Ragam Jenis Tanaman Herbal untuk Dijadikan Obat

Di Indonesia, tanaman herbal sangatlah mudah ditemukan. Tanaman herbal dapat diracik dan disajikan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan cenderung lebih aman dikonsumsi ketimbang obat kimia karena minim efek samping.

Sekarang, kamu tak perlu lagi membelinya karena beberapa tanaman herbal bisa kamu tanam sendiri di rumah untuk kemudian diolah dan difungsikan sebagai obat. Untuk mengetahui jenis-jenis tanaman herbal yang bisa kamu tanam di rumah, simak artikel berikut ini, ya!

Daun Sirih

rudraksha-ratna.com

Salah satu tanaman herbal yang bisa kamu rawat di rumah adalah daun sirih. Tanaman herbal ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut untuk mencegah gigi berlubang. Memiliki kandungan antioksidan tannin yang sangat kaya, tanaman herbal daun sirih pun bermanfaat untuk penyembuhan luka serta dapat membekukan darah sehingga kerap digunakan untuk menghentikan mimisan.

Lidah Buaya

thespruce.com

Tak hanya dapat dijadikan dekorasi di pekarangan rumah dan membantu mengurangi pencemaran udara, lidah buaya pun memiliki banyak manfaat lain, seperti menangkal radikal bebas berkat banyaknya kandungan antioksidan alami di dalam tanaman herbal ini. Selain itu, tanaman herbal lidah buaya juga dapat dipakai untuk mengobati luka bakar, mengatasi masalah sembelit, meningkatkan nafsu makan, hingga memberikan nutrisi pada rambut dan kulit.

Jahe

gardenerspath.com

Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang kerap dipakai untuk pembuatan jamu. Jahe memiliki kandungan senyawa aktif bernama gingerol yang bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, mengobati vertigo, mengatasi nyeri haid, bahkan mencegah pertumbuhan sel kanker usus. Saat hendak mengonsumsi jahe sebagai obat, sebaiknya kamu mengolah jahe yang masih segar. Dengan demikian, tak ada salahnya untuk menanam tanaman herbal jahe di rumah agar lebih mudah saat ingin meraciknya.

Kumis Kucing

specialtyproduce.com

Tanaman herbal selanjutnya adalah kumis kucing yang terkenal memiliki khasiat untuk mengatasi batu ginjal. Tanaman herbal ini bisa kamu tanam di rumah dan dapat dikonsumsi untuk membantu merangsang ginjal agar dapat mengeluarkan urine sekaligus mengeluarkan bakteri yang terdapat pada kandung kemih sehingga penyakit batu ginjal bisa diobati. Tak hanya itu saja, tanaman herbal yang satu ini pun memiliki khasiat untuk mengurangi asam urat, mengobati alergi, hingga mengatasi luka pada kulit. 

Lengkuas

foodsguy.com

Selain dipakai sebagai bumbu masakan, tanaman herbal yang satu ini pun memiliki khasiat yang kaya untuk kesehatan, lho! Tanaman herbal lengkuas bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada perut yang disebabkan oleh radang. Tak hanya itu saja, kandungan analgesik dan antipiretik yang terdapat pada tanaman herbal lengkuas juga dapat digunakan untuk mengurangi demam, mengobati batuk dan bronkitis. 

Kunyit

edenproject.com

Tanaman herbal lain yang kerap juga dijadikan sebagai bumbu dapur adalah kunyit. Tanaman herbal ini mengandung zat kurkumin yang efektif menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit, seperti mengatasi pencernaan, mengobati penyakit kulit, mencegah kanker usus besar, hingga melindungi kesehatan fungsi saraf. 

Serai

medicalnewstoday.com

Memiliki aroma yang harum dan bisa disajikan dengan campuran minuman seperti teh, tanaman herbal serai juga memiliki banyak manfaat untuk meredakan stre kesehatan. Beberapa di antaranya adalah untuk mengobati demam tinggi serta mencegah infeksi pada tenggorokan. Bahkan, tanaman herbal ini pun bisa mengatasi segala macam nyeri yang dirasakan oleh tubuh, lho!

Ketujuh tanaman herbal di atas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan tentu saja bisa kamu tanam sendiri di rumah. Selain informasi di atas, simak juga berbagai referensi lainnya melalui artikel Dekoruma!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma juga menyediakannya untukmu, lho! Ada berbagai macam furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan ruang, seperti lemari dapur, sofa bed, meja makan, kursi bar, atau side table.

Ada juga aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek. Dekoruma jual King Koil, Comforta, dan The Luxe. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!