Tips dan Trik Membuat Tabulampot Cepat Tumbuh

Tabulampot atau tanaman buah dalam pot telah lama digunakan sebagai metode untuk menanam buah di lahan yang sempit. Solusi ini juga sangatlah cocok diadopsi oleh kamu yang tinggal di kawasan perkotaan yang kesulitan mendapatkan lahan untuk menanam buah.

Akan tetapi, tak semua tabulampot dapat menghasilkan buah. Karenannya, terdapat sejumlah cara yang perlu kamu lakukan dalam menanam tabulampot. Nah, pada artikel ini Kania akan mengajak kamu untuk mengikuti tips membuat tabulampot agar cepat berbuah. Apa sajakah itu?

Kenali Jenis Tanaman

iluvorganics.com
 

Sebelum membuat tabulampot, kamu harus mengenali karakter buah yang akan ditanam. Adapun, buah seperti jeruk, mangga, belimbing, sawo, dan jambu tergolong cepat berbuah saat ditanam dalam metode tabulampot. Sementara itu, tanaman seperti rambutan, duku, manggis, dan kelengkeng cenderung lebih sulit berbuah di dalam lingkungan tabulampot.

Pemilihan Media Tanam Tabulampot

heartsapp.com

Dalam pembuatan tabulampot, kamu bisa menyiapkan media tanam yang terdiri dari campuran tanah, pupuk kompos, serta arang yang jumlahnya sama besarnya. Namun, jika bahan media tanam yang kamu siapkan dirasa terlalu asam sifatnya, kamu bisa mencampurkan kapur dolomit agar pertumbuhan tanaman lebih optimal. 

Siapkan Pot untuk Tabulampot

immediate.co.uk
 

Selain memilih media tanam yang tepat, penggunaan pot yang sesuai dengan ukuran tanaman pun menjadi kunci agar tabulampot lebih cepat berbuah. Kamu bisa memilih pot yang terbuat dari tanah liat, plastik, semen, kayu, maupun logam yang dilengkapi dengan kaki untuk memisahkan dasar pot dengan tanah. 

Lakukan Penyiraman dengan Rutin

pinterest.com
 

Tabulampot juga perlu kamu siram secara rutin setiap harinya pada pagi ataupun sore hari. Jika kamu melihat bahwa tabulampot yang kamu rawat tampak kering, kamu pun wajib menyiramnya secara langsung, baik itu menggunakan gembor ataupun selang air.

Lakukan Pemangkasan Tabulampot

fantasticgardenersmelbourne.com.au
 

Nah, supaya tabulampot cepat berbuah, kamu pun dapat melakukan pemangkasan. Kamu bisa melakukan pemangkasan sesuai bentuk untuk mengatur postur tanaman agar seluruh bagiannya terkena sinar matahari. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pemangkasan tabulampot yang dilakukan terhadap tunas untuk merangsang bunga serta pemangkasan yang dilakukan pada tanaman tua.

Lakukan Pemupukan Secara Rutin

homegardenandhomestead.com 

Selain menyiramnya secara rutin, proses pemupukan tabulampot pun perlu kamu lakukan secara disiplin. Tabulampot dapat kamu berikan pupuk pertama kali setelah melewati proses penanaman dalam satu bulan. Setelah itu, lakukan proses pemupukan dalam waktu tiga bulan sekali. 

Hilangkan Hama agar Tabulampot Tumbuh Optimal

morningchores.com
 

Kamu juga harus menghilangkan hama agar pertumbuhan tabulampot lebih optimal. Pencegahan hama ini bisa kamu lakukan dengan membersihkan area tanaman dari gulma ataupun semak. Namun, jika tabulampot sudah terserang hama, kamu bisa memanfaatkan pestisida organik serta menghilangkan serangga ataupun memangkas dahan yang terkena penyakit agar tidak menjalar.

Ganti Media Tanam dan Pot Tabulampot

brightspotcdn

Jika ukuran tabulampot sudah mulai membesar, kamu sebaiknya memindahkannya ke pot baru dengan ukuran yang lebih sesuai. Proses pemindahan ini bisa bersamaan dengan penggantian media tanam agar hasilnya lebih maksimal. Ketika melakukan pemindahan tabulampot, kamu pun bisa memangkasnya, seperti pada bagian batang dan daun untuk mengurangi penguapan serta pada bagian akar yang terlalu panjang supaya media tanam tidak terlalu padat.

Beberapa tips yang Kania sebutkan di atas bisa kamu coba untuk mengoptimalkan tabulampot supaya tumbuh optimal dan cepat berbuah. Tertarik membuat tabulampot di rumah? Satu hal yang tidak boleh diabaikan, pastikan kamu mengetahui aturan merawat tanaman buah dalam pot yang benar, ya. Selamat mencoba!

Kamu sedang mencari furnitur baru? Kamu bisa membelinya di toko furniture online yaitu Dekoruma. Dekoruma menyediakan berbagai macam furnitur multifungsi dan space-saving untuk melengkapi hunianmu. Dekoruma jual meja makan, sofa bed, meja TV, dan masih banyak lagi.

Selain furnitur, Dekoruma juga jual alat rumah tangga esensial, seperti alat kebersihan dan beberapa elektronik rumah tangga. Lengkap banget, ‘kan?

Eitss.. tak hanya sampai di situ saja. Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui Dekoruma Properti, lho! Ada banyak pilihan rumah baru dan rumah dijual dengan harga terbaik yang bisa kamu pilih dari berbagai wilayah di Jabodetabek. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!