Mengenali Glass Block untuk Digunakan pada Hunian

Ingin tampilan hunianmu tampak lebih cerah? Jika penggunaan kaca membuat interior rumah terekspos, kini terdapat alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat hunian lebih terang tanpa mengganggu privasi, yaitu glass block.

Glass block dapat difungsikan layaknya kaca, tapi tidak tembus pandang. Nah, jika kamu tertarik menggunakan material yang satu ini, Kania akan mengulas serba-serbi glass block khusus untuk kamu. Simak ulasannya sampai habis, ya!

Apa Itu Glass Block?

architecturaldigest.com

Glass block atau disebut juga dengan blok kaca merupakan material yang terbuat dari kaca tebal, tapi tampilannya tidak tembus pandang sehingga berbeda ketimbang kaca biasa. Terdiri dari berbagai macam variasi ukuran, warna, bentuk, ataupun tekstur, glass block dikembangkan dari prinsip pencahayaan prisma yang telah ada sejak tahun 1900-an dan saat itu kerap dipakai di lingkungan pabrik untuk menambah pencahayaan.

Fungsi Utama Glass Block

ghar360.com

Saat ini, glass block sangat lazim digunakan di rumah-rumah untuk diaplikasikan pada berbagai area, seperti dinding. Hal ini karena glass block memiliki fungsi utama untuk menciptakan sistem pencahayaan natural di dalam hunian. Berkat penggunaan glass block, sinar matahari pun dapat lebih mudah memasuki ruangan sehingga hunian akan terlihat cerah dan terang meskipun tidak menggunakan lampu.

Kelebihan Glass Block

pinterest.com

Berkat penggunaan bahan kaca tebal dalam proses produksi glass block, maka material yang satu ini memiliki tampilan yang sangat jernih, tapi tidak transparan. Dengan demikian, orang lain akan sulit melihat ke dalam ruangan dan privasi kamu pun tetap terjaga. Selain digunakan pada dinding, seperti ruangan keluarga ataupun kamar, glass block juga sangat pas diaplikasikan di kamar mandi ataupun dapur karena dapat membuat area tersebut jadi tidak pengap.

Selain itu, penggunaan glass block di rumah pun sangatlah efektif untuk menghemat penggunaan listrik karena ruangan akan tetap terang saat di siang hari dan membuatmu tak perlu lagi menggunakan lampu. Tak hanya itu, glass block juga memiliki kekuatan yang prima karena bahannya sangat tebal sehingga lebih awet dan tahan lama ketimbang material kaca lainnya seperti genteng.

Penggunaan dan Perawatan Glass Block

glassblocksdirect.co.uk

Glass block juga sangat mudah dipasang, bahkan proses instalasinya dapat dilakukan secara langsung layaknya seperti saat memasang batu bata karena tidak memerlukan kusen kayu. Saat terkena kotoran ataupun debu, kamu pun tak perlu repot karena cukup membersihkannya menggunakan lap basah dan permukaan glass block akan kembali bersih.

Jika ingin menjaga tampilan glass block tetap mengilap, kamu bisa coba membersihkannya menggunakan cairan pembersih abrasive yang banyak tersedia di toko kimia. Setelah itu, sikat permukaan area glass block menggunakan sikat gigi sampai tampilannya kembali kilap.

Harga Glass Block

innovatebuildingsolutions.com

Jika tertarik menggunakan glass block di rumah, saat ini kamu bisa menemukannya secara mudah di pasaran karena tersedia di hampir semua toko material. Glass block sendiri dijual dengan harga yang berbeda-beda berdasarkan varian, ukuran, motif, ataupun warna. Namun pada umumnya, kamu bisa membeli glass block dengan harga sekitar Rp15.000 hingga Rp20.000 per pcs.

Jika ingin menciptakan hunian yang cerah dan privasi tetap terjaga, maka kamu bisa mempertimbangkan penggunaan glass block di rumah. Selain referensi di atas, temukan juga berbagai inspirasi menarik lainnya di Dekoruma! Kamu juga bisa sekaligus membeli furnitur dan dekorasi secara online, lho. Dekoruma jual sofa minimalis, meja makan, rak buku, rak sepatu, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, Dekoruma juga jual wajan & panci, kompor, spatula, dan alat dapur esensial lainnya. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma dan wujudkan rumah impianmu!