Ragam Khasiat Buah Ciplukan

Mungkin kamu sedikit asing mendengar istilah buah ciplukan, tapi bisa jadi kamu sering memainkannya ketika masih kecil. Buah ciplukan sering dianggap sebagai gulma karena tumbuh liar. Namun, karena bentuknya yang unik menyerupai kantong tipis yang berwarna kuning kehijauan seperti daun muda, banyak anak kecil yang kerap menjadikannya sebagai mainan. Di pekarangan rumah kamu, bisa jadi juga terdapat tanaman yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai morel berry ini.

Buah ciplukan dulunya sering dinilai sebelah mata dan dianggap tanaman pengganggu. Lain halnya dengan sekarang, buah ciplukan mulai dijual dengan harga yang cukup tinggi karena khasiatnya mulai terkuak. Ternyata buah yang rasanya asam manis ini memiliki beragam manfaat kesehatan yang luar biasa, lho! Yuk, simak ulasan Kania mengenai ragam manfaat buah ciplukan di bawah ini!

Tingkatkan Imunitas

medium.com

Daya tahan tubuh yang kuat harus selalu dijaga, apalagi pada masa pandemi seperti saat ini. Mengandung vitamin C yang tinggi, buah ciplukan mampu merangsang produksi sel darah putih sehingga sistem imunitas dapat meningkat.

Turunkan Kolesterol

cloudfront.net

Di dalam buah ciplukan terdapat kandungan linoleat dan asam oleat. Kedua senyawa ini terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuhmu. Tidak hanya itu, kombinasi kedua kandungan tersebut juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga buah ciplukan akan sangat berperan untuk menghindarkan kamu dari berbagai masalah kadar kolesterol yang tidak normal.

Cegah Penyakit Jantung

newsgram.com

Berkat khasiat tanaman buah ciplukan yang efektif menurunkan kolesterol, pembentukan plak yang menghalangi aliran darah dari dan ke jantung pun bisa dihindari. Kamu pun bisa meminimalkan risiko terkena penyakit jantung koroner yang terjadi akibat tersumbatnya pembuluh darah arteri ke jantung karena tumpukan lemak dan kolesterol dengan mengonsumsi buah ciplukan.

Normalkan Gula Darah

doctormovahed.com

Manfaat lain dari buah ciplukan yang tidak boleh dipandang remeh adalah kemampuannya menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Buah ciplukan memiliki kombinasi beberapa senyawa yang bisa memperlambat pemecahan dan penyerapan karbohidrat atau gula dalam tubuh. Alhasil, fungsi insulin menjadi leih ringan dan tingkat kadar gula darah lebih bisa dikontrol.

Jaga Hati dan Ginjal

getdoc.com

Semakin banyak racun yang masuk ke tubuh kamu, semakin berat pula kerja organ hati maupun ginjal. Namun, kamu bisa meringankan kerja kedua organ ini dengan mengonsumsi buah ciplukan. Buah ciplukan dinilai bisa menyingkirkan kelebihan garam, lemak, dan racun dari sistem tubuh sehingga hati dan ginjal tidak bekerja terlalu berat. Dengan demikian, kesehatan kedua organ penting ini dapat lebih dijaga.

Pelihara Kesehatan Mata

medium.com

Kamu bisa memberikan buah ciplukan kepada orang tuamu untuk mengurangi risiko timbulnya katarak maupun masalah penglihatan lain yang timbul karena faktor usia. Hal ini karena buah ciplukan mengandung karotenoid yang tinggi sehingga dapat mengurangi stres oksidatif dan membuat fungsi penglihatan pada mata lebih terpelihara.

Alternatif Obat Kanker

guim.co.uk

Dalam buah ciplukan terdapat kandungan senyawa yang berjenis withanolides. Mungkin, kamu masih jarang mendengarnya, ya? Singkat cerita, senyawa ini mampu merangsang terjadinya kematian sel yang tidak diinginkan di tubuh, salah satunya sel kanker. Oleh karena itu, buah ciplukan pun kerap direkomendasikan sebagai alternatif obat kanker.

Obat Herbal untuk Tuberkulosis 

prod.medicalnewstoday.com

Ekstrak buah ciplukan ternyata mampu menghambat pertumbuhan mycobacterium tuberculosis. Karena alasan inilah, buah ciplukan punya peluang besar menjadi obat herbal untuk penyakit tersebut. Meski demikian, penelitian mengenai buah ciplukan untuk obat herbal tuberkulosis sampai saat ini masih terus dilakukan.

Luar biasa, bukan segudang manfaat dari buah ciplukan? Sekarang coba lihat di halaman rumahmu, ada pohon ciplukan yang tumbuh liar tidak? Jika ada, jangan ragu untuk merawatnya dalam pot agar lebih rapi dan terpelihara. Kamu bisa cek Dekoruma untuk mencari bentuk pot tanaman estetik yang dapat mempercantik pekarangan rumahmu. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Selain jual pot, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur dengan model kekinian, lho! Beberapa di antaranya, ada sofa minimalis, sofa bed, rak dinding, lemari pakaian, meja rias, hingga kasur dari merek-merek ternama, seperti kasur The Luxe. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!