Jenis-Jenis Tanaman Keladi yang Perlu Kamu Ketahui

Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa kamu rawat di rumah. Misalnya saja, tanaman keladi atau caladium yang sedang populer di Indonesia karena memiliki corak unik serta dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Buat kamu yang tertarik menanam tumbuhan keladi di rumah, Kania akan membagikan referensi mengenai berbagai jenis tumbuhan yang satu ini sehingga kamu bisa memilih jenis yang tepat sesuai selera. Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Keladi Bicolor 

pinterest.com

Tanaman yang satu ini kerap disebut dengan nama keladi merah. Memiliki bentuk daun yang unik dengan warna cerah, tumbuhan keladi bicolor memiliki dua warna yang sangat cantik, yaitu hijau dan merah. Adapun, warna hijau mendominasi semua bagian dari daun keladi sedangkan warna merah mengikuti tulang daun dari tumbuhan ini.

Keladi Gingerland

caladiumbulbs4less.com 

Memiliki bentuk unik menyerupai hati, jenis tumbuhan keladi ini memiliki ukuran yang cenderung kecil hingga sedang. Sementara itu, bagian pemukaan daunnya memiliki warna putih dengan pinggiran berwarna hijau tua dan corak unik berwarna merah atau merah muda. Cantik banget, ya?

Keladi Moonlight

classiccaladiumsllc.com

Memiliki nama yang mengacu pada warna cahaya bulan, tanaman keladi yang satu ini didominasi oleh warna yang sangat cantik, yakni putih bersih. Bagian daunnya sendiri berwarna putih dengan urat halus dan pinggiran daun berwarna hijau yang memberikan kesan unik tersendiri. Jenis keladi yang satu ini sangat cocok untuk hunian minimalis modern.

Keladi White Christmas

turn-it-tropical.co.uk

Buat kamu yang ingin menanam tumbuhan keladi berwarna putih, maka jenis yang satu ini juga sangat cocok untuk dilirik. Meskipun permukaan daunnya juga didominasi warna putih, tapi tampilan keladi white christmas cukup berbeda dengan jenis moonlight karena pada bagian tulang daun jenis keladi yang satu ini memiliki warna hijau pekat sehingga memberikan kesan kontras yang sangat cantik. 

Keladi Miss Muffett

calloways.com

Pada umumnya, jenis tumbuhan keladi yang satu ini memiliki ukuran relatif lebih kecil. Dengan warna dasar hijau muda, terdapat keunikan pada bagian daun karena ada corak bintik-bintik berwarna merah. Sementara itu, bagian tulang daun pada jenis tanaman keladi ini pun umumnya berwarna merah muda. 

Keladi White Queen

onlineplantguide.com
 

Buat kamu yang ingin menanam tumbuhan keladi berwarna putih, kamu juga bisa mempertimbangkan rekomendasi yang satu ini. Jenis keladi white queen memiliki daun dengan warna dasar putih dan pinggiran berwarna hijau muda yang berukuran tipis. Nah, pada permukaan daun pun tampak tulang daun dengan warna merah muda yang memberikan kesan kontras yang unik. Jenis tanaman keladi yang satu ini makin tampak menawan berkat motif urat halus berwarna hijau pada permukaan daun yang berwarna putih tersebut.

Keladi Thai Beauty

pinterest.com
 

Kerap disebut juga dengan nama tanaman Keladi Batik, jenis yang satu ini memiliki bentuk daun yang sangat unik dengan bentuk memanjang. Didominasi oleh warna merah muda, terdapat pula warna hijau yang terlihat pada bagian pinggiran daun keladi dan di area tulang daun. 

Keladi Radiance

cincinnatizoo.org

Memiliki tampilan yang mengilap, permukaan daun tanaman keladi radiance dipenuhi warna bercak merah muda dengan pinggiran berwarna hijau. Sementara itu, bagian tulangnya memiliki warna merah pekat. Uniknya, semakin lama tumbuhan keladi ini dirawat, maka rona merah pada bagian tengah daunnya pun akan semakin pekat.

Keladi Spring Fling

plantqueen.se
 

Nah, jenis tanaman keladi yang terakhir ini tampil dengan daun yang didominasi warna merah muda. Namun, di pasaran terdapat pula jenis keladi spring fling dengan kombinasi warna hijau pada bagian pinggir dan tulang daun. Bahkan, ada juga yang memiliki tampilan warna merah muda sepenuhnya. Menarik banget, ya?

Memiliki tampilan daun yang sangat unik dan cantik, semua jenis tanaman keladi di atas siap menghiasi hunian kamu. Lantas, apakah kamu sudah menentukan jenis tumbuhan keladi yang akan kamu tanam di rumah? Apa pun pilihanmu, jangan lupa untuk selalu merawatnya secara rutin agar tanaman keladi dapat tumbuh subur, ya!

Kamu sedang mencari furnitur untuk melengkapi hunianmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekouma jual meja makan, lemari pakaian, sofa, rak display, tempat tidur, hingga kasur dari berbagai merek, seperti kasur Serta dan The Luxe.

Selain itu, ada juga beragam aksesoris rumah atau dekorasi menarik yang kekinian, Dekoruma jual kaligrafi, cermin, dan lampu gantung. Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!