Ragam Manfaat Lemon untuk Rumah Tangga dan Kesehatan

Kehadiran buah lemon sudah tidak asing untuk masyarakat Indonesia. Rasanya asam, jika diolah menjadi minuman, bisa membuat orang merasa lebih segar. Aromanya yang wangi juga dapat menambah citarasa masakan dan kue. Membayangkannya saja sudah terasa nikmat, ya!

Akan tetapi, tahukah kamu kalau lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan urusan rumah tangga? Hal ini dikarenakan lemon kaya akan vitamin C, zat antioksidan, dan kandungan berkhasiat lainnya. Nah, di bawah ini, Kania akan membahas ragam manfaat lemon yang bisa kamu rasakan di rumah. Simak ulasannya sampai habis, ya!

Membuat Perut Kenyang Lebih Lama

pixabay.com

Air lemon populer di kalangan orang-orang yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, air lemon dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama dan meningkatkan metabolisme tubuh. Manfaat lemon yang satu ini pun sudah terbukti melalui sejumlah penelitian.

Bagi kamu yang mau membuktikan sendiri manfaat lemon ini, silakan membuatnya di rumah. Pertama-tama, iris buah lemon bersama kulitnya, lalu masukkan ke dalam botol dan tuangkan air hangat. Biarkan semalaman supaya zat-zat yang terkandung pada lemon menyatu dengan air.

Minumlah satu gelas air lemon di pagi hari dalam keadaan perut kosong. Dengan demikian, perut akan kenyang lebih lama dan berat badan pun akan turun. Akan tetapi, pastikan kamu tidak memiliki riwayat penyakit asam lambung, ya! Sebagai tips tambahan, maksimalkan juga program diet kamu dengan melakukan berbagai gerakan untuk mengecilkan perut.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

pixabay.com

Lemon memiliki kadar vitamin C dan bioflavonoid yang tinggi. Dengan demikian, lemon dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat lemon ini bisa kamu dapatkan dengan cara mengolahnya jadi air lemon atau mencampurkan perasan lemon dengan madu. Minum olahan lemon tersebut setiap hari supaya tubuh lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Kurangi Kerutan pada Kulit

pixabay.com

Kerutan pada kulit memang tidak bisa dihindari, apalagi jika usia telah bertambah. Namun, kamu bisa mencegah dan mengurangi kerutan tersebut dengan meminum air lemon hangat, lho! Kandungan vitamin C pada lemon dapat menjaga kelembapan kulit sehingga kerutan tidak mudah muncul. Konsumsilah air lemon secara rutin supaya manfaat lemon yang satu ini dapat benar-benar terasa!

Hilangkan Noda pada Pakaian

people.com

Pakaian kesayangan terkena noda? Rasanya pasti sangat menyebalkan, ya. Meski sudah dicuci dengan deterjen berkali-kali, nodanya tidak mau hilang. Namun, kamu tidak perlu sedih lagi karena ada lemon yang siap membantu!

Untuk mendapatkan manfaat lemon ini, siapkanlah potongan lemon. Setelah itu, usap lemon ke bagian noda hingga airnya meresap. Diamkan beberapa saat, kemudian taburkan garam. Selanjutnya, kucek atau gosok bagian tersebut dan bilas hingga bersih. Jika bekas noda masih belum bersih maksimal, ulangi langkah-langkah tadi. Nah, kalau sudah, silakan cuci pakaian menggunakan deterjen seperti biasa.

Menghilangkan Bau Tidak Sedap

newatlas.com

Manfaat lemon untuk urusan rumah tangga yang berikutnya adalah menghilangkan bau tidak sedap. Hal ini buah lemon memiliki aroma yang menyegarkan dan sangat kuat. Untuk merasakan manfaat lemon ini, siapkanlah irisan kulit lemon, kemudian letakkan di dalam wadah terbuka dan simpan di sudut lemari atau kulkas yang kerap menimbulkan bau tak sedap.

Manfaat lemon ini juga bisa diterapkan untuk ruangan, lho! Caranya dengan merebus irisan lemon di dalam panci. Tunggu hingga mendidih dan aroma lemon akan menyebar ke seluruh ruangan sehingga bau di dalam rumah akan menghilang secara perlahan.

Mengembalikan Kilau Stainless Steel

pixabay.com

Material stainless steel yang kerap digunakan pada alat masak atau peralatan kamar mandi memang anti karat, tapi permukaannya tetap berpeluang menjadi kusam akibat paparan air dan minyak. Daripada membeli cairan pembersih khusus, mengapa tidak memanfaatkan sisa lemon yang ada di rumah?

Manfaat lemon sebagai pembersih kerak pada material stainless steel tidak perlu diragukan lagi. Caranya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan perasan lemon dengan baking soda dan air dengan takaran 1:1:1. Oleskan campuran tadi ke bagian stainless steel yang berkerak. Diamkan selama satu menit, lalu bilas menggunakan air hingga bersih. Stainless steel pun kembali berkilau seperti baru.

Tak hanya menghilangkan kusam pada stainless steel, lemon juga berkhasiat sebagai cara menghilangkan karat pada besi. Cukup campurkan air lemon, garam, dan soda kue, lalu gosokkan di permukaan yang berkarat. Voila! Karat pun mulai berkurang.

Singkirkan Bakteri pada Talenan Kayu

pixabay.com

Bayangkan, ada berapa banyak bakteri yang tertinggal di sela-sela talenan kayumu? Saat memotong bahan makanan, bukan tidak mungkin bakteri itu ikut terbawa lalu masuk ke tubuh kita. Nah, manfaat lemon terakhir ini sangat ampuh untuk menangani permasalahan di atas, yaitu menyingkirkan bakteri pada talenan kayu.

Cara untuk mendapatkan manfaat lemon ini adalah dengan mengoleskan air perasan lemon pada permukaan talenan. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air panas. Jangan lupa keringkan secara maksimal dengan bantuan sinar matahari. Dengan demikian, tidak akan ada lagi bakteri di talenan kayu milikmu.

Demikian 7 manfaat lemon yang bisa kamu rasakan, mulai dari kesehatan hingga urusan rumah tangga. Apakah kamu pernah mencoba dan merasakan salah satu manfaat lemon tadi? Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Jangan lupa cek juga artikel menarik lainnya melalui Dekoruma! Kamu juga bisa sekaligus membeli furnitur dan perabotan untuk hunianmu, lho. Dekoruma jual meja makan, rak tv, alat masak, sofa minimalis, dan aneka dekorasi.

Tak hanya itu, Dekoruma juga jual hiasan dinding, seperti jam dinding, cermin, dan poster kanvas. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!