DIY Lampion Imlek yang Mudah dan Anti Gagal

Tak terasa, sebentar lagi Tahun Baru Imlek akan segera tiba. Biasanya, masyarakat keturunan Tionghoa akan mendekorasi hunian mereka dengan ornamen khas Imlek untuk menyempurnakan hari raya yang penuh sukacita. Salah satu yang tidak boleh terlewatkan adalah lampion. Warna merah yang khas dari lampion melambangkan harapan untuk rezeki, keberuntungan, dan kebahagiaan.

Pada umumnya, lampion dibuat menggunakan kertas dengan bentuk bulat. Namun, kamu juga bisa membuatnya dengan bahan lain. Nah, mumpung kamu punya banyak waktu luang selama di rumah aja, intip lima cara membuat lampion untuk hiasan Imlek berikut ini, yuk!

Manfaatkan Bungkus Angpao Tahun Kemarin

youtube.com

Siapa yang masih menyimpan bungkus angpao tahun kemarin? Berhubung sudah berganti tahun dan tidak bisa dipakai lagi, lebih baik sulap saja menjadi lampion!

Cara membuat lampion ini sangat mudah. Pertama, siapkan beberapa bungkus angpao yang memiliki ukuran sama. Kemudian, rekatkan tiga bungkus angpao dengan selotip atau lem menjadi bentuk segitiga. Buatlah enam segitiga kecil, lalu rekatkan semuanya menjadi segi enam, seperti gambar di atas.

Kalau sudah, tambahkan tali pada bagian tengah lampion dan gantungkan di pohon hias atau dekat tirai dan pintu rumah. Jika kamu menginginkan lampion yang lebih besar, cukup ulangi langkah-langkah di atas dan perbanyak jumlah segitiganya. 

Potong dan Tekuk Kertas Karton

blissfuldomestication.com

Bentuk lampion identik dengan bulat atau lonjong. Jika ingin membuat lampion dari kertas karton, pastikan untuk menerapkan cara ini. Siapkanlah kertas karton warna merah dan gunakan cutter untuk memotong kertas, tapi jangan sampai kertasnya terputus. Sisakan bagian tepi sekitar 3 cm, sedangkan jarak antar potongan bisa disesuaikan dengan selera.

Setelah selesai memotong, tekuk bagian tengah kertas supaya bagian yang terpotong dapat membentuk efek bulat atau lonjong. Kemudian rekatkan kertas karton tadi ke potongan pipa atau karton bekas gulungan tisu yang sudah dilapisi kertas kuning. Di bagian tengah lampion, kamu bisa menambahkan lampu kecil supaya ada efek cahaya. Jangan lupa tambahkan tali untuk menggantungnya atau letakkan saja di meja!

Merajut Lampion Amigurumi

ollieholly.com

Untuk kamu yang hobi merajut, bongkarlah kotak penyimpanan kamu, lalu ambil benang wol kuning dan merah. Rajutlah amigurumi berbentuk bulat dan isi bagian dalamnya menggunakan dakron. Tambahkan rajutan benang warna kuning di bagian supaya bentuk lampion dapat terlihat jelas.

Ada satu lagi yang tidak boleh ketinggalan, nih yaitu mengikatkan tasel warna emas yang menjuntai di bagian bawah lampion. Ukuran lampion amigurumi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Lucu banget, ‘kan?

Mewarnai Mason Jar sebagai Lampion

pearmama.com

Pada malam hari, lampion tampil memukau dengan pendar cahaya yang berasal dari lilin atau lampu di bagian dalamnya. Konsep ini bisa diadopsi untuk membuat lampion menggunakan toples atau mason jar.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Pertama-tama, siapkan mason jar bekas, kertas krep warna merah, spidol, dan lilin. Rekatkan kertas krep di permukaan mason jar dan beri hiasan warna emas menggunakan spidol. Selanjutnya, letakkan lilin di bagian dalam toples dan pajang lampion mungil ini di atas meja makan.

Selain menggunakan kertas krep, kamu juga bisa mengecat permukaan mason jar menggunakan cat warna merah. Lalu, gambar lambang shio atau motif khas Imlek menggunakan warna emas.

Gunting dan Lipat Kertas Origami

pinterest.com

Kalau kamu ingin tampil beda di perayaan Imlek ini, kamu bisa membuat lampion warna-warni. Cara membuat lampion yang terakhir ini juga tidak sulit. Siapkan kertas origami dengan beragam warna dan gunting menjadi sebuah lingkaran. Kemudian, lipat kertas jadi dua bagian. Rekatkan bagian belakang kertas yang satu ke kertas lainnya dan susun hingga rangkaian kertas membentuk sebuah lampion.

Untuk menyempurnakan karya ini, tambahkan tepian di atas dan bawah lampion. Tepian ini dibuat dari kertas persegi panjang yang kedua ujungnya saling direkatkan sehingga membentuk lingkaran. Semakin banyak jumlah kertas, maka semakin besar juga lampionnya.

Kelima cara membuat lampion tadi bisa dilakukan oleh seluruh anggota keluarga, termasuk si Kecil. Selain jadi ada kegiatan perayaan Imlek bersama keluarga di rumah, lumayan juga, ‘kan kamu bisa hemat uang? Selamat menyambut Tahun Baru Imlek, Sobat Kania!

Oh iya, kalau kamu mau mengganti furnitur atau perabotan rumahmu dengan yang baru sebelum Imlek, kamu bisa membelinya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual sofa bed, meja makan, lampu gantung, dan

coffee table 
untuk memaksimalkan perayaan Imlek bersama keluarga.

Tak hanya itu, Dekoruma juga jual alat rumah tangga, seperti alat elektronik dan wadah penyimpanan. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!