Aneka Ragam Ikan Hias Air Tawar yang Gampang Dipelihara

Ketika bosan dan stres melanda, solusi terbaik adalah mencurahkan waktu ke hal-hal yang bermanfaat. Bagi kamu yang nggak suka pelihara hewan berbulu atau mamalia, saatnya melirik tren pelihara ikan hias air tawar yang dijamin akan membuat kamu relax!

Ikan hias air tawar sangat beraneka ragam, mulai dari jenis, warna, hingga rupa dan bentuknya. Dengan demikian, ikan hias air tawar siap mempercantik hunianmu dengan ukuran akuarium yang bisa disesuaikan. Nah, berikut ini, Kania punya 13 rekomendasi ikan hais air tawar yang mudah dipelihara. Yuk, langsung saja pilih jenis ikan hias air tawar untuk mainan kesayangan barumu!

1. Ikan Botia Badut

pinterest.com

Ikan hias air tawar yang suka berkelompok ini berukuran kecil sehingga ukuran akuariumnya pun tidak perlu terlalu besar yang cenderung makan tempat di hunian. Ikan hias air tawar botia badut punya sisik yang tipis. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak memeliharanya dengan ikan lainnya yang agresif. Walaupun kecil, ikan hias air tawar ini termasuk rakus, jadi jaga frekuensi pemberian makanan, ya!

2. Ikan Cupang

livescience.com

Mulai dari Ashanty, Uya Kuya, sampai Nadine Chandrawinata, semuanya berlomba pamer ikan cupang. Ada apa gerangan dengan ikan hias air tawar yang satu ini?

Usut punya usut, banyak yang mengaku kepincut dengan warna multicolor ikan cupang yang indah plus ekornya yang gemulai sehingga membuat harga ikan hias air tawar ini cukup fantastis untuk jenis-jenis tertentu. Selain cantik, ikan hias air tawar ini juga cukup mudah dipelihara selama ukuran akuariumnya pas dan kebersihan airnya dijaga.

3. Ikan Discus

twitter.com

Identik dengan badan lebar berwarna atraktif, ikan hias air tawar yang lucu ini bisa jadi pilihan untuk menghidupkan susasana rumahmu. Kunci utama dalam memelihara ikan hias air tawar ini adalah kamu wajib perhatikan suhu akuarium di sekitar 28-31 celcius supaya kondisinya agak hangat dan kadar oksigennya stabil. Ikan hias air tawar ini merupakan spesies dari Amazon, jadi buatlah suasana akuarium dengan tambahan tanaman batang dan hiasan akuarium lainnya agar makin ideal.

4. Ikan Louhan

yp.sg

Ikan hias air tawar dengan jidat jenong, yaitu louhan dianggap sebagai ikan pembawa kemakmuran dan kesejahteraan untuk pemilik rumah. Nah, supaya ikan louhan senantiasa sehat, pastikan kamu menggunakan ukuran akuarium yang tepat dan filter atau penyaringnya bekerja maksimal. Jangan lupa berikan pakan dengan takaran yang sesuai dan juga penerangan yang cukup supaya lebih hangat.

5. Ikan Neon Tetra

aquariumnexus.com

Ikan neon tetra sangat menarik perhatian karena ikan hias air tawar ini punya pijar seperti neon saat disinari lampu. Gayanya yang tenang juga sering jadi terapi tersendiri di rumah. Tidak sulit, kok pelihara ikan hias air tawar ini karena pakannya cukup fleksibel. Ukurannya juga hanya sekitar 4 cm saja, lho!

6. Ikan Ranchu

nu-pets.co.uk

Menjadi rajanya ikan mas koki hias, ikan ranchu punya tampilan eksotis dengan lekuk tubuh bungkuk yang bikin gemas. Ekor ikan hias air tawar ini juga bisa tumbuh panjang penuh keanggunan. Cara memelihara ikan hias air tawar ini tidak banyak berbeda dengan ikan mas koki biasa, yaitu cukup perhatikan kualitas air, filter, dan pakan. 

7. Ikan Oranda

pinterest.com

Masih dari keluarga ikan mas koki, ikan hias air tawar oranda punya bentuk kepala yang unik dengan daging seperti sanggul di puncak kepalanya. Gerakan, lekuk, dan tubuhnya juga membulat cantik sehingga membuatnya tambah memesona. Untuk perawatannya, terapkan saja cara memelihara ikan mas pada umumnya supaya ikan hias air tawar ini makin awet. 

8. Ikan Gupi Lokal

localfinder.co

Tidak hanya mudah dipelihara, harga ikan gupi lokal juga murah. Warna ikan hias air tawar ini juga sangat variatif berkat proses kawin silang antar peternak. Nah, untuk memelihara ikan hias air tawar ini, pastikan pH air di dalam akuarium seimbang dan segar. Selain itu, perhatikan juga jika gerakan ikan hias air tawar ini mulai malas atau jarang aktif karena itu tandanya air akuarium perlu diganti.

9. Ikan Pedang

petsoid.com

Sering disebut juga swordtail, ikan hias air tawar ini cukup populer. Hal ini karena ikan pedang memiliki ekor yang sangat menarik dan unik, plus warna terang yang menarik perhatian. Ikan hias air tawar swordtail juga merupakan ikan yang cinta damai. Jadi, boleh dipelihara berkelompok dengan ikan pasif lainnya. Namun, pastikan ukuran akuarium cukup dengan suhu stabil dan pH di angka 7-8.

10. Ikan Komet

fish-net.gr

Masih kerabat dengan ikan mas koki, ikan hias air tawar yang cantik ini tidak pemilih soal pakan dan bisa tumbuh besar dengan cukup mudah. Kunci dari pemeliharaan jenis ikan hias air tawar ini adalah soal kebersihan agar ikan komet tidak terkena penyakit kulit atau virus bakteri.

11. Ikan Koi

fishkeeper.co.uk

Sering dicap sebagai ikan hias air tawar yang mahal dan butuh pemeliharaan ekstra, banyak yang merasa ikan koi bukan pilihan ideal. Namun sebenarnya, selain dari kebutuhan area kolam ikan koi itu sendiri, ikan hias air tawar ini tidak terlalu repot untuk dipelihara dan cukup awet. Yang penting, batasi pemberian pakan dan jumlah ikan di dalam kolam ikan minimalis. Dengan demikian, pasti aman!

12. Ikan Molly

fishkeepingforever.com

Cara mudah membudidayakan ikan hias air tawar molly membuatnya menjadi salah satu primadona yang layak dipertimbangkan. Pastikan saja kondisi kebersihan dan kualitas air dijaga. Dengan begitu, kamu pasti bisa menikmati kecantikan corak dan wujudnya yang unik.

13. Ikan Peacock Bass

pinterest.com

Bagi kamu yang suka tampil beda, peacock bass yang berjenis predator bisa jadi pilihan ikan hias air tawar yang tepat. Si garang ini punya corak dan warna tubuh yang eksotis. Meski demikian, cara perawatannya tergolong standar, yaitu memberi makan secara tepat waktu, menjaga kualitas air, dan rawat secara berkelompok supaya bebas stres dan awet.

Gimana, sudah menentukan jenis ikan hias air tawar yang akan kamu pelihara di rumah? Langsung saja, deh cari tahu lebih banyak mengenai ikan hias air tawar pilihanmu dan nikmati aktivitas bermanfaat di rumah bersama ikan-ikan yang cantik!

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, kamu juga bisa membeli berbagai perabotan rumah, seperti furnitur, dekorasi, dan alat rumah tangga secara online, lho! Dekoruma jual kursi kantor, sofa, meja makan, dan tempat tidur.

Tak hanya itu saja, kalau kamu sedang mencari hunian untuk tempat tinggal atau berinvestasi, Dekoruma juga menyediakannya untukmu. Kamu bisa menemukan aneka properti dijual dari berbagai daerah, seperti rumah dijual di Depok, Tangerang, Jakarta Barat, dan kawasan berkembang lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma dan ciptakanlah momen indah bersama keluarga di rumah barumu!