Desain Dapur Bersih dengan Konsep Japandi yang Space-Saving

Dapur adalah area untuk memasak. Semua orang tahu akan hal itu. Namun, apakah kamu sudah tahu kalau dapur itu terbagi atas dapur bersih dan kotor? Dapur kotor digunakan untuk menyiapkan bahan makanan, memasak, dan meracik bumbu. Sesuai dengan namanya, dapur ini rawan kotor. Sementara itu, dapur bersih digunakan untuk menata makanan dan membuat makanan ringan seperti roti.

Mungkin sebagian dari kamu jadi bertanya-tanya, seperti apa sih tampilan dapur bersih itu? Nah, kali ini Kania akan membagikan inspirasi dapur bersih bergaya Japandi. Lihat penempatan dan

design interior
dapur bersih bersama, yuk!

Dapur Bersih dengan Lemari Multifungsi

dekoruma.com

Gaya Japandi terasa mendominasi dapur bersih ini. Furnitur besar yang digunakan adalah lemari lantaran sifatnya multifungsi. Materialnya menggunakan kayu berwarna terang. Pilihannya kamu bisa pakai kayu jati belanda atau oak putih. Kamu bisa memanfaatkan lemari tersebut sebagai tempat penyimpanan alat makan dan minum.

Sementara itu, bagian atasnya dijadikan sebagai meja penataan hidangan. Ada pula alat penanak nasi dan keranjang buah. Area dapur bersih ini jadi lebih space-saving, ‘kan? Untuk dekorasinya, ada tanaman hijau dalam pot dan cermin yang digantung di dinding.

Terasa Lega Berkat Jendela dan Warna Putih

dekoruma.com

Inspirasi dapur bersih bergaya Japandi berikutnya dibuat dalam satu area dengan dapur kotor. Posisinya membentuk huruf L. Dapur kotor berada di dekat jendela supaya asap masakan tidak terperangkap di dalam rumah, sedangkan bagian dapur bersih tersusun amat rapi, merapat ke dinding. Dilengkapi juga dengan tanaman hias indoor yang menambah cantik dapur.

Ruang penyimpanan di area dapur bersih juga ada banyak hingga ke dinding bagian atas. Penerapan konsep space-saving ini dijamin membuat dapur terasa lega. Ditambah lagi, furniturnya didominasi warna putih dengan kayu berwarna terang dan jendela minimalis berukuran besar. Semakin betah masak, deh!

Model Kitchen Island

dekoruma.com

Dapur bersih dapat ditempatkan di mana saja, termasuk di tengah ruangan, seperti dapur bersih yang menggunakan kitchen island ini. Materialnya menggunakan kombinasi kayu berwarna cerah dan batu marmer putih yang memberikan kesan mewah.

Dapur bersih ini juga multifungsi. Kamu dapat menggunakannya untuk menyajikan masakan sekaligus dijadikan meja bar. Tinggal tambahkan saja kursi bar yang modelnya serasi.

dekoruma.com

Di sisi dalam yang mengarah ke kulkas, terdapat beberapa laci sehingga kamu tidak perlu menambah furnitur penyimpanan lagi. Desain dapur bersih ala Japandi ini semakin terlihat apik dengan dekorasi sederhana berupa vas bunga dan teko beserta gelas-gelas cantik.

Space-saving dengan Benda Esensial

dekoruma.com

Salah satu kunci dari gaya Japandi adalah penggunaan barang-barang yang esensial saja. Untuk di dapur, perabotan yang esensial adalah kompor, bak cucian, dan kulkas. Sedangkan, microwave dan air fryer tidak digunakan setiap saat. Lagipula fungsinya bisa digantikan oleh kompor. Tanpa kehadiran dua perabot tersebut, dapur tetap bisa digunakan secara maksimal dan lebih space-saving.

Inspirasi dapur bersih ini memiliki ruang penyimpanan yang luas dan terorganisir dengan baik. Lemari dapur dibuat dengan material light wood khas Japandi. Dapur ini berbentuk huruf U yang membuatmu lebih mudah berpindah saat memasak, mencuci, dan menyiapkan hidangan.

Dominasi Light Wood, tapi Tetap Elegan

dekoruma.com

Gaya Japandi identik dengan penggunaan material kayu yang cerah. Meski begitu, kamu tetap bisa membuat dapur bersih ala Japandi terlihat elegan, lho! Misalnya saja, memadukan warna cokelat dari kayu dengan warna putih yang mewah, seperti inspirasi di atas, di mana seluruh kabinet bawah menggunakan material kayu dan permukaan atasnya yang menjadi meja dapur berwarna putih.

Selain itu, kabinet atas berwarna putih dan disambung dengan rak dinding warna cokelat. Dapur bersih yang tergolong dalam gaya Japandi modern ini memang menyatu dengan dapur kotor, tapi berkat kombinasi kabinet dan rak yang ada di bagian atas, tercipta ilusi seakan-akan dapur bersih dan kotor terpisah. Jangan lupa tambahkan dekorasi berupa tanaman hijau mungil untuk kesan alami ala Scandinavia.

Pada dasarnya, area dapur bersih memiliki risiko kotor yang rendah. Namun, untuk menjaga kebersihan, tidak ada salahnya untuk menggunakan backsplash juga. Kamu pun dapat membuat minuman atau menata makanan dengan tenang.

Demikianlah lima inspirasi dapur bersih bergaya Japandi. Perlu kamu ketahui, desain dapur bersih sebagus apa pun tidak akan berfungsi maksimal tanpa peralatan dapur yang lengkap. Jadi, pastikan kamu punya aneka jenis peralatan dapur untuk kegiatan memasakmu. Kamu bisa, kok menemukannya di Dekoruma. Pilihan mereknya pun beragam, Dekoruma jual Weston, Oxone, KitchenAid, Tefal, dan masih banyak lagi. Semoga kamu jadi makin betah masak, ya!

Terakhir, jangan lupa lengkapi juga seluruh ruangan di hunianmu dengan furnitur yang multifungsi dan space-saving serta aneka lampu terbaik koleksi Dekoruma mulai dari lampu dinding hingga lampu gantung, ya. Kabar baiknya, kamu bisa menemukan aneka furnitur tersebut dengan harga terjangkau di Dekoruma, lho! Mulai dari meja makan, sofa, sofa bed, tempat tidur, hingga meja TV, semuanya ada.

Selain jual furnitur, Dekoruma juga jual kasur dengan berbagai material, ukuran, dan merek. Di antaranya, ada kasur Serta, King Koil, dan The Luxe. Yuk, langsung saja cari semua keperluan rumahmu di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impinamu supaya momen indah bersama keluarga lebih berkesan!