Tips dan Trik Menentukan Ukuran Garasi Mobil

Garasi merupakan salah satu elemen penting yang harus ada di dalam hunian, terlebih jika kamu memiliki kendaraan mobil. Hal ini karena selain membuatmu bisa menyimpan kendaraan lebih aman, kamu pun bisa terhindar dari masalah akibat memarkir kendaraan secara sembarangan.

Jika kamu berencana membuat garasi, Kania sarankan kamu tidak asal dalam menentukan ukuran garasi mobil. Sebab, ukuran garasi mobil harus diperhitungkan secara matang agar sesuai dengan kebutuhan. Nah, untuk mengetahui tips menentukan ukuran garasi mobil, simak caranya berikut ini, yuk! 

Manfaat Membuat Garasi Mobil

obriengarage.com

Sebelum membahas tips dalam menentukan ukuran garasi mobil, Kania akan memberikan informasi mengenai manfaat apa saja yang bisa kamu rasakan jika membuat garasi mobil di rumah. Pertama, kamu bisa menjamin keamanan mobil dengan lebih maksimal, terlebih jika kamu memasang perangkat keamanan tambahan seperti CCTV.

Dengan membuat garasi di rumah, kamu pun bisa membuat umur mobil kesayanganmu lebih panjang karena terhindar dari paparan sinar matahari serta hujan. Bahkan, kamu juga bisa terhindar dari masalah hukum sebab beberapa daerah kini memiliki peraturan resmi mengenai kewajiban pembuatan garasi bagi pemilik kendaraan mobil. 

Sesuaikan Ukuran Garasi Berdasarkan Jenis Mobil

wonderfulengineering.com
 

Nah, hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah menyesuaikan ukuran garasi mobil berdasarkan jenis dan ukuran dari mobil yang kamu miliki. Jika kamu memiliki mobil kecil, seperti city car atau sedan, kamu bisa mempertimbangkan ukuran garasi mobil sebesar 2,4 meter x 4,8 meter. Sementara itu, bagi kamu yang memiliki mobil besar, seperti VAN, MVP, ataupun SUV, sebaiknya ukuran garasi yang kamu buat sebesar 3 meter x 6 meter.

Sesuaikan Ukuran Garasi Mobil Berdasarkan Ukuran Lahan

home-designing.com

Selain menyesuaikan ukuran garasi mobil berdasarkan jenis mobil yang kamu gunakan, kamu pun harus mengukur lahan yang akan difungsikan sebagai garasi. Sebaiknya, tambahkan ukuran panjang sekitar 100 cm agar memberikan ruang antar mobil dengan pintu garasi dan 30 cm untuk ruang tambahan antar mobil dan dinding.

Hal tersebut berlaku juga untuk lebar ukuran garasi mobil. Tambahkanlah lebar sekitar 80 cm untuk ruang gerak dan lebar 20 cm di sisi lainnya untuk memberikan space dengan dinding. Sementara itu, atap garasi dapat disesuaikan berdasarkan ketinggian bangunan rumah, tapi sebaiknya tambahkan space setidaknya 100 cm agar lebih leluasa.

Tentukan Desain Garasi yang Ideal

hgtv.com
 

Selain menentukan ukuran garasi mobil berdasarkan penghitungan di atas, kamu pun sebaiknya memilih desain garasi mobil yang ideal agar tampilannya serasi dengan desain bangunan rumahmu. Pastikan desain garasi yang kamu buat memiliki ventilasi udara yang memadai dan material lantai yang kokoh.

Pilih juga model pintu yang awet dan sesuai dengan konsep rumah. Jika memungkinkan, kamu pun bisa mempertimbangkan penggunaan garasi sebagai ruang tambahan untuk menyimpan aneka barang atau perabotan, seperti sparepart mobil. 

Menentukan Ukuran Garasi untuk Beberapa Mobil

homeedit.com
 

Jika kamu memiliki beberapa unit mobil, maka kamu pun harus menyesuaikan ukuran garasi mobil yang akan kamu buat. Setidaknya, tentukan ukuran garasi mobil dengan membuat jarak sekitar 100 cm dari dinding ke spion mobil pertama, jarak sekitar 75 cm dari spion mobil pertama ke spion mobil kedua, serta jarak sekitar 75 cm dari spion mobil kedua ke dinding lainnya. Menentukan ukuran garasi mobil untuk beberapa unit ini membuat kendaraan kesayanganmu bisa disimpan lebih aman dan meminimalisir adanya benturan.

Demikianlah tips untuk menentukan ukuran garasi mobil yang ideal. Pastikan mobil kamu tersimpan dengan aman di dalam garasi! Jangan lupa simak juga informasi menarik lainnya melalui artikel Dekoruma, ya.

Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka furnitur untuk hunianmu. Mulai dari sofa, meja makan, kursi teras, lemari, hingga meja rias, semuanya tersedia.

Ada juga kasur dari berbagai merek. Dekoruma jual kasur King Koil, Sleep Care, dan Comforta. Yuk, wujudkan rumah impian bersama Dekoruma!