Ragam Ukiran Bali yang Bisa Kamu Hadirkan di Rumah

Sebagai salah satu tempat pariwisata paling menawan di seluruh dunia, Bali memang menyimpan sejuta pesona eksotis. Tidak terkecuali ukiran Bali yang memang sering dijadikan koleksi oleh para pecinta interior di mana pun.

Ukiran Bali punya ciri khas tersendiri yang penuh makna, jadi tak heran kalau ukiran Bali sering diburu untuk dijadikan dekorasi rumah. Baik untuk hunian style tradisional hingga modern, ukiran Bali tetap bisa menghiasi rumah secara unik, lho. Yuk, intip dulu aneka ukiran Bali dari Kania berikut ini!

Inspirasi Alam pada Ukiran Bali

google.com

Salah satu jenis ukiran Bali yang paling mudah dijumpai adalah yang bernuansa alam. Disebut juga motif Patra dengan ciri khas dedaunan dan motif bunga-bungaan, ukiran Bali ini juga sering menghadirkan gambar hewan yang elegan. Jenis ukiran Bali ini mengambil inspirasi dari alam, termasuk lekukan yang serba indah sebagai tanda keharmonisan dan keseimbangan yang ada. Walaupun sentuhan eksotisnya lebih simpel, tapi kecantikan dari ukiran tradisional ini selalu abadi dan tak mudah lekang oleh waktu. 

Ukiran Bali Style Kekarangan

google.com

Nah, ukiran Bali yang eksotis ini mungkin sudah tidak asing lagi. Dengan bentuk ukiran yang disebut Kekarangan, ukiran Bali ini menampilkan hiasan berupa bentuk bagian kepala makhluk fantasi. Mewakili bentuk hewan burung, ukiran Bali ini menekankan pada kemegahan detail, seperti mata yang besar, rahang yang kokoh, hingga kombinasi yang lebih eksotis. Umumnya, ukiran Bali ini terbuat dari batu dan dijadikan hiasan pada struktur rumah, terutama di bagian sudut.

Filosofi Buddhisme di Ukiran Bali

balitriptips.wordpress.com

Walaupun mayoritas penduduk Bali beragama Hindu, tapi Buddhisme punya akar yang erat pada ukiran Bali. Secara universal, sosok Buddha memang sering dihadirkan lewat patung-patung atau ukiran Bali dari berbagai material. Objek seni ini tidak hanya indah, tetapi juga bisa menjadi sebuah filosofi kebijaksanaan yang bermakna untuk para turis. Ukiran Bali bergaya Buddhisme ini jadi salah satu yang paling populer dan dicari-cari, lho!

Cerita Lewat Ukiran Bali 3 Dimensi

amazon.com

Banyak juga, nih ukiran Bali yang mengambil pendekatan dimensional. Seperti yang diketahui, komunitas pengukir Bali adalah salah satu yang paling mahir dan handal secara global sehingga ukiran Bali dengan sentuhan 3D menjadi wujud kreativitas yang sudah diekspektasi. Ukiran Bali yang demikian bisa hadir dengan berbagai variasi, tetapi umumnya ada pesan dan cerita yang ingin disampaikan sesuai si empunya. Menarik banget, ya? 

Pasangan Serasi Rama Sita

lotussculpture.com

Kisah Rama Sita sering diabadikan dalam bentuk ukuran Bali. Dua tokoh utama dalam kisah pewayangan Ramayana ini jarang absen dalam wujud karya seni ukir Bali yang memang merupakan figur khas Hindu. Ukiran Bali Rama Sita sering menjadi simbol pasangan romantis yang penuh perjuangan cinta. Jadi, ada unsur harmonis dan abadi yang sering menjadikan ukiran Bali Rama Sita sebagai salah satu favorit bagi siapa pun. 

Variasi Dekorasi Ukiran Bali

agoda.com

Memang tidak ada habis-habisnya kalau sudah bicara tentang seni ukiran Bali. Sepanjang kaki menyusuri, setiap daerah Bali selalu memiliki komunitas pengukir yang siap menghadirkan berbagai karya seni menawan. Untuk menambah unsur eksotisme rumah, jangan lupa lirik juga ukiran Bali yang hadir pada aneka dekorasi, mulai dari ukuran yang kecil, sedang, hingga besar. Pilih juga bentuk yang sesuai selera, dijamin koleksi ukiran Bali di rumahmu membuat hati makin senang.

Jadi, dari semua ukiran Bali di atas, kamu pilih yang mana? Atau mungkin ada yang sudah kamu punya? Nggak usah ragu menghadirkan sentuhan ukiran Bali di hunian kamu karena tetap punya ciri khas unik yang penuh kesan.

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma jawabannya! Tersedia aneka furnitur dan dekorasi kekinian untuk hunianmu, seperti meja TV, sofa minimalis, lemari pakaian, dan meja makan.

Tak hanya furnitur, Dekoruma juga jual sprei, selimut, dan set bantal guling dengan banyak model dan ukuran. Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma!