Inspirasi Penggunaan Vinyl Kayu pada Hunian Bergaya Japandi

Sedang ingin membuat desain interior berkonsep Japandi untuk hunianmu? Ada beberapa hal yang erat dengan tema Japandi dalam ruangan, yaitu space-saving, unsur kayu yang kuat, dan kombinasi warna cerah yang lembut. Japandi sendiri merupakan konsep desain yang mengarah pada kombinasi gaya Jepang dan Skandinavia.

Ruangan bertema Japandi memiliki unsur kayu hampir 70 persen. Unsur kayu tersebut tidak hanya di perabot, melainkan juga bisa ditekankan pada penggunaan vinyl kayu pada lantai ruangan. Sementara itu, konsep space-saving bisa dihadirkan melalui berbagai furnitur multifungsi, seperti tempat tidur lipat sampai rak gantung yang sekaligus dapat menjadi meja kerja. Untuk kesan cerah dan bersih, penggunaan warna putih, krem, maupun warna pastel cocok untuk menemani unsur vinyl kayu yang cenderung mendominasi lantai.

Meski demikian, sebenarnya aplikasi vinyl kayu untuk ruangan bergaya Japandi tidak hanya untuk lantai saja, tapi bisa juga pada dinding atau bahkan bagian dari furnitur tertentu. Nah, di bawah ini Kania sudah menyiapkan beberapa ide pengaplikasian vinyl kayu untuk menciptakan kesan Japandi yang kuat sekaligus variatif. Yuk, langsung saja lihat bersama!

Vinyl Kayu Menghiasi Tangga

dekoruma.com

Banyak konsep ruangan Japandi yang hanya memasang vinyl kayu pada lantai-lantai utama saja. Sementara, pada pijakan lain seperti tangga, vinyl kayu tidak dipilih untuk digunakan. Padahal, memasang vinyl kayu di area tangga yang menyatu erat dengan ruangan bisa memberi kesan kayu yang kuat sekaligus tampilan ruang yang lebih lega. Contohnya adalah memasang vinyl kayu pada anak tangga yang bergabung langsung dengan lantai dapur.

Dinding dan Lantai Tak Sama

dekoruma.com

Vinyl kayu untuk ruangan Japandi bisa dipakai juga pada dinding, lho! Namun, ada risiko kecil, di mana vinyl kayu pada dinding dan lantai yang berwarna sama bisa membuat ruangan terlihat monoton, bahkan terlihat lebih sempit.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu memberikan warna vinyl kayu yang berbeda pada area lantai dan dinding. Untuk lantai, pasanglah vinyl kayu dengan rona warna yang lebih tua. Sementara untuk dinding, vinyl kayu dengan warna lebih muda lebih disarankan agar membuat suasana ruangan lebih cerah.

Gradasi Vinyl Kayu untuk Lantai

dekoruma.com

Vinyl kayu pada rumah berkonsep Japandi tidak jarang bergabung antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Hal ini karena rumah Japandi cenderung mengusung konsep space-saving tanpa sekat-sekat ruangan yang memberi efek sempit. Memakai vinyl kayu yang hanya satu warna pun akan membuat lantai terlihat membosankan.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa menyiasatinya dengan memilih vinyl kayu yang tampilan seratnya banyak dan bergradasi. Biasanya, efek gradasi tersebut berwarna tua sampai muda. Dijamin, lantai rumah Japandi kamu akan lebih dinamis dan tidak menjemukan!

Backdrop Tempat Tidur dari Vinyl Kayu

dekoruma.com

Jangan hanya terpaku pada lantai untuk pengaplikasian vinyl kayu di rumah Japandi. Kamu juga bisa memasang vinyl kayu untuk backdrop tempat tidur lipat yang multifungsi dan space-saving. Dijamin, unsur kayunya juga kuat!

Kamu bisa memilih warna vinyl yang agak tua untuk backdrop tempat tidur. Namun, jangan lupa sesuaikan juga dengan warna furnitur kayu yang ada di sekitarnya, bahkan termasuk dengan tirai jendela dan warna cat dinding kamar.

Vinyl Kayu untuk Backdrop TV

dekoruma.com

Vinyl kayu juga bisa dijadikan bahan backdrop TV. Unsur kayu dari vinyl akan membuat tampilan backdrop TV terlihat mewah dan tentunya menguatkan kesan Japandi. Biasanya, pada rumah Japandi, area ruang TV bergabung dengan ruangan lain seperti ruang tamu agar lebih hemat tempat alias space-saving. Jika seperti itu, pastikan warna backdrop selaras dengan warna perabotan kayu lainnya yang multifungsi dan mendukung ruangan tersebut.

Kalau kamu masih bingung cara mengaplikasikan vinyl kayu untuk menciptakan ruangan berkonsep Japandi sesuai impianmu, hubungi saja tim desain interior Dekoruma yang selalu siap mewujudkannya. Melalui Dekoruma, kamu juga bisa menemukan aneka furnitur multifungsi dan space-saving dengan harga terjangkau, lho. Dekoruma jual rak & troli dapur, sofa, kursi makan, rak buku & rak dinding, hingga tempat tidur.

Tersedia pula aneka aksesoris rumah kekinian. Dekoruma jual poster, tanaman hias, karpet yang lembut, hingga pengharum ruangan. Tunggu apa lagi? Yuk, segera wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!