglo Jompongan juga memiliki keunikan berupa penggunaan pintu geser serta denah lantai yang berbentuk bujur sangkar. Memiliki desain keseluruhan yang tampak lebih simpel ketimbang Rumah Joglo lainnya, jenis rumah yang satu ini pun biasanya tidak memasang banyak hiasan ataupun ornamen di bagian atap.

Rumah Joglo Mangkurat

google.com

Sama seperti Rumah Joglo lainnya, jenis yang satu ini juga memiliki ciri khas tersendiri. Saat melihat bagian atap Rumah Joglo Mangkurat, kamu akan melihat susunan tiga tingkatan dengan kemiringan yang berbeda-beda. Sementara itu, pada bagian tengah atap dari Rumah Joglo ini biasanya dibuat lebih tinggi.

Rumah Joglo Hangeng

google.com

Jika dibandingkan dengan Rumah Joglo Pangrawit ataupun Mangkurat, model Rumah Joglo yang satu ini memiliki ukuran atap utama terbesar. Selain itu, Rumah Joglo Hangeng juga dilengkapi dengan tratak keliling sehingga menciptakan kesan megah layaknya sebuah istana.

Rumah Joglo Lawakan

pinterest.com

Selain itu, ada pula Rumah Joglo Lawakan yang memiliki ciri model atap dengan kesan sederhana dan terdiri dari dua tingkatan. Rumah Joglo Lawakan juga dilengkapi atap bagian bawah yang bentuknya lebar dan landai, tapi bagian atasnya dibuat meruncing.

Rumah Joglo Panggang Pe

google.com

Terakhir adalah Rumah Joglo Panggang Pe yang memiliki riwayat untuk difungsikan sebagai warung serta tempat tinggal. Selain itu, Rumah Joglo yang satu ini juga memiliki karakter berupa empat hingga enam buah saka. Keunikan lainnya, Rumah Joglo ini juga terbagi lagi menjadi berbagai jenis, seperti Empyak Setangkep, Gedhang Setangkep, Gedhang Salirang, Trajaumas, Barengan, dan Cere Gancet.

Masing-masing Rumah Joglo di atas memiliki ciri khas tersendiri yang umumnya dapat dilihat dari bentuk atap ataupun ornamen yang digunakan. Di era modern seperti sekarang, apakah kamu tertarik untuk menciptakan hunian eksotis dan penuh histori seperti Rumah Joglo? Kamu bisa, lho mengusung konsep Rumah Joglo modern!

Jangan lupa temukan juga inspirasi menarik lainnya seputar home & living hanya di Dekoruma! Selain artikel, kamu juga bisa sekaligus membeli berbagai furnitur dan perabotan rumah secara online. Dekoruma jual kasur yang tersedia dalam beragam brand. Beberapa di antaranya seperti kasur Serta, Sleep Care, dan King Koil.

Tak hanya itu saja, melalui Dekoruma Properti, kamu juga bisa menemukan hunian yang sesuai budget dan kebutuhan dari berbagai daerah di Jabodetabek, lho. Ada rumah dijual di Depok, apartemen dijual di Tangerang, hingga rumah baru di Jakarta Selatan. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan hunian impianmu bersama Dekoruma!