Inspirasi Dapur Kecil yang Stylish di Hunian Mungil

Kehadiran dapur di dalam rumah itu mutlak, tidak bisa digantikan, apalagi ditiadakan. Sayangnya, banyak yang beranggapan kalau dapur itu harus berukuran besar supaya nyaman digunakan. Padahal, ada banyak ide dapur kecil yang penataannya bagus sehingga pemilik akan tetap merasa nyaman saat memasak.

Lebih dari itu, sebenarnya dapur kecil pun bisa tampil dengan mewah dan estetik sehingga tidak akan merusak tampilan

interior design
rumahmu. Oleh karena itu, bagi kamu pemilik rumah mungil, jangan berkecil hati. Simak dulu lima ide dapur kecil yang nyaman untuk rumah mungil dari Kania di bawah ini!

Manfaatkan Lahan dengan Kabinet Bentuk L

dekoruma.com

Salah satu kunci untuk mendapatkan dapur kecil yang nyaman adalah memanfaatkan lahan seefisien mungkin, seperti ide menggunakan kabinet bentuk L. Bagian sudut ruang yang sempit dijadikan area bak cucian dan bagian panjangnya dijadikan area masak dan penyimpanan. Sementara itu, bagian atas pada dapur kecil ini dilengkapi dengan rak penyimpanan yang memiliki bukaan pintu ke atas sehingga lebih praktis.

Dapur kecil yang kabinetnya bentuk L ini juga memudahkan pergerakanmu dari area cuci ke area masak. Suasananya pun lega karena tidak ada sekat antar ruangan. Selain itu, ada pula jendela kecil yang berfungsi sebagai jalur sirkulasi udara dan cahaya matahari, serta memberikanmu pandangan ke luar. Penggunaan warna cokelat dan putih menjadikan dapur kecil ini terkesan minimalis.

Dapur Open Space

chowhound.com

Jarang memasak di rumah dan tidak memiliki banyak perabotan? Jika iya, kamu bisa menerapkan ide dapur kecil dengan konsep open space. Bagian dindingnya dibiarkan terekspos tanpa acian atau penghalusan, lalu dicat warna putih.

Kabinet pada dapur kecil ini, hanya ada lemari di bagian bawah. Namun, cukup untuk meletakkan bak cucian, satu kompor, dan meja dapur. Di sudut dapur kecil ada pula rak terbuka untuk menyimpan peralatan makan dan aneka bumbu. Tambahkan lampu gantung dan juga aneka dekorasi seperti tanaman hias & vas. Suasananya jadi nyaman dan terlihat lapang, deh!

Dapur Sekaligus Ruang Makan

dekoruma.com

Ketika lahan rumah sangat terbatas, coba gabungkan dapur dan ruang makan sehingga lebih hemat tempat. Ide desain dapur kecil ini sangat memukau, di mana posisi dapur ada di sudut ruangan dan meja makan minimalis ditempatkan pada ujung kabinet. Dinding bagian atas dimanfaatkan seutuhnya untuk area penyimpanan. Penataan seperti ini memungkinkan kamu untuk mendapat area masak yang lebih besar. 

Meja makannya sendiri dibuat dari bahan blockboard dan menyatu dengan dinding serta kabinet dapur. Bentuknya memanjang, cukup untuk dua orang. Di samping dapur kecil ini ada jendela besar sehingga membuatnya menjadi lebih terang. Ide dapur kecil ini sangat cocok untuk keluarga muda atau pengantin baru.

Dapur Kecil Serba Putih dengan Kitchen Island

google.com

Dapur kecil juga bisa dibuat memiliki kitchen island, seperti ide di atas. Dapurnya dibuat lurus pada satu sisi dinding. Ada lemari penyimpanan, kulkas, dan kompor. Backsplash dapur dibuat dengan lapisan keramik bermotif herringbone. Sementara itu, di tengah dapur kecil ada kitchen island yang berguna sebagai area mencuci dan memotong bahan makanan. Kalau mau lebih hemat ruang lagi, kitchen island dapat dimanfaatkan sebagai meja makan.

Gunakan furnitur space-saving serba putih untuk memberikan efek yang terang dan lapang. Perhatikan juga ukuran kitchen island agar tidak menghalangi area lalu-lalang, tapi tetap nyaman digunakan untuk menyiapkan makanan.

Dapur Bentuk U dengan Sentuhan Mewah

dekoruma.com

Bagi orang yang hobi memasak, area penyimpanan dan persiapan bahan harus cukup besar. Oleh karena itu, buatlah dapur dengan bentuk U. Dapur kecil ini punya keuntungan lain, yaitu memudahkanmu mengakses seluruh sudut dapur tanpa harus berpindah tempat. Mau mencuci, tinggal menghadap depan. Mau mengecek masakan di kompor, tinggal hadap kiri. Mau mengolah makanan,  bisa langsung menghadap kanan.

Dapur kecil ini pun tidak kalah mewah dengan dapur berukuran besar. Rahasianya ada pada permukaan backsplash keramik yang memiliki motif berpola dan timbul. Saat berada di dapur kecil ini kamu juga tidak akan merasa terkurung karena konsepnya cukup terbuka dan ada pencahayaan lampu yang memancar maksimal dari bagian bawah lemari dapur gantung.

Nah, dari kelima ide dapur kecil di atas, mana yang paling mencuri hatimu? Apa pun ide dapur kecil yang akan kamu terapkan, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapiannya. Selamat memasak dengan nyaman di dapur kecil!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Ada berbagai jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual meja rias, lemari dapur, sofa, rak sepatu, hingga kasur. Untuk kasurnya, Dekoruma jual kasur Serta, Sleep Care, dan King Koil.

Ada juga furnitur multifungsi dan space-saving yang dirancang secara khusus, seperti sofa bed, rak dinding, dan tempat tidur berlaci. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!