Aneka Ikan Hias yang Paling Banyak Diminati

Memelihara ikan hias di rumah bukan hanya membuat hunian semakin cantik, tapi keberadaan ikan hias di dalam akuarium ternyata juga bisa membuat orang yang melihatnya menjadi lebih rileks, lho! Itu sebabnya mengapa ikan hias banyak diminati orang-orang.

Bayangkan saja setelah melakukan berbagai kegiatan yang melelahkan, kamu bisa bersantai di sofa atau kursi taman sambil memandangi ikan-ikan hias yang cantik. Dengan demikian, secara perlahan stresmu pasti akan berkurang.

Nah, kalau kamu tertarik dan memang pecinta ikan, tidak ada salahnya menambah koleksi ikan hias di rumahmu. Apalagi, saat ini makin banyak jenis ikan hias yang populer dan diburu karena kecantikannya. Lalu, apa saja ikan hias yang populer tersebut? Intip bersama Kania di bawah ini, yuk!

Ikan Hias Koi

unsplash.com

Rumahmu akan terasa sangat adem apabila ada kolam kecil berisi ikan koi yang berwarna cerah. Ikan hias yang memiliki gradasi warna merah, putih, kuning, dan hitam ini sudah sangat populer dari dulu.

Dalam kepopulerannya, ikan hias koi pertama kali tenar di Jepang, kemudian merambat ke berbagai negara, tidak terkecuali Indonesia. Selain cantik menghias rumah, ikan hias yang satu ini juga dikenal sebagai ikan pembawa keberuntungan, lho!

Ikan Hias Mas Koki  

google.com

Ikan hias dengan warna merah atau oranye ini juga bisa membuat suasana rumahmu semakin hidup. Hanya saja, sebaiknya kamu tidak menggabungkan ikan mas koki dengan jenis ikan hias lainnya dalam satu akuarium. Hal ini karena ikan hias mas koki membutuhkan banyak oksigen untuk hidup sehingga harus hidup sendiri secara eksklusif. Jangan lupa tambahkan aneka hiasan akuarium supaya ikan hias mas koki tidak kesepian.

Ikan Hias Black Ghost

beke.co.nz

Banyak orang mencari ikan hias ini karena gerakannya yang sangat lincah. Sesuai namanya, black ghost merupakan ikan hias berwarna hitam yang lentur dan dapat bergerak cepat seperti hantu. Jika ditaruh di dalam akuarium, ikan hias black ghost kerap melakukan atraksi jungkir balik dan gerakan manuver lainnya sehingga akan membuatmu tidak pernah bosan memandanginya.

Ikan Hias Badut

authorityaquarium.com

Ikan hias yang satu ini semakin terkenal karena film Filnding Nemo. Meskipun termasuk ikan air laut, perawatan ikan badut yang berwarna oranye cerah dengan garis putih ini tidak sesulit yang kamu bayangkan. Kamu hanya perlu mengisi akuarium dengan air laut dan jangan lupa menambahkan beberapa terumbu karang kecil agar ikan hias ini merasa nyaman seperti di habitat aslinya.

Ikan Guppy

magafish.com

Bisa dibilang, guppy merupakan ikan hias yang paling mudah pemeliharaannya. Kamu bahkan bisa menaruh ikan hias ini di dalam akuarium tanpa tambahan oksigen. Selain mudah dipelihara, ikan guppy juga bisa membuat suasana rumah makin ceria. Ikan berukuran kecil dengan ekor berbentuk delta yang berwarna-warni ini sangat lincah dan akan membuatmu senang berlama-lama duduk di depan akuarium ikan.

Ikan Hias Botia

thesprucepets.com

Jangan mengaku sebagai pencinta ikan hias sejati apabila belum memiliki ikan botia di akuarium rumahmu! Selain warnanya yang cerah dan bentuknya yang unik, ikan botia juga bisa meramaikan akuarium rumahmu di malam hari. Ya, ikan ini termasuk nocturnal yang lebih aktif bergerak ketika malam tiba. Unik banget, ya?

Ikan Hias Louhan

google.com

Louhan yang termasuk jenis ikan hias air tawar ini memiliki ciri khas kepala yang sangat jenong. Menariknya, semakin jenong kepala louhan, maka semakin mahal pula harganya. Ikan berukuran besar ini sudah lama populer di kalangan pencinta ikan hias. Bukan hanya karena jidatnya yang jenong, tapi juga karena warna dan corak tubuhnya yang unik serta harganya yang fantastis. 

Ikan Hias Cupang

nicebettathailand.com

Saat ini, ikan cupang sudah sangat populer dijadikan sebagai ikan hias. Ini karena banyaknya mutasi yang membuat ikan cupang masa kini memiliki warna yang sangat beragam. Menempatkan ikan hias cupang di dalam aquascape pasti akan membuat hatimu gembira dan betah berlama-lama memandanginya. Namun jangan lupa, satu akuarium sebaiknya hanya untuk satu ikan cupang, ya agar mereka tidak bertarung dan saling menyakiti!

Selain membeli ikan hias yang cantik, kamu juga perlu memikirkan bentuk kolam ikan atau akuarium untuk menempatkan ikan-ikan hias tersebut. Jangan lupa sesuaikan wadah ikan dengan interior rumahmu agar suasana rumah terlihat lebih menyatu dan artistik. Selamat memelihara ikan hias yang populer!

Temukan aneka furnitur dan dekorasi menarik untuk hunianmu di Dekoruma! Ada berbagai macam perabotan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan ruang. Misalnya, untuk ruang tamu, Dekoruma jual rak tv, sofa, karpet, coffee table, dan rak display.

Tak hanya itu, Dekoruma juga menyediakan aneka kasur dari beragam merek, seperti kasur The Luxe, kasur Sleep Care, kasur Dunlopillo, dan kasur Comforta. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!