7 Material Backsplash Dapur yang Ekstra Estetik

Tahukah kamu bahwa backsplash dapur sangat menentukan penampilan interior dapur? Ya, di samping fungsi utamanya untuk melindungi dinding dapur dari berbagai cipratan saat memasak, seperti air, kotoran, dan minyak, backsplash juga memiliki fungsi dekoratif.

Nggak hanya itu, backsplash juga menjadi bagian yang akan menemani aktivitas kamu saat memasak atau bahkan sekadar membuat kopi di dapur. Otomatis, backsplash dapur wajib tampil cantik dan memukau!

Nah, pilihan material untuk backsplash sendiri ada banyak. Semua bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kondisi ruangan. Untuk mengetahui macam-macam material backsplash dapur, langsung saja simak ulasan Kania di bawah ini, yuk!

Backsplash Dapur Keramik

dekoruma.com

Material backsplash yang paling umum digunakan adalah keramik. Meski sederhana, tapi dijamin kamu tidak akan bosan dengan backsplash keramik karena sifatnya timeless.

Lihat saja backsplash keramik pada inspirasi dapur di atas, di mana keramik kotak-kotak kecil berhasil tampil cantik dengan kombinasi kitchen set bergaya natural. Walau simpel, instalasi backsplash tampak maksimal karena diperluas hingga bagian atas secara full. Acara bersih-bersih juga anti ribet karena bahan keramik mudah dibersihkan. 

Backsplash Kaca yang Serba Praktis

sebringdesignbuild.com

Glass backsplash alias bahan kaca bisa jadi solusi yang penuh gaya, elegan, plus praktis karena sangat mudah dibersihkan. Selain itu, backsplash kaca juga punya efek reflektif terhadap sinar matahari sehingga ruangan akan terkesan lebih terang dan hangat. Daya tahan backsplash kaca juga cukup tangguh, selama pemilihan bahan dasar memang yang bersifat tempered, yaitu sudah diproses supaya tahan suhu dan tidak mudah pecah.

Backsplash 3D Berbahan Solid

dekoruma.com

Penggunaan aksen tiga dimensi atau 3D pada desain backsplash dapur sukses jadi juara. Desain dapur begaya Scandinavian besutan tim Dekoruma ini khusus menghadirkan gaya modern yang lebih elegan dengan backsplash 3D berbahan batu solid, tanpa menghilangkan kesan hangatnya. Pemilihan material solid atau batu untuk aksen 3D memang sangat jitu untuk backsplash idaman!

Backsplash Dapur Stainless Steel

hgtvhome.com

Peralatan dapur yang terbuat dari stainless steel sudah bukan hal yang asing lagi. Namun, bagaimana dengan backsplash stainless steel?

Mungkin kamu jarang melihat backsplash dapur dengan material stainless steel karena bahan ini dikenal mudah berkarat. Meski begitu, penggunaan bahan ini cukup populer di tahun-tahun sebelumnya, terutama pada dapur yang punya volume masak tinggi. Kini, tren backsplash dengan material stainless steel mulai kembali dalam bentuk tekstur dan finishing, serta ukuran yang berbeda.

Backsplash Bata Keramik

dekoruma.com

Konsep industrial tetap bisa hadir dengan hangat dan mewah di area dapur. Caranya adalah dengan menggunakan backsplash bata yang terbuat dari bahan keramik, seperti gambar di atas. Tim Dekoruma mengaplikasikan perpaduan antara kitchen set space-saving bergaya full plafon dengan backsplash dapur berbentuk bata polos. Pemilihan bata polos ini bisa disiasati dengan bahan keramik atau porselen.

Material Backsplash dari Panel Marmer atau Granit

dekoruma.com

Nah, karena pemakaian backsplash dapur cenderung untuk jangka panjang, maka bahan yang dipilih juga harus tahan pakai. Salah satunya adalah material batu marmer maupun granit. Kalau kamu mau membuat sentuhan yang lebih dinamis, kamu bisa gunakan panel marmer dengan guratan halus yang indah, seperti pada inspirasi dapur bergaya romantic Korean di atas.

Backsplash dari Bahan Kayu

vox.com

Bagi kamu yang ingin menciptakan suasana hangat ala pedesaan atau cottage style, material backsplash kayu bisa jadi pilihan yang tepat! Jika khawatir soal perawatan, pastikan backsplash sudah dilindungi dengan cat protektif/enamel yang anti basah dan anti noda. Pastikan juga jarak dengan kompor sudah aman agar warna backsplash kayu tidak memudar. Dengan perawatan yang telaten, backsplash kayu bisa bertahan lama dan tetap terlihat indah.

Demikianlah aneka material untuk backsplash dapur yang bisa kamu pilih. Kalau kamu masih bingung menentukan material backsplash yang cocok dengan dapurmu, konsultasikan saja dengan tim desain interior Dekoruma!

Selain menyediakan jasa desain interior, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur multifungsi untuk membuat hunianmu lebih space-saving alias hemat tempat! Beberapa di antaranya, ada

sofa bed
, meja lipat, tempat tidur, serta meja & kursi kerja.

Tak hanya furnitur, Dekoruma juga jual Guhdo, Sleep Care, dan King Koil yang terkenal dengan materialnya yg nyaman untuk tubuh saat tidur. Harganya pun ramah di kantong. Tunggu apa lagi? Yuk, cek selengkapnya di Dekoruma!