Mengenal Jenis-Jenis Rumah Adat Sunda

Siapa yang masih berpikir bahwa satu suku di Indonesia cuma memiliki satu model rumah adat? Kenyataannya banyak suku di Indonesia yang memiliki beragam jenis rumah adat dengan makna yang dalam. Salah satunya adalah suku Sunda yang ternyata memiliki jenis rumah adat Sunda lebih dari lima!

Jenis-jenis rumah adat Sunda beraneka rupa, tergantung pada fungsinya. Namun, perbedaan tiap jenis rumah adat Sunda dapat dengan mudah dikenali lewat bentuk pintu dan atapnya.

Kamu penasaran apa saja jenis rumah adat dari suku di Jawa Barat ini? Yuk, intip beragam jenis rumah adat Sunda yang penuh dengan sejarah bersama Kania! Karena bentuk-bentuknya yang unik, kamu juga bisa lho mempertimbangkan model rumat adat Sunda di bawah ini untuk menjadi bagian arsitektur rumahmu.

Rumah Adat Sunda “Kasepuhan”

infogtk.org

Rumah adat Sunda yang satu ini cocok buat kamu yang mau membuat rumah dengan model sangat eksotis. Rumah adat Sunda Kasepuhan mengambil konsep keraton, di mana memiliki gerbang utama yang mirip dengan gerbang-gerbang pura Bali. Atap rumah adat ini pun umumnya selalu disangga dengan empat tiang.

Rumah Adat Sunda “Jolopong”

google.com

Jolopong merupakan jenis rumah adat Sunda yang sampai saat ini masih banyak ditemukan di desa-desa Jawa Barat, khususnya di kawasan Garut. Ciri khas dari rumah adat Sunda Jolopong terletak di bagian atapnya yang berbentuk pelana panjang. Nama Jolopong sendiri diambil dari keunikan bangunan ini yang membiarkan area teras kosong tanpa perabotan. Jika ada tamu, barulah penghuni rumah Jolopong akan menggelar tikar di area tersebut.

Rumah Adat Sunda “Parahu Kumureb”

google.com

Sesuai namanya, rumat adat Sunda yang satu ini mengacu pada bentuk atap rumah yang menyerupai perahu terbalik. Ada dua bentuk utama dari atap rumah adat Sunda Parahu Kumureb. Bentuk pertama menyerupai trapesium di bagian depan dan belakang rumah. Sementara, pada bagian sisi kanan dan kiri, bentuk ruangan menyerupai segitiga sama sisi.

Rumah Adat Sunda “Badak Heuay”

basasunda.com

Arti nama Badak Heuay adalah bak yang menguap. Nama ini diambil karena bagian atap dari rumah adat Sunda ini sepintas terlihat seperti binatang yang sedang menganga. Bentuk atap rumah adat Sunda yang satu ini tidaklah simetris. Salah satu sisi atap dibuat lebih tinggi dan satunya lebih rendah. Jenis rumah adat Sunda Badak Heuay banyak ditemui di kawasan Sukabumi, Jawa Barat.

Rumah Adat Sunda “Togog Anjing”

infogtk.org

Bisa dibilang, jenis yang satu ini adalah model minimalisnya rumah adat Sunda. Rumah Togog Anjing kerap menggunakan anyaman bambu dan konstruksi yang simpel juga terkesan hangat. Keunikan lain dari rumah adat Sunda yang satu ini terlihat dari desain atap gandanya. Atap bagian atas berbentuk segitiga. Lalu, ada pula atap yang menyambung dari bagian atap atas dan mejorok ke bagian depan dengan bentuk mendatar. Jenis dari atap rumah adat Sunda ini kerap disebut dengan istilah sorondoy.

Rumah Adat Sunda “Jubleg Nangkub”

google.com

Bentuk rumah adat Sunda yang satu ini kerap disandingkan dengan model rumah Parahu Kumureb karena bentuknya yang hampir mirip. Hanya saja, perbedaannya dapat terlihat di bagian atap karena rumah adat Sunda Jubleg Nangkub memiliki atap yang terlihat lebih bertumpuk. Rumah adat Sunda yang satu ini masih bisa kamu temukan di beberapa kawasan daerah Sumedang.

Rumah Adat Sunda “Capit Gunting”

facebook.com

Rumah adat Sunda ini dinamakan Capit Gunting karena model atapnya membentuk huruf “X” dan menyerupai sebuah gunting yang sedang dalam posisi menyilang. Bahan utama atap biasanya menggunakan daun kering sehingga bagian dalam rumah terasa sejuk. Rumah Capit Gunting termasuk rumah adat Sunda yang paling kuno sehingga sudah jarang ditemui saat ini.

Rumat Adat Sunda “Julang Ngapak”

rimbakita.com

Ini dia rumah adat Sunda yang paling tua dan sudah sangat jarang ditemui pada masa modern saat ini. Nama Julang Ngapak sendiri mengacu pada bagian atap rumah yang memiliki tiang kecil berbentuk huruf “V” sehingga terlihat seperti burung yang sedang mengepakkan sayapnya. Umumnya, model rumah adat Sunda yang satu ini digunakan untuk melakukan ritual pertanian.

Dari beragam rumah adat Sunda di atas, kira-kira mana yang paling kamu sukai? Yuk, coba membuat arsitektur rumah yang terinspirasi dari rumah adat Sunda di atas!

 Temukan aneka furnitur dan dekorasi menarik untuk hunianmu di Dekoruma! Ada berbagai macam furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan ruang. Misalnya, untuk kamar tidur, Dekoruma jual kasur, side table, meja rias, dan tempat tidur. Untuk ruang kerja, Dekoruma jual kursi kantor dan meja kerja yang ergonomis. 

Tak hanya furnitur saja, Dekoruma juga jual perlengkapan kamar mandi, seperti shower head, handuk, dan keset. Tunggu apa lagi? Buruan cek laman Dekoruma dan cari semua keperluan rumahmu!