Keunggulan Menggunakan Granit Motif Kayu

Di zaman modern ini, material kayu masih saja digemari masyarakat untuk menghiasi huniannya. Baik itu untuk melapisi permukaan lantai atau pun dijadikan furnitur. Alasannya cukup klasik, lantaran motif kayu mampu menciptakan kesan alami. Namun, tidak sedikit pula yang mengurungkan niatnya karena material kayu rentan mengalami kerusakan.

Untungnya, saat ini ada banyak material berkualitas yang tersedia dalam motif kayu. Salah satunya adalah granit motif kayu. Lantas, apa saja kelebihan granit motif kayu dibandingkan material kayu itu sendiri? Yuk, temukan jawabannya melalui ulasan dari Kania berikut ini!

Daya Tahan yang Kuat

victoriastonegallery.com.au

Tak bisa dipungkiri, material kayu rentan terhadap serangan rayap dan tidak tahan panas. Kondisi cuaca yang ekstrem juga dapat membuatnya berubah bentuk sehingga tampilannya tak lagi menawan. Namun, hal tersebut berbeda dengan granit motif kayu yang memiliki daya tahan kuat. Material granit pada dasarnya tidak mudah berubah bentuk, anti rayap, dan tahan terhadap suhu yang tinggi. Karakteristik ini menjadikannya lebih unggul daripada kayu asli.

Penggunaan Tiada Batas

houzz.com

Penggunaan material kayu pada hunian memiliki batasan. Kamu perlu menghindari penggunaan kayu di dapur, kamar mandi, dan area outdoor. Pasalnya, area-area tersebut kondisinya lembap, basah, dan panas. Kayu pun akan lebih mudah lapuk dan membahayakan bagi penghuni. Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan granit motif kayu.

Granit motif kayu bisa digunakan di mana saja, mulai diaplikasikan sebagai pelapis dinding hingga lantai kamar mandi. Meski terkena air setiap saat, granit tidak akan hancur. Granit motif kayu juga cocok dijadikan material backsplash atau countertop di dapur kesayangan. Sifatnya yang tahan panas akan membuatmu merasa lebih nyaman dan juga aman karena tidak menyebarkan api dengan mudah.

Hemat Biaya

pixabay.com

Pada dasarnya, granit motif kayu memiliki ketahanan yang kuat. Dengan demikian, biaya perawatannya pun lebih hemat bila dibandingkan dengan material kayu. Perawatan yang dibutuhkan hanya pemolesan ulang ketika permukaannya kusam. Kalau pun ada granit motif kayu yang rusak, kamu hanya perlu memperbaiki area tersebut saja. Tentunya dengan menggunakan granit motif kayu dari produsen yang sama sehingga tampilannya akan tetap sempurna dan tanpa perbedaan.

Sedangkan, material kayu asli membutuhkan perawatan ekstra untuk melindunginya dari serangan rayap dan rembesan air. Kalau ada beberapa bagian yang rusak, kamu perlu mengganti keseluruhan supaya tampilannya tetap seragam. Inilah yang membuat granit motif kayu lebih unggul.

Tampilan Seperti Kayu Asli

taniyanayak.com

Kecanggihan teknologi memungkinkan produsen menciptakan motif granit yang benar-benar seperti kayu asli. Sekilas dilihat, granit motif kayu seperti tidak ada bedanya dengan material kayu sungguhan. Suasana hunian pun akan terlihat alami dan hangat.

Selain itu, pilihan motif kayu pada granit tersedia dalam aneka ragam sehingga kamu dapat memilih yang paling pas dengan konsep hunian. Mulai dari desain rumah Japandi modern, minimalis, hingga oriental, semuanya cocok menggunakan granit motif kayu.

Ramah Lingkungan

pixabay.com

Dengan menggunakan granit motif kayu, itu artinya kamu telah berpartisipasi dalam gerakan ramah lingkungan. Faktanya, hampir 20 juta pohon ditebang setiap tahun. Beberapa di antaranya untuk dijadikan material hunian. Penebangan pohon dalam jumlah banyak secara terus-menerus tentu akan menyebabkan kekacauan ekosistem, bencana banjir, dan pemanasan global. 

Produksi granit motif kayu sendiri tidak akan berdampak negatif secara langsung pada lingkungan. Penggunaannya bisa mencapai puluhan tahun sehingga tidak perlu menggantinya dengan yang baru dalam waktu dekat. Produsen pada akhirnya tidak perlu berlomba-lomba menambang granit. Sisa-sisa granit pun bisa diolah kembali menjadi tile baru yang siap pakai.

Demikianlah lima kelebihan penggunaan granit motif kayu pada hunian. Setelah membaca ulasan Kania di atas, semoga kamu semakin yakin untuk menggunakannya, ya!

Terakhir, jangan lupa lengkapi juga hunianmu dengan furnitur yang multifungsi sehingga ruangan jadi lebih space-saving. Kabar baiknya, kamu bisa menemukan aneka furnitur multifungsi dengan harga terjangkau secara online di Dekoruma, lho! Mulai dari meja makan lipat, sofa bed, tempat tidur berlaci, semuanya ada.

Merek furniturnya pun tersedia banyak. Dekoruma jual Livien dan Heim Studio, merek furnitur yang terkenal akan kualitas barangnya. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!