Aneka Ragam Material Kayu untuk Membangun Rumah

Lagi berencana membangun rumah? Pastikan kamu memilih bahan bangunan dengan cermat, ya! Salah satu yang mesti bijak kamu pilih adalah menyortir berbagai opsi material kayu untuk kelengkapan bangunanmu.

Dalam membangun rumah, memang sulit untuk menghilangkan material kayu yang sudah dari dulu dikenal sebagai material konstruksi. Bukan hanya untuk rangka rumah, nyatanya material kayu menjadi bahan penting untuk pembuatan bingkai jendela dan pintu, kusen, dan bagian lainnya.

Kamu pasti berharap rumahmu kokoh dan tidak mudah rusak, bukan? Karena itulah, material kayu yang kamu pilih juga harus kuat. Nah, beberapa jenis material kayu yang sudah Kania siapkan di bawah ini bisa kamu pertimbangkan karena memiliki ketahanan yang baik dan juga awet!

Material Kayu Jati

zameen.com

Ini dia primadona material kayu sedari dulu. Tidak hanya kuat, kayu jati menjadi favorit untuk pembangunan rumah dari zaman dahulu karena jenis material kayu ini tahan terhadap rayap maupun jamur. Dengan keunggulannya tersebut, kayu ini bisa sangat awet karena tidak mudah lapuk atau berlubang. Sifat kayu jati juga stabil sehingga kamu nggak akan menemui masalah penyusutan atau pemuaian kayu karena faktor cuaca yang terlalu panas atau sangat dingin.  

Material Kayu Kamper

pinterest.com

Selain kayu jati, kayu kamper harus masuk ke pertimbanganmu dalam membangun rumah. Material kayu yang memiliki aroma khas ini juga tahan terhadap serangan serangga, seperti rayap. Namun, kayu kamper memiliki bobot yang lebih ringan sehingga lebih cocok untuk dijadikan sebagai bahan untuk membuat pintu, jendela, ataupun bingkainya. Selain ringan dan tahan serangga, material kayu kamper juga relatif murah sehingga bisa menghemat isi dompetmu.

Material Kayu Meranti

rusttoglory.co.uk

Bisa dibilang material kayu ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Awet, kuat, dan punya struktur yang keras, kayu meranti cocok dijadikan bahan dasar untuk berbagai keperluan pembangunan rumah. Mau dijadikan bahan dasar untuk rangka atap, bisa. Mau diolah untuk material pembuatan kusen pintu atau jendela juga tidak masalah.

Material Kayu Gaharu

google.com

Kamu harus menyiapkan dana lebih jika memilih material kayu yang satu ini untuk membangun rumah. Soalnya, kayu gaharu memiliki harga yang relatif lebih mahal. Meskipun begitu, kamu tidak akan kecewa dengan material kayu ini karena gaharu sangat kokoh dan tidak mudah lapuk.

Dari sisi tampilan, kayu asal Kalimantan ini memiliki warna kehitaman. Dengan demikian, selain cocok untuk material bangunan, kayu gaharu juga bisa dijadikan bahan dasar untuk pembuatan beragam perabot rumah tangga.

Material Kayu Bengkirai

google.com

Ini dia jenis material kayu yang bisa kamu pilih untuk beragam konstruksi berat. Kayu bengkirai adalah jenis kayu yang kuat dan tahan cuaca. Soal kekuatannya sendiri, kayu bengkirai bahkan hampir sama dengan kayu jati. Untuk pembuatan bangunan atas rumah, decking rumah, ataupun gedung, material kayu ini adalah pilihan yang tepat!

Material Kayu Kelapa

pinterest.com

Kayu kelapa adalah material kayu yang relatif mudah dibuat menjadi balok-balok. Karena alasan inilah, material kayu ini sering dijadikan pilihan untuk pembuatan tiang penyangga atap rumah. Namun ingat, tidak semua kayu dari pohon kelapa cocok dijadikan bahan dasar konstruksi rumah. Hanya kayu kelapa yang sudah berumur di atas 60 tahun yang dinilai layak menjadi bahan bangunan.

Material Kayu Sonokeling

google.com

Mau menghadirkan kesan mewah di rumahmu? Cobalah membuat kusen pintu dan jendela dari material kayu sonokeling. Material kayu yang satu ini memiliki corak gelap dengan balur kehitaman yang memberi kesan eksotis dan mewah. Soal kekuatan dan keawetannya, kayu yang sering dibilang rosewood-nya Indonesia ini juga tidak perlu kamu ragukan!

Pemilihan material kayu yang tepat bisa membuat bangunanmu lebih kokoh dan berkelas. Kalau bangunanmu sudah jadi, jangan ragu pula menjadikan kayu sebagai bahan dasar berbagai furnitur di hunianmu!

Bingung bagaimana mendesain isi rumahmu dengan perabot kayu agar nyaman ditinggali dan memukau semua orang? Kamu bisa, lho melihat berbagai inspirasi desain interior di Dekoruma. Bahkan, kamu juga bisa langsung meminta bantuan dari tim desain interior Dekoruma.

Tak hanya jasa desain interior, Dekoruma juga jual perabotan, seperti alat kebersihan dan peralatan elektronik rumah tangga. Selamat mewujudkan rumah impian!