Lampu memiliki fungsi utama sebagai alat penerangan. Terlebih saat malam hari, cahaya lampu bisa membuatmu lebih mudah saat beraktivitas di dalam rumah, baik itu membaca buku, memasak, atau melakukan kegiatan lainnya bersama keluarga.

Saat memilih lampu, Kania sarankan kamu untuk selalu cermat. Sebab, cahaya yang dihasilkan oleh lampu berkualitas buruk bisa membuat mata menjadi rusak. Gejala yang ditimbulkan pun bermacam-macam, mulai dari mata terasa sakit, tegang, gatal, lelah, sakit kepala, penglihatan kabur, bahkan membuat mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya.

Pada artikel ini, Kania akan membagikan beberapa trik untuk mencegah mata rusak yang diakibatkan oleh cahaya buruk sehingga tidak mengganggu kenyamananmu saat berakivitias. Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Istirahatkan Mata Sejenak

philips.com

Melakukan aktivitas panjang di depan layar komputer ataupun smartphone dapat membuat mata terasa tegang. Saat seperti ini, tinggalkan pekerjaan kamu sejenak dan istirahatlah dengan memejamkan mata setidaknya selama 30 detik agar mata kembali segar. Selain itu, kamu juga bisa membatasi aktivitas di depan layar dengan memasang timer dalam rentang waktu tertentu supaya mata terhindar dari efek cahaya yang buruk.

Nikmati Paparan Cahaya Sinar Matahari

unsplash.com

Selain membantu ritme sirkadian, paparan dari cahaya alami matahari juga sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan mata. Meskipun kamu sedang sibuk, luangkan waktu sejenak dengan berjalan-jalan keluar rumah untuk menikmati cahaya matahari yang akan memberikan banyak manfaat positif bagi mata, salah satunya adalah vitamin D.

Lakukan Yoga Mata

yogagise.com

Saat mata benar-benar tegang akibat cahaya lampu yang buruk, ada cara lain yang bisa dilakukan agar mata menjadi rileks. Kamu bisa melakukan olahraga yoga mata yang prosesnya melibatkan sejumlah gerakan sederhana. Tujuan dari kegiatan yoga mata ini adalah untuk meningkatkan fleksibilitas mata, membuat penglihatan mata selalu fokus, dan membuat mata tidak lagi sensitif terhadap cahaya. 

Gunakan Obat Tetes Mata

google.com

Saat penglihatan kamu terasa tak nyaman karena cahaya lampu, kamu pun bisa menggunakan obat tetes mata setiap 20 menit sekali. Penggunaan obat tetes mata cukup efektif untuk menghilangkan rasa tidak nyaman, seperti mata kering ataupun gatal. Namun, terkait cara yang satu ini, sebaiknya kamu konsultasikan dulu dengan dokter untuk mengetahui jenis obat tetes mata apa yang cocok bagi kondisi mata kamu.

Pilih Lampu LED Terbaik dan Berkualitas

philips.com

Dikarenakan cahaya merupakan bagian penting dalam keseharian, maka Kania juga menyarankan kamu untuk memilih lampu yang memiliki kualitas terbaik, seperti menggunakan lampu Philips LED EyeComfort. Produk lampu yang satu ini memiliki sejumlah kelebihan dan dijamin aman terhadap kesehatan mata karena dirancang khusus untuk membuat mata tetap merasa nyaman.

Lampu Philips LED EyeComfort juga memiliki kemampuan untuk menangkal efek negatif dari flicker dan stroboskopik akibat kualitas cahaya rendah sehingga mata tak akan lagi terasa tegang ataupun lelah. Selain itu, Philips LED EyeComfort juga tidak memiliki tingkat cahaya biru, ultraviolet, ataupun inframerah yang biasanya dihasilkan dari layar ponsel sehingga tidak akan membahayakan kesehatan matamu.

philips.com

Jika kamu biasanya mengatur cahaya lampu menggunakan dimmer, kamu pun harus memilih lampu LED dengan kualitas terbaik agar intensitasnya dapat diatur secara lancar. Hal ini karena peredupan cahaya yang buruk dapat menyebabkan terjadinya flicker atau bahkan noise sehingga mengganggu kenyamanan mata.

Namun, kalau kamu menggunakan lampu Philips LED EyeComfort, mata kamu akan tetap nyaman meskipun cahaya di dalam ruangan telah diredupkan karena bola lampu pada rangkaian produk EyeComfort Philips memberikan peredupan berkualitas tanpa kedipan atau noise.

Demikianlah cara-cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari efek negatif akibat cahaya buruk. Pastikan kamu menggunakan lampu berkualitas dari Philips LED EyeComfort yang siap membantu menjaga kesehatan mata kamu saat beraktivitas!