Mengenal Pondasi Tapak

Ada banyak jenis pondasi yang bisa digunakan saat membangun rumah. Salah satunya adalah pondasi tapak yang umum digunakan pada bangunan bertingkat karena efektif menjaga beban dan dapat membuat bangunan tetap stabil.

Pada artikel ini, Kania akan memberikan informasi mengenai serba-serbi dari pondasi tapak yang harus kamu ketahui agar proses pembangunan rumah bisa dilakukan secara maksimal dan membuat bangunan lebih kokoh. Untuk mengetahui penjelasan mengenai pondasi tapak, simak artikel di bawah ini, ya!

Apa Itu Pondasi Tapak?

surrey.ca
 

Secara umum, pondasi tapak dibuat menggunakan beton bertulang dan dibentuk menyerupai telapak yang terletak di bagian bawah tiang. Pondasi tapak sangatlah umum digunakan pada bangunan bertingkat yang dibuat di atas tanah lembek karena berfungsi sebagai tumpuan dari struktur kolom.

Dalam pembuatannya, pondasi tapak biasanya dibuat lebih besar ketimbang ukuran kolom pada bagian atasnya supaya dapat meneruskan beban ke lapisan tanah secara optimal. Sementara itu, kedalaman pondasi tapak pun akan disesuaikan menurut keberadaan tanah keras sehingga pembuatan bangunan menjadi lebih stabil dan aman. 

Bahan Pembuatan Pondasi Tapak

youtube.com

Untuk membuat pondasi tapak diperlukan beberapa bahan yang sangat mudah ditemukan di pasaran. Adapun, bahan utama yang perlu disiapkan di antaranya adalah pasir beton, besi beton, semen, papan kayu untuk digunakan sebagai cetakan, serta batu pecah dengan ukuran sekitar 3 cm atau menggunakan kerikil yang memiliki ukuran sama.

Jenis-jenis Pondasi Tapak

dreamstime.com
 

Pondasi tapak juga terdiri dari berbagai jenis yang bisa kamu sesuaikan berdasarkan bangunan ataupun kondisi tanah. Jenis pertama adalah pondasi tapak setempat dengan karakter telapak berbentuk persegi dan berfungsi untuk meningkatkan keseimbangan pada bangunan. Selain itu, ada pula pondasi tapak dinding yang memiliki fungsi untuk menahan dinding yang bertumpu pada pondasi.

Jenis lainnya adalah pondasi tapak gabungan yang dapat menopang dua kolom atau lebih secara sekaligus. Ada pula pondasi tapak pelat dengan telapak berukuran besar untuk menahan beban pada seluruh kolom ataupun dinding pada bangunan, serta pondasi tapak tiang pancang yang dapat meneruskan beban konstruksi bangunan secara efektif ke tiang yang dipancangkan di dalam tanah.  

Kelebihan Pondasi Tapak

pinterest.com
 

Ketimbang jenis pondasi lainnya, pondasi tapak memiliki sejumlah kelebihan. Kelebihan yang pertama adalah biaya pembuatan yang cenderung lebih murah. Kedua, proses pengerjaannya pun lebih mudah karena tak perlu dilakukan penggalian tanah yang terlalu dalam.

Selain itu, memasang pondasi tapak juga memerlukan proses yang lebih sederhana karena pengecoran bisa dilakukan di lubang galian. Pondasi tapak juga memiliki kemampuan untuk menahan beban bangunan mencapai 4 lantai, serta daya dukung yang tahan lama.

Kekurangan Pondasi Tapak

youtube.com

Meskipun memiliki banyak kelebihan, tapi pondasi tapak juga memiliki sejumlah kekurangan yang sebaiknya kamu ketahui. Kekurangan pertama adalah proses pengeringan beton yang memakan waktu cukup lama agar bisa dipindahkan ke posisi lubang pondasi. Sedangkan, jika kamu membuat pondasi di luar lubang galian, waktu yang diperlukan pun tergolong lebih lama karena proses pengerjaannya harus dilakukan menggunakan cetakan.

Kekurangan lainnya, proses pembuatan pondasi tapak memerlukan keahlian khusus. Selain itu, proses pengerjaannya pun harus dilakukan lebih awal dari pengerjaan bangunan karena proses pengeringan umumnya memerlukan waktu sekitar satu bulan sebelum dapat digunakan.

Demikianlah serba-serbi mengenai pondasi tapak yang wajib kamu ketahui agar proses pembuatannya lebih maksimal dan sesuai dengan kebutuhan. Selain informasi di atas, simak juga berbagai referensi melalui artikel Dekoruma yang siap membantu kamu untuk membangun rumah impian!

Kamu sedang mencari furnitur untuk hunian? Dekoruma juga menyediakannya, lho! Ada barbagai jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, seperti meja makan, sofa, dan kasur. Selain furnitur, Dekoruma juga jual panci, kompor, spatula, wajan, dan peralatan masak lainnya. Lengkap banget, ‘kan?

Nah, buat kamu yang sedang mencari properti untuk tempat tinggal atau investasi, kamu bisa kunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak sekali pilihan rumah ataupun apartemen dari berbagai daerah di Jabodetabek. Kamu bisa menemukan rumah dijual Tangerang Selatan, apartemen dijual di Jakarta Barat, atau rumah baru di Bekasi. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!