Aneka Menu Buka Puasa yang Sehat dan Nikmat

Momen berbuka puasa begitu dinantikan selama bulan Ramadhan ini. Rasanya ingin menikmati makanan yang lezat usai menahan haus dan lapar selama seharian. Sobat Kania, menikmati menu buka puasa yang lezat memang sah-sah saja, tapi jangan lupa untuk memperhatikan asupan gizi supaya tubuh tetap sehat dan puasamu lancar, ya!

Nah, untuk menyajikan menu buka puasa yang lezat dan bergizi itu pun mudah, kok. Tidak percaya? Coba simak dulu lima menu buka puasa yang berbeda dari biasanya di bawah ini!

Kukus Ikan Tuna

thewoksoflife.com

Modern ini, masyarakat mulai peka terhadap kesehatan. Salah satunya dengan mengurangi konsumsi daging merah. Nah, kamu bisa coba menu sehat ikan tuna sebagai sumber protein harian. Ikan tuna ini tidak mengandung lemak, melainkan vitamin B dan asam lemak omega 3 yang baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Cara memasak kukus ikan tuna untuk menu buka puasa ini sangat mudah. Bahan yang diperlukan adalah ikan tuna, daun bawang secukupnya, 1 ruas jahe yang dipotong panjang, 3 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 1 batang serai yang diiris, 2 lembar daun salam, dan cabai rawit sesuai selera. Sementara itu, bumbunya adalah minyak wijen, kecap asin, dan saus tiram.

Ikan tuna perlu dilumuri garam dan jeruk nipis dulu untuk menghilangkan baunya. Selanjutnya, masukkan semua bahan dan bumbu ke dalam wadah tahan panas. Setelah itu, kukus menggunakan dandang atau alat kukus sekitar 30 menit. Sangat mudah dan simpel, bukan?

Capcay

facebook.com

Menu buka puasa berikutnya adalah capcay. Masakan ini terlihat menggugah selera karena warna bahan bakunya beragam. Ada wortel, kol, jamur, bakso, udang, caisim, jagung muda, sawi, dan cumi-cumi. Untuk asupan gizinya pun tidak perlu diragukan lagi. Menu buka puasa ini mengandung aneka protein dan vitamin.

Cara memasaknya sangat sederhana. Diawali dengan menumis bawang putih di atas wajan, lalu masukkan bahan-bahan baku. Setelah itu, beri air dan aneka bumbu, seperti garam, lada, dan saos tiram. Jika mau dibuat kuah kental, kamu bisa menambahkan sedikit sagu.

Macaroni Schotel Panggang

dekokendezussen.nl

Anak-anak biasanya rewel kalau diberikan menu sayuran. Padahal, sayuran memiliki serat yang baik untuk tubuh. Nah, untuk menu buka puasa buat si Kecil, coba macaroni schotel panggang, yuk? Menu ini memiliki cita rasa gurih dan creamy. Kandungan gizinya meliputi protein, karbohidrat, dan lemak.

Pada dasarnya, menu buka puasa ini menggunakan makaroni yang panjang lurus atau melengkung. Dalam prosesnya, makaroni dimasak dengan susu, keju, telur, dan rempah-rempah. Mirip seperti pasta carbonara, tapi menu ini dipanggang hingga garing bagian luarnya. Isinya bisa dimodifikasi sesuai selera. Misalnya saja, daging asap dan brokoli cincang. Pasti anak-anak tidak akan sadar kalau mereka juga mengonsumsi sayuran.

Nasi Pecel

google.com

Siapa sangka menu sarapan di area Jawa ini bisa menjadi menu buka puasa yang lezat dan bergizi? Kulik saja isiannya. Ada kol, kacang panjang, dan telur rebus. Untuk pelengkapnya, ada bakwan, peyek, atau tahu dan tempe. Ditambah nasi, jadi mengenyangkan. Kalau semua bahan tersebut sudah jadi satu, tinggal siram dengan bumbu pecel yang gurih dan pedas, deh!

Waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan menu buka puasa ini juga tergolong singkat. Kamu hanya perlu memotong aneka bahan menggunakan pisau dan merebus sayurannya. Aneka gizi yang didapat dari nasi pecel adalah protein, karbohidrat, serat, dan aneka vitamin. Sudah gampang, mengenyangkan, bergizi, lezat pula! 

Salad Buah

saladmenu.com

Ada sejumlah orang yang tidak terbiasa mengonsumsi makanan berat di malam hari, sekalipun di bulan Ramadhan. Apakah kamu salah satunya? Kalau begitu, menu buka puasa yang tepat untukmu adalah salad buah!

Salad buah untuk menu buka puasa kali ini akan dilengkapi dengan yogurt. Buah-buahannya bisa kamu pilih sesuai selera. Secara umum, buah mengandung air, serat, dan aneka vitamin. Sementara itu, yogurt mengandung probiotik yang mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.  

Demikianlah lima menu buka puasa yang lezat dan bergizi. Dari semuanya, kira-kira menu apa yang akan kamu coba duluan? Sebelum menikmatinya, minumlah air putih hangat supaya lambungmu dapat bersiap menerima makanan. Semoga kamu sehat selalu, ya. Selamat menunaikan ibadah puasa!

Sedang mencari furnitur baru untuk mengubah tampilan rumah menyambut lebaran? Kamu bisa beli secara online di Dekoruma, lho! Ada banyak pilihan furnitur dengan model yang multifungsi dan efisien dengan harga terjangkau, seperti meja TV, kursi makan, sofa bed, lemari anak, dan rak dinding.

Tak hanya itu, Dekoruma juga jual Kedaung, merek alat makan ternama yang punya material berkualitas. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!