Langkah-Langkah Cara Menanam Kangkung untuk Pemula

Memelihara berbagai tanaman di pekarangan rumah kini kembali menjadi tren. Berbagai tanaman hias pun bisa dengan mudah terlihat mewarnai pekarangan rumah orang-orang, mungkin juga termasuk kamu. Namun, pernahkah kamu berpikir untuk mencari cara menanam kangkung ataupun sayuran lainnya?

Menanam kangkung ataupun sayuran lainnya di rumah tidak hanya bisa membuat halaman menjadi lebih hijau dan enak dipandang mata. Lebih daripada itu, menanam sayur-sayuran dapat menjadi cara ampuh untuk menghemat pengeluaran. Jika kamu sukses menanam sayuran di rumah, kamu pun bisa meminimalkan biaya pembelian sayur untuk menjadi bahan makanan sehari-hari.

Buat kamu yang pemula dan tidak pernah menanam sayur sebelumnya, kangkung sangat dianjurkan untuk ditanam di pekarangan rumahmu. Cara menanam kangkung bisa dibilang termasuk mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Kangkung juga tidak membutuhkan pekarangan luas untuk lahan penanamannya. Jadi, bagaimana cara menanam kangkung yang efektif? Ikuti langkah-langkah dari Kania di bawah ini, ya!

Beli Benih Berkualitas

google.com

Semua cara menanam kangkung yang sudah kamu upayakan akan gagal dan berakhir kecewa kalau kamu salah membeli benih. Pastikan kamu memilih benih kangkung berkualitas unggul. Pastikan pula benih tersebut bebas dari hama ataupun penyakit. Kamu bisa membeli benih kangkung yang berkualitas di toko-toko pertanian. Tidak ada salahnya juga berkonsultasi dengan penjual untuk mendapat saran benih kangkung yang baik itu seperti apa.

Gemburkan Tanah

leafly.com

Benih sudah ada? Saatnya mulai melakukan cara menanam kangkung dengan mempersiapkan lahan.  Untuk menanam sayuran yang satu ini, kamu mesti menggemburkan tanah dan membuat gundukan dengan lebar kira-kira satu meter. Panjangnya sendiri bergantung pada seberapa banyak benih kangkung yang mau kamu tanam. Hanya saja, tiap tanaman kangkung sekiranya diberi jarak 40 sentimeter. Jangan lupa, bersihkan dahulu tanah yang mau kamu gemburkan dari rumput liar ataupun gulma.

Taburi Pupuk

biogreenchoice

Nah, jika tanah sudah digemburkan, langkah selanjutnya dalam cara menanam kangkung adalah menambahkan pukuk ke tanah tersebut. Dalam cara menanam kangkung ini, pupuk terbaik yang dapat digunakan adalah pupuk kandang. Namun, sebaiknya pemberian pupuk kandang dilakukan setelah tiga sampai lima hari setelah proses penggemburan tanah. Tujuannnya supaya kandungan asam di tanah tersebut tidak terlalu tinggi.

Buat Lubang Tanam

google.com

Menggemburkan tanah sudah, menaburi pupuk juga sudah. Lalu, bagaimana cara menanam kangkung dengan memakai benih yang sudah ada?

Nah, cara menanam kangkung bukanlah disebar, melainkan kamu harus membuat lubang terlebih dahulu untuk menaruh benih yang sudah kamu persiapkan. Kamu hanya perlu membuat lubang tanah dengan kedalaman 5 sentimeter. Jangan lupa beri jarak antarlubang penanaman sekitar 15—20 sentimeter, ya!

Lakukan Penanaman

accesodirecto.com

Kini, saatnya kamu mulai melakukan penanaman! Dari lubang yang sudah ada, kamu cukup masukkan tiga sampai lima benih kangkung berkualitas unggul yang sudah kamu miliki. Setelah itu, tutupi lubang tersebut dengan tanah, tapi jangan terlalu banyak.

Jangan lupa pula campur dahulu tanah penutup dengan pupuk kandang supaya tanaman hortikultura kamu ini bisa tumbuh lebih subur. Saat menerapkan cara menanam kangkung ini, pastikan kamu melakukan penanaman dengan teknik zig-zag agar nanti ketika kangkung mulai berdaun dan tumbuh, tiap pohon tidak bertabrakan.

Jangan Lupa Sirami

telegraph.co.uk

Menanam kangkung sebaiknya dilakukan ketika musim hujan. Namun, kalau kamu ingin menanamnya saat musim kering, jangan lupa untuk rajin menyiramnya dengan air, ya! Cara menanam kangkung yang baik adalah dengan melalukan pengairan setiap hari.

Buang Kangkung yang Jelek

starfarm.co.id

Ketika benih mulai tersemai, kamu akan bisa melihat mana tanaman yang sehat dan mana yang tidak. Jika kamu menemukan semaian yang kurang sempurna, jangan ragu-ragu untuk langsung membuangnya. Mungkin kamu merasa sayang ketika dalam cara menanam kangkung, kamu mesti membuang semaian yang kurang baik. Namun, hal ini harus dilakukan untuk menjaga tanaman yang lain tetap sehat dan bisa dipanen sempurna nantinya.

Rutin Bersihkan dan Memberi Pupuk

google.com

Selain menyiram tanaman kangkung, kamu juga harus rajin membersihkan area tempat menanam sayuran ini. Cara menanam kangkung dengan pembersihan ini bertujuan untuk melindungi pertumbuhannya agar selalu sehat. Jangan lupa pula beri pupuk susulan agar kesuburan tanah terjaga.

Untuk pupuk susulan ini, kamu tidak harus menggunakan pupuk kandang. Kamu juga dapat memakai pupuk urea dengan takaran 15 gram per meter lahan. Pemupukan ulang ini bisa dilakukan 10 hari sejak waktu pembibitan.

Tunggu Waktu Panen

kampustani.com

Sekarang, kamu hanya tinggal menunggu waktu panen. Kira-kira dari waktu menanam benih sampai akhirnya panen, jaraknya sekitar 30 hari. Tidak usah takut gagal! Kalau cara menanam kangkung sudah benar dan runut, bisa dipastikan hasil panennya pun akan baik dan memuaskan.

Tidak sulit bukan mempraktikkan cara menanam kangkung untuk pemula? Halaman rumah yang belum tersentuh garapan pun bisa kamu jadikan lahan untuk mulai menanam sayur agar menghemat biaya masak harian. Selain langsung di tanah, kamu juga bisa melakukan cara menanam kangkung menggunakan pot, lho! Tentu saja pilih pot yang unik dan cantik supaya pekarangan rumahmu makin menawan. Selamat mengikuti cara menanam kangkung di atas!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Di Dekoruma, tersedia banyak furnitur multifungsi dan space-saving yang tersedia dalam berbagai ukuran, seperti rak sepatu, meja rias, sofa minimalis, dan lemari pakaian.

Tak hanya itu, Dekoruma juga jual gunting, wajan, kompor, dan peralatan masak lainnya. Lengkap banget, ‘kan?

Nah, buat kamu yang sedang mencari properti hunian untuk tempat tinggal atau investasi, kamu bisa kunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak sekali pilihan rumah ataupun apartemen dari berbagai daerah di Jabodetabek. Kamu bisa menemukan rumah dijual di Bekasi, apartemen dijual di Jakarta Barat, atau rumah baru di Tangerang. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!