7 Tanda Freon AC Habis yang Wajib Kamu Ketahui

Freon adalah salah satu senyawa kimia yang biasa digunakan pada AC, kulkas, ataupun alat pendingin lainnya. Untuk freon AC, senyawa ini difungsikan sebagai fluida untuk menyerap beban pendingin ruangan ataupun tempat lain yang ingin diatur suhu udaranya.

Nah, karena merupakan salah satu bahan senyawa kimia ataupun gas, freon AC tidak memiliki warna serta tidak mengeluarkan bau. Namun, kamu sebagai pengguna harus tahu kapan freon AC harus diganti karena jika terhirup maka bisa menyebabkan berbagai masalah seperti sulit bernapas, iritasi pada mata, hidung serta lidah, menimbulkan pembengkakan pada tenggorokan, hingga menyebabkan kematian jika freon AC yang dihirup jumlahnya besar.

Perlu kamu ketahui, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengenali ciri freon AC yang akan habis agar terhindar dari bahaya. Nah, untuk mengetahui informasi lengkapnya mengenai ciri-ciri freon AC habis, simak artikel Kania berikut ini! 

Suhu AC Tidak Terasa Dingin

onpointservicecompany.com

Sudah seharusnya AC dapat bekerja untuk menstabilkan suhu serta kelembapan udara ataupun mengeluarkan hawa dingin agar udara di dalam ruangan menjadi lebih sejuk. Namun, jika AC tidak terasa dingin meskipun kamu sudah mengatur suhunya, kamu harus berhati-hati karena ini merupakan salah satu tanda bahwa freon AC mulai habis.

Pipa AC Tidak Dingin

thetrainingcenterofairconditioningandheating.com

Pipa pada AC di rumahmu tidak terasa dingin? Bahkan, pipa bagian AC juga tidak mengeluarkan bunga es lagi? Dalam kondisi tersebut, kamu juga harus waspada karena hal ini bisa disebabkan oleh freon AC yang habis. 

Lampu Indikator AC Berkedip

klimatistika.com

Pada AC terdapat lampu indikator timer yang juga sebaiknya kamu perhatikan. Jika lampu indikator pada AC mulai berkedip, maka hal ini bisa disebabkan oleh adanya permasalahan sejumlah komponen elektronik, seperti kompresor ataupun tekanan freon AC. Adapun, lampu berkedip tersebut dihasilkan oleh sinyal kerusakan yang diterima oleh IC mikroprosesor dari sensor pipa, motor fan, ataupun sensor suhu sehingga kamu harus waspada saat menemukan masalah ini.

Terjadi Kebocoran Air

firstgradeappliances.com

Freon AC yang habis juga bisa menyebabkan terjadinya penggumpalan pada evaporator AC serta menghasilkan kebocoran air. Oleh karena itu, jika AC di rumah mulai mengalami kebocoran, sebaiknya segera kamu periksa, ya!

Bagian AC Luar Tidak Mengeluarkan Panas

thewirecutter.com
 

AC terdiri dari sejumlah komponen, di mana salah satunya adalah komponen yang diletakkan di area outdoor, seperti balkon rumah. Nah, untuk mengecek freon AC, kamu juga bisa memeriksa bagian area yang dekat dengan AC luar tersebut. Jika area tersebut tidak terasa panas, hal ini bisa disebabkan karena freon AC yang habis. 

Biaya Listrik Meningkat

moving.com

Jika terdapat kerusakan pada AC, tapi kamu tetap menggunakannya, maka AC jadi bekerja ekstra sehingga memerlukan lebih banyak energi. Penggunaan energi berlebih ini pun tentu saja berpengaruh pada tagihan listrik yang kamu bayarkan. Maka dari itu, lakukan pemeriksaan freon AC secara rutin karena bisa menyebabkan kerusakan dan membuat penggunaan daya AC semakin meningkat.

Merasa Gejala Keracunan

wallpapertip.com

Meskipun tidak berwarna ataupun berbau, tapi senyawa pada freon AC sangatlah membahayakan bagi tubuh. Jika kamu merasakan gejala keracunan dan melihat adanya ciri-ciri seperti yang Kania sebutkan di atas, bisa jadi itu pertanda bahwa freon AC kamu mulai habis. Jadi, lakukan pengecekan freon AC secara rutin untuk mencegah hal ini!

Jika AC di rumahmu dalam kondisi normal atau tidak mengalami kerusakan, penggunaan freon AC bisa mencapai tiga tahun lamanya. Namun, Kania sarankan kamu untuk selalu melakukan pengecekan freon AC secara rutin dan ganti apabila memang sudah habis agar terhindar dari bahaya yang bisa mempengarui kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, ya!

Kalau kamu butuh lebih banyak informasi seputar home & living dan inspirasi desain rumah, jangan ragu untuk cek artikel lainnya di Dekoruma, ya! Beberapa di antaranya ada artikel mengenai tips menata hunian, inspirasi desain rumah minimalis, penyebab kulkas tidak dingin, hingga cara mengusir semut.

Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunianmu, lho. Dekoruma jual sofa bed, meja makan, meja TV, hingga lemari dapur. Modelnya bervariasi dan harganya pun ramah di kantong.

Nah, buat kamu yang sedang mencari tempat tinggal baru, kamu bisa mengunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak hunian dengan harga terbaik yang bisa kamu pilih. Tersedia juga hunian yang berada di dalam perumahan dengan berbagai fasilitas, seperti perumahan baru di Tangerang, Jakarta Barat, Depok, dan daerah lainnya yang sedang berkembang. Tunggu apa lagi? Yuk, temukan rumah impianmu di Dekoruma dan ciptakanlah momen indah di rumah barumu!