Aneka Manfaat Bunga Kecombrang untuk Kesehatan

Sering melihat bunga kecombrang dijadikan sebagai bumbu masak dengan wangi khas masakan Sunda? Ternyata, tumbuhan rempah yang aromatik ini tidak hanya bisa diolah menjadi masakan lezat saja, tapi juga punya segudang manfaat tak terduga, lho!

Manfaat yang dihasilkan oleh bunga kecombrang bisa kamu rasakan untuk kesehatan tubuh. Nah, buat kamu yang masih merasa asing dengan bunga kecombrang beserta manfaatnya, langsung deh cek seluk beluk bunga rias yang cantik ini bersama Kania!

Mengenal Kecombrang, Si Bunga Unik dan Eksotis

google.com

Disebut juga dengan nama Honje, Kantan, Sambuang atau Kincung, kecombrang adalah sejenis tumbuhan rempah dengan mahkota bunga berwarna merah indah. Tumbuhan tahunan ini juga punya bagian batang dan buah yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Selain di Indonesia, bunga kecombrang juga sudah sering dipakai untuk membuat masakan peranakan, seperti kuah laksa dan nasi kerabu, serta Thai food yang agak segar. 

Dengan aroma yang khas menyerupai serai, kecombrang punya rasa asam mirip jeruk dan sedikit pedas ringan ala jahe. Dengan wangi segar yang kuat, kecombrang sangat efektif digunakan untuk menutupi bau amis saat mengolah masakan ikan, hingga memberi sensasi unik seperti pada campuran sambal matah. 

Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan

Nah, pasti kamu penasaran, ‘kan apa saja manfaat dari bunga kecombrang bagi kesehatan tubuh? Yuk, langsung saja simak di bawah ini!

1. Mengandung berbagai nutrisi penting

facebook.com

Dilansir dari beberapa sumber, setiap 100 gram kecombrang segar mengandung nutrisi yang bervariasi. Kecombrang sangat kaya air hingga 90 gram, tapi rendah lemak, yaitu hanya 1 gram saja. Selanjutnya, komposisi lengkap kecombrang juga terdiri dari protein, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan mineral. Kecombrang juga punya khasiat antioksidan, antibakteri dan antikanker, lho!

2. Menghambat pertumbuhan bakteri

the-scientist.com

Berdasarkan pengujian dari Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Riau pada tahun 2016, ekstrak batang tanaman kecombrang mengandung zat antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri, seperti Bacillus cereus, Escherichia coli, Listeria monocytogenes, dan Staphylococcus aureus.

Sifat antibakteri ini disebabkan oleh kandungan minyak atsiri, alkaloid, dan asam lemak pada kecombrang. Selain itu, karena sifat antibakteri yang dimilikinya, kecombrang juga biasa dimanfaatkan sebagai bahan pengawet alami.

3. Melindungi kerusakan akibat radikal bebas

drugdiscoverytrends.com

Dengan kandungan antioksidannya, kecombrang bisa melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Kecombrang bisa dijadikan sebagai salah satu penangkal atas paparan yang bersifat internal seperti metabolisme tubuh dan juga eksternal, seperti stress, polusi, dan sebagainya. 

4. Mencegah gangguan akibat kekurangan zat besi

naturewildlife.id

Kecombrang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Seperti diketahui, zat besi sangat dibutuhkan tubuh untuk perkembangan dan pertumbuhan, termasuk juga memperkuat imun, pencernaan, dan regulasi suhu tubuh. Daripada mengonsumsi suplemen zat besi, lebih baik kamu perbanyak hidangan dengan bunga kecombrang yang lezat dan bersifat alami!

5. Menghilangkan bau badan setelah melahirkan

livinggoodness.co.nz

Pada tradisi negara Malaysia, daun bunga kecombrang sering dicampur dengan berbagai olahan rempah lainnya, seperti daun jahe, kunyit, dan pinang sebagai air mandi. Bagi wanita yang baru melahirkan, mandi dengan campuran air bunga kecombrang dipercaya bisa menyehatkan sekaligus menghilangkan bau badan. Selain itu, kecombrang juga dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI, lho!

6. Sebagai salah satu bahan anti tabir surya

blogspot.com

Berbagai studi oleh ahli botani menjelaskan bahwa ekstra minyak bunga kecombrang memiliki komponen kimia yang bersifat protektif terhadap sinar UV sekaligus kaya antioksidan. Maka dari itu, kandungan alami tersebut bisa diaplikasikan ke produk kecantikan yang bersifat natural.

Meskipun semua bagian dari bunga kecombrang bisa dimanfaatkan, tapi sebaiknya kamu tetap mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahlinya, terutama jika ingin mengonsumsi bunga rias ini bersamaan dengan obat. Hal ini karena manfaat bunga kecombrang belum seluruhnya terbukti secara medis. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu untukmu, ya!

Jangan lupa baca juga artikel dengan informasi dan inspirasi menarik lainnya di Dekoruma! Selain artikel, ada juga aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunianmu, lho. Dekoruma jual sofa minimalis, tempat tidur, kabinet dapur, sofa, coffee table, meja rias, hingga rak buku. Modelnya bervariasi dan harganya pun ramah di kantong.

Kalau kamu butuh kasur baru, Dekoruma jual King Koil, Comforta, Dunlopillo, Guhdo, dan kasur The Luxe, lima merek kasur terkenal yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!