Tips dan Trik Menghitung Biaya Bangun Rumah Secara Terperinci

Untuk mendapatkan hunian terbaik dengan desain sesuai selera, banyak orang lebih memilih untuk membangun rumah secara mandiri. Namun, ada hal penting yang harus kamu lakukan sebelum memulainya, yakni menghitung biaya bangun rumah secara rinci untuk meminimalisir kerugian.

Nah, pada artikel kali ini, Kania akan mengajak kamu untuk melakukan langkah-langkah dalam proses penghitungan biaya bangun rumah agar budget yang dikeluarkan lebih optimal. Untuk mengetahui selengkapnya, langsung saja simak cara menghitung biaya bangun rumah berikut ini! 

Ketahui Manfaat Menghitung Biaya Bangun Rumah

integratedesigns.co.uk

Perlu kamu ketahui, menghitung biaya bangun rumah akan membantu kamu memiliki patokan penghitungan anggaran secara detail, mulai dari desain, harga material bangunan, hingga tarif pekerja. Dengan melakukan penghitungan biaya bangun rumah, kamu pun bisa meminimalisir pemborosan anggaran dan membuat budget yang dikeluarkan lebih optimal. 

Hitung Luas Lahan

nbcnews.com

Dalam proses awal melakukan penghitungan biaya bangun rumah, kamu harus memulainya dengan menghitung luas lahan agar estimasi biaya yang akan dikeluarkan lebih akurat. Kamu bisa meminta jasa kontraktor untuk menghitung luas rumah atau melakukannya secara mandiri dengan bantuan alat, seperti benang ukur, waterpass, roll meter, dan kalkulator. 

Tentukan Desain Rumah

thoughtco.com

Setelah memiliki informasi mengenai luas lahan yang akan dibangun, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menentukan desain rumah.

Desain rumah sangat dibutuhkan agar kamu bisa membangun hunian yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. Di mana prosesnya bisa dilakukan dengan bantuan jasa arsitek, jasa desain interior rumah, ataupun melihat berbagai referensi desain rumah yang terdapat di Dekoruma. 

Gambarkan Simulasi Rencana Pembangunan Rumah

google.com
 

Biasanya, pembuatan simulasi rencana pembangunan rumah baru dilakukan oleh kontraktor. Namun, jika kamu ingin melakukannya secara mandiri, kamu bisa menggambarkan simulasi penghitungan biaya bangun rumah menurut desain yang kamu pilih.

Kemudian, hitung simulasi biaya berdasarkan hitungan per meter persegi sehingga mendapatkan gambaran jumlah uang yang harus dipersiapkan hingga proses pembangunan diselesaikan. Sementara itu, bagi kamu yang berencana membangun rumah yang terdiri dari dua lantai atau lebih, kamu bisa mengalikan anggaran tersebut berdasarkan jumlah lantai yang akan dibangun. 

Hitung Biaya Kasar Kebutuhan Pembangunan

glassford.com.au

Hal penting lainnya, kamu juga perlu menghitung biaya kasar untuk segala kebutuhan pembangunan. Penghitungan biaya bangun rumah ini meliputi dari tahap persiapan, seperti biaya pembersihan lahan dan proses pengangkutan material, penghitungan biaya untuk pembuatan pondasi rumah.

Mulai dari penggalian tanah, pemasangan dan urugan tanah, pemilihan struktur beton, pembangunan dinding rumah, pembangunan rangka atap, finishing atap rumah, pembuatan lantai, hingga finishing rumah, seperti cat dinding.

Hitung Biaya Bangun Rumah di Luar Proses Pembangunan

forbes.com

Selain melakukan penghitungan biaya bangun rumah, kamu pun sebaiknya memperkirakan jumlah biaya untuk keperluan lain di luar proses pembangunan. Yang dimaksudkan adalah biaya atau anggaran untuk membeli perabotan dan dekorasi, biaya instalasi listrik, termasuk biaya untuk mengurus dokumen penting, seperti pajak rumah, biaya pembuatan izin mendirikan bangunan, dan sebagainya.

Hitung Biaya Lainnya Saat Pembangunan Rumah

medium.com

Dalam menghitung biaya bangun rumah 2 lantai atau 1 lantai, kamu juga sebaiknya mempersiapkan budget tambahan. Kania sarankan kamu untuk menyiapkan anggaran ekstra sebesar 10% dari total biaya bangun rumah yang telah kamu hitung untuk dijadikan sebagai dana cadangan yang bisa kamu gunakan sewaktu-waktu saat menemukan budget tak terduga. 

Inilah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghitung biaya bangun rumah agar anggaran yang dikeluarkan lebih efisien dan membuatmu terhindar dari pemborosan. Selamat membangun rumah impian!

Kalau kamu tidak mau repot, kamu juga bisa membeli rumah baru yang sudah jadi. Nggak perlu bingung, kamu bisa menemukan rumah impian di Dekoruma Properti, lho! Ada banyak pilihan rumah baru maupun dijual dari berbagai daerah di Jabodetabek, seperti rumah baru di Tangerang dan Bekasi, atau rumah dijual di Jakarta Barat dan Depok. Dengan demikian, kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan domisili kamu.

Kamu juga tak perlu pusing soal furnitur dan aksesorisnya karena kamu pun bisa menemukannya di Dekoruma. Dekoruma jual hiasan gantung, tempat penyimpanan, meja makan, sofa, rak buku, tanaman hias & vas, nakas, tempat tidur, hingga sarung bantal. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma dan ciptakanlah momen indah bersama keluarga!