Mengenal Anggrek Hitam Lebih Dalam

Bunga anggrek merupakan salah satu flora kebanggaan Indonesia. Nampaknya mustahil kalau ada yang belum pernah melihat bunga ini. Jenis bunga anggrek sendiri ada banyak dan sering menghiasi rumah-rumah di Tanah Air. Namun, salah satu yang menarik perhatian adalah anggrek hitam (Coelogyne pandurata).

Lantas, apakah anggrek hitam ini warnanya benar-benar hitam? Yuk, kenalan lebih lanjut dengan si bunga cantik yang eksotis dan menawan melalui pembahasan dari Kania di bawah ini!

Karakteristik Anggrek Hitam

orchidweb.com

Anggrek hitam pada dasarnya tidak benar-benar berwarna hitam. Warna hitamnya hanya ada pada bagian labellum atau lidah bunga. Bagian ini diselingi dengan garis-garis hijau dan memiliki bulu tipis. Bagian kelopaknya berwarna hijau muda dan diameter bunganya bisa mencapai 10 cm.

Bunga anggrek hitam memiliki dua lembar daun yang bentuknya mirip seperti daun tunas kelapa muda. Panjang daun bisa mencapai 40 cm dengan lebar 10 cm. Tandan flora ini bisa tumbuh hingga 20 cm dengan jumlah bunga mencapai 14 kuntum per tandan. Anggrek hitam biasanya mekar pada bulan Maret hingga Juni. Pada saat itu pula, tercium aroma yang semerbak dan khas.

Habitat Asli

blogspot.com

Bunga anggrek hitam merupakan maskot flora Kalimantan Timur. Kamu bisa menemukan tanaman bunga cantik nan eksotis ini di Kalimantan, Sumatera, dan Semenanjung Malaya. Sayang, populasinya kian menurun akibat luas habitat aslinya menyusut. Meski begitu, bunga ini masih bisa dijumpai di Cagar Alam Kersik Luway.

Pertumbuhan Anggrek Hitam

google.com

Spesies anggrek yang juga disebut sebagai anggrek Kersik Luway ini tergolong sebagai sympodial. Anggrek hitam tumbuh membentuk rumpun. Masing-masing tanaman akan terhubung dengan akar tinggal atau rhizoma.

Tunas yang baru tumbuh akan muncul dari tanaman sebelumnya secara mendatar dan tumbuh ke atas. Tunas ini akan membesar di bagian batang dan membentuk umbi semu. Fungsinya untuk penyimpanan air dan cadangan makanan.

Anggrek ini dapat ditanam menggunakan pot dengan media tanam arang dan pakis. Alternatif lain adalah dengan menempelkannya pada pakis lempeng atau glondongan.

Flora yang Dilindungi Hukum

google.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, anggrek hitam kini terancam punah. Oleh karena itu, ada hukum yang melindunginya, yaitu UU No. 5 Tahun 1990 dan Lampiran PP No. 7 Tahun 1999. Setiap orang dilarang untuk mengambil, menebang, memiliki, merusak, memusnahkan, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan tumbuhan yang dilindungi atau bagian-bagiannya dalam keadaan hidup atau mati.

Setiap orang juga dilarang mengeluarkan tumbuhan yang dilindungi atau bagian-bagiannya dalam keadaan hidup atau mati dari suatu tempat di Indonesia ke tempat lain di dalam atau luar Indonesia. Pelanggar undang-undang ini akan dikenai sanksi berupa denda dan pidana kurungan.

Untuk menambah populasi anggrek hitam dan mencegah kepunahan, pihak Kebun Raya Bogor tengah mengupayakan pengembangbiakan secara vegetatif dan kultur invitro. 

Hoaks Anggrek Hitam Asal Papua

google.com

Beberapa waktu lalu, sempat beredar informasi bahwa ada tanaman anggrek berwarna hitam total berasal dari Papua. Anggrek ini disebut-sebut sangat langka, bahkan di habitatnya sekali pun. Ada pula yang mengatakan kalau anggrek ini dihargai hingga ratusan juta. Namun, pihak BBKSDA Papua Barat di bawah naungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah mengklarifikasi bahwa informasi tersebut adalah hoaks alias berita yang tidak benar. Satu-satunya anggrek hitam yang diakui di Indonesia adalah anggrek hitam asal Kalimantan.

Si cantik yang eksotis ini cukup unik dibandingkan anggrek lainnya, ya? Oleh karena itu, mari dukung pemerintah dalam upaya melestarikan anggrek hitam. Semoga lekas bertambah populasinya sehingga kita bisa bebas memeliharanya di rumah!

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Beberapa di antaranya, ada artikel inspirasi desain rumah minimalis, tips menghilangkan karat pada besi, cara mengatasi wc mampet, hingga ragam rumah adat di Indonesia.

Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka jenis furnitur untuk hunianmu. Dekoruma jual kasur, sofa, meja makan, rak buku, hingga jual meja kerja. Ada pula kotak penyimpanan, baik berbahan rotan maupun plastik yang tentunya aman untuk kesehatan penghuni.

Lebih dari itu, tersedia juga jasa desain rumah, khususnya bagian interior dari Dekoruma. Harganya terjangkau, desainnya space-saving, prosesnya pun jelas dan transparan. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!