Inspirasi Pintu Kayu Unik dan Modern untuk Semua Hunian

Pintu adalah elemen penting yang dibutuhkan setiap hunian. Fungsinya untuk meningkatkan keamanan serta menambah nilai estetika. Pintu yang terbuat dari kayu selalu menjadi pilihan masyarakat. Pasalnya, material kayu mudah ditemukan dan harganya terjangkau, misalnya saja kayu dari pohon gaharu atau pinus. 

Pintu kayu yang identik dengan nuansa hangat juga cocok untuk semua desain rumah. Nah, berikut ini, Kania sudah meyiapkan beragam inspirasi model pintu kayu yang unik dan modern. Kalau untuk rumahmu, kira-kira model pintu kayu mana yang paling cocok, ya dari semua desain di bawah ini?

Pintu Kayu dengan Aksen Horizontal

home-designing.com

Model pintu kayu yang pertama memiliki bentuk persegi panjang, bagaikan pintu pada umumnya. Namun, tampilannya cukup memukau karena aplikasi pegangan pintu dari tiang yang berukuran besar. Di sisi kanannya, terdapat aksen berupa lis kayu yang disusun secara horizontal. Warna alami kayu yang tidak seragam membuatnya terlihat unik dan dinamis. Kamu pun bisa menambahkan aneka tanaman hias di sekitar pintu kayu untuk memperkuat sentuhan alaminya.

Pintu Geser Ala Rustic

pinterest.com

Membuka-tutup pintu di rumah mungil seringkali terasa merepotkan. Namun, hal tersebut tidak akan kamu rasakan jika menggunakan pintu kayu geser seperti ini. Modelnya ala rustic dengan ciri khas bentuk yang tidak rata. Pintu kayu ini dibuat dengan warna cokelat muda. Tidak hanya cocok untuk semua desain rumah, tapi juga untuk aneka warna dinding.

Warna Maroon, Tetap Estetik

contentstack.io

Penggunaan pintu kayu tidak selalu harus menampilkan warna aslinya, seperti model pintu kayu yang dicat dengan warna maroon ini. Tampilannya tetap estetik dan nuansa hangat material kayu tetap hadir. Pintu ini pun tampil kontras dengan dinding di sekitarnya. Di bagian samping pintu terdapat aksen berupa jendela mungil dari kaca susu. Model pintu kayu ini cocok untuk semua desain rumah, tapi paling pas untuk rumah bergaya klasik dan Mediterania.

Model Pintu dengan Ukiran Minimalis

housing.com

Salah satu aksen yang paling umum digunakan pada pintu kayu adalah ukiran. Aksen ini sangat beragam bentuknya, termasuk yang minimalis seperti ini. Ukirannya membentuk balok-balok yang tersusun vertikal. Kalau pintu kayu ini berdiri sendiri, tampilannya minimalis. Namun, kalau disandingkan dengan material kaca, tampilannya jadi lebih modern. Unik banget, ya?

Pintu Kayu Simetris

homestratosphere.com

Rumah yang berukuran besar wajib memiliki pintu besar juga supaya tampil seimbang. Biasanya, model pintu kayu yang simetris dengan dua bukaan ini menjadi pilihan utama. Modelnya melengkung di bagian atas dan pegangan pada daun pintu berukuran besar. Jangan lupa padukan dengan material kaca supaya tampil mewah.

Material Tradisional dengan Sistem Modern

behr.com

Material kayu memang identik dengan kesan yang tradisional. Namun kenyataannya, pintu kayu masih digunakan hingga modern ini. Bahkan, sah-sah saja kalau kamu mau memadukan pintu kayu dengan sistem modern, yaitu kunci berupa PIN atau sidik jari. Misalnya, model pintu yang desainnya sederhana ini. Aksen dekorasinya berupa empat buah lubang kotak di atas pintu yang menjadi jalur pencahayaan alami. Material kayunya sendiri dibiarkan tampil dengan motif naturalnya.

Motif Herringbone yang Unik

jennieanddavis.blog

Bosan dengan model pintu kayu yang terlalu polos? Kalau begitu, coba gunakan pintu kayu yang memiliki motif herringbone alias tulang ikan, seperti inspirasi di atas. Potongan-potongan kayu disusun dengan kemiringan 45 derajat di sisi kanan dan kiri. Karena potongan kayunya berukuran kecil, tampilannya jadi semakin unik. Model pintu ini bisa kamu hadirkan untuk desain rumah minimalis, modern, klasik, kontemporer, hingga rustic.

Motif Garis-garis Bernuansa Bold

vanacht.co.za

Model pintu kayu yang terakhir ini dikombinasikan dengan material besi. Material kayunya dibuat dengan pola garis-garis. Warna material kayunya sendiri sudah amat cantik, yaitu kuning kecokelatan dengan warna serat yang lebih tua. Besinya menggunakan warna hitam dan berfungsi sebagai kerangka pintu. Material besi ini membuat tampilan pintu kayu jadi lebih bold alias tegas.

Dari kedelapan model pintu kayu tadi, mana yang paling kamu suka? Di samping modelnya, pastikan juga kamu memilih material kayu terbaik untuk pintu rumahmu, ya!

Terakhir, jangan lupa lengkapi juga rumahmu dengan aneka furnitur dari Dekoruma, ya! Ada banyak jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual sofa, coffee table, kursi makan, hingga rak display.

Nah, kalau kamu butuh kasur baru, Dekoruma juga jual kasur Serta, King Koil, dan Comforta, tiga merek kasur ternama dengan material berkualitas. Ada juga kasur jenis spring bed. Dekoruma jual spring bed Dunlopillo dan Alga. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!