Efek Positif Warna Teal dan Pengaplikasiannya pada Desain Interior

Belakangan ini warna teal kembali populer di kalangan masyarakat, baik untuk urusan fashion hingga desain interior. Namun, tahukah kamu kalau warna ini terinspirasi dari warna bulu burung Eurasian teal pada bagian matanya?

Skema warna teal sendiri berada di antara warna biru dan hijau sehingga memiliki kesan yang unik juga elegan. Nah, di balik kesannya tersebut, warna teal ternyata memiliki sejumlah efek positif jika diaplikasikan pada desain interior, lho! Lalu, apa saja efek dari warna teal tersebut? Yuk, simak pembahasan dari Kania berikut ini. Psst.. ada bonus inspirasinya juga!

Menciptakan Keceriaan

dekoruma.com

Warna teal dengan rona muda dapat menciptakan keceriaan di dalam rumah. Efek ini membuat warna teal cocok untuk menghiasi ruang keluarga dan kamar tidur.

Tidak selalu untuk dinding, coba hadirkan warna ini melalui furnitur, seperti bean bag atau bantal sofa pada inspirasi di atas. Kalau kamu merasa warna teal terlalu kuat pada desain interior, kamu juga bisa memadukannya dengan warna putih untuk memberikan nuansa terang.

Menciptakan Efek Tenang

roomdsign.com

Berada di antara tone biru dan hijau membuat warna teal memiliki efek yang menenangkan. Saat melihat warna teal, kamu akan teringat dengan pantai dan langit biru sehingga pikiran pun jadi lebih rileks. Bagi kamu yang kerap sulit beristirahat karena memikirkan banyak hal, wajib mengaplikasikan warna ini di kamar tidur.

Warna teal pada desain kamar tidur minimalis ini cukup mendominasi. Mulai dari dinding, kursi, sprei, hingga selimut. Sementara itu, sebagai penyeimbang komposisi warna, kamu bisa menambahkan dekorasi berwarna hijau atau abu-abu. Meski begitu, tampilannya tetap estetik dan menenangkan, bukan?

Meningkatkan Konsentrasi

thedesignsheppard.com

Warna teal juga memiliki efek psikologis yang mampu meningkatkan konsentrasi. Jadi, warna ini amat disarankan untuk desain interior kantor ataupun ruang belajar. Inspirasi kali ini berupa work space yang menghadirkan warna teal pada sofa utama dan area bar.

Saat pikiran sudah lelah, kamu bisa istirahat sejenak sambil memandangi warna teal dari kejauhan atau bersantai di area tersebut. Dijamin pikiran jadi lebih tenang dan bisa berkonsentrasi melanjutkan pekerjaan!

Menonjolkan Elemen Suatu Ruangan

dekoruma.com

Warna teal tergolong sebagai warna yang kuat. Oleh karena itu, warna teal dapat digunakan untuk menonjolkan elemen suatu ruangan. Misalnya saja, pada inspirasi desain interior dapur yang bagian kitchen set-nya menggunakan warna teal.

Begitu memasuki area dapur, mata akan langsung tertuju pada kitchen set tersebut. Untuk menonjolkan dekorasi juga bisa, kok! Contohnya dengan memajang lukisan atau vas bunga berwarna teal di tengah desain interior berwarna putih.

Melengkapi Nuansa Mewah

contemporist.com

Warna teal memang unik. Selain mampu menghadirkan ketenangan, ternyata juga bisa untuk menciptakan nuansa mewah, seperti desain interior ruang santai yang diwarnai teal secara keseluruhan ini. Dekorasinya hanya berupa bunga dan furnitur yang kerangkanya berwarna emas. Sangat simpel tapi elegan, bukan?

homedit.com

Nah, kalau inspirasi yang satu ini, konsepnya Victorian yang terkenal mewah, tapi dengan sentuhan modern. Bagian dinding dan model plafon ruangan didominasi warna teal dengan aksen garis warna putih. Dekorasinya berupa sofa dan kaki meja berwarna emas. Di samping itu, ada juga kursi hijau dan lukisan biru yang melengkapi keindahan desain interior secara keseluruhan.

Mempertegas Tampilan Vintage

pinterest.com

Bagi kamu yang berencana membuat desain interior bergaya

vintage,
pastikan untuk menggunakan warna teal! Pasalnya, warna teal dapat mempertegas tampilan vintage, apalagi jika diaplikasikan pada material kayu seperti inspirasi ruangan di atas. Tinggal tambahkan saja furnitur dari kayu berwarna cokelat tua untuk membuat desain interior vintage lebih dinamis.

Demikianlah enam efek warna teal pada desain interior. Apakah kamu tertarik untuk menerapkannya juga di rumah? Ohya, kamu bisa, lho menemukan aneka furnitur ataupun dekorasi warna teal di Dekoruma. Nggak perlu repot, kamu bisa membelinya secara online, kok. Jadi, tinggal pilih saja yang kamu mau melalui aplikasi atau website Dekoruma.

Kalau kamu ingin mewujudkan desain interior warna teal, tim interior Dekoruma juga siap membantu! Lengkapi juga dengan furnitur dan dekorasi pendukungnya. Dekoruma jual lemari, sofa minimalis, hiasan dinding, dan lainnya dengan konsep warna teal juga. Tunggu apa lagi? Yuk, buruan cek laman Dekoruma dan selamat merasakan efek positif dari warna teal!