Serba-serbi Kipas Angin AC yang Perlu Kamu Ketahui

Iklim tropis di Indonesia membuat cuaca menjadi panas dan bisa membuatmu merasa kurang nyaman saat berada di dalam ruangan. Untungnya, saat ini terdapat perkembangan teknologi yang menghasilkan alat pendingin yang bisa kamu gunakan untuk menyejukkan ruangan.

Selain AC, terdapat alternatif alat pendingin ruangan yang bisa kamu gunakan di rumah. Alat ini adalah kipas angin AC yang memiliki cara kerja layaknya kipas angin biasa, tapi memiliki tampilan dan desain menyerupai AC. Sementara itu, cara kerjanya sendiri adalah mensirkulasikan udara di sekitar ruangan layaknya kipas angin.

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli kipas angin AC, Kania akan mengulas serba-serbi mengenai alat pendingin ini sehingga kamu bisa membeli produk yang paling sesuai berdasarkan kebutuhan. Untuk mengetahui selengkapnya, simak pembahasan di bawah ini, ya!

Kipas Angin AC Hemat Listrik

cielowigle.com
 

Dalam penggunaanya, kipas angin AC tidak memerlukan daya listrik yang besar karena dapat beroperasi dengan kisaran daya sebesar 10 hingga 30 watt saja. Tentu saja, hal ini jauh berbeda dengan AC asli yang memerlukan daya listrik minimal 1500 watt sehingga dapat membuatmu selalu menghemat pengeluaran bulanan. 

Kipas Angin AC Dibanderol Murah

yeclanodeportivo.com
 

Jika dibandingkan dengan AC ataupun alat pendingin lain, seperti

air cooler,
kipas angin AC dijual dengan banderol paling murah. Bahkan, di pasaran kamu bisa menemukan kipas angin AC yang dijual dengan harga mulai dari Rp200 ribuan saja, lho! 

Kipas Angin AC Berdesain Menawan

howardair.com
 

Ketimbang kipas angin biasa, kipas angin AC memiliki tampilan yang jauh lebih menawan. Ini karena bentuknya yang identik dengan AC, maka alat pendingin ruangan yang satu ini dapat dikira sebagai AC yang sesungguhnya dan membuat tampilan ruangan semakin elegan dan berkelas. 

Fitur Pada Kipas Angin AC

mhiaa.com.au

Layaknya pada perangkat AC, alat pendingin ruangan yang satu ini juga dilengkapi dengan filter udara. Alhasil, udara yang masuk ke dalam body kipas angin AC juga akan dibersihkan sehingga hembusan udara yang dihasilkan jauh lebih sehat dan tidak mengganggu kesehatan. Selain itu, kipas angin AC juga telah dilengkapi dengan remote control yang siap memudahkanmu saat mengoperasikannya. 

Perawatan Mudah Kipas Angin AC

adesagroup.net

Hal menarik lainnya dari kipas angin AC adalah cara perawatan yang sederhana. Ya, kamu cukup membersihkan filter udara dengan membilasnya menggunakan air hingga debu yang menempel hilang. Kemudian, kipas angin AC pun bisa kamu gunakan kembali. Mudah banget, ‘kan?

Kipas Angin AC Sulit Dipindahkan

gannett.com
 

Dalam instalasinya, kipas angin AC harus dipasang secara permanen. Alhasil, kamu pun akan cukup kesulitan saat ingin memindahkan alat elektronik rumah tangga yang satu ini karena harus melepaskan baut yang menempel terlebih dulu dan membuat lubang baru untuk baut pada tempat lain yang ingin dipasangkan kipas angin AC.

Kipas Angin AC Tidak Mendinginkan Ruangan

moderndiplomacy.eu
 

Tentu saja, kamu jangan berharap bahwa alat yang satu ini dapat mendinginkan udara di dalam ruangan secara drastis layaknya sebuah AC. Kipas angin AC menghembuskan udara yang dihasilkan dari suhu ruangan sehingga kamu tetap harus mengoptimalkan ventilasi udara di dalam ruangan agar udara yang masuk selalu segar. 

Kipas Angin AC Sebagai Produk Rekondisi

uniqueheatingandcooling.com

Kebanyakan kipas angin AC yang terdapat di pasaran merupakan produk rekondisi dari AC yang sudah rusak. Tentu saja, hal ini cukup mempengaruhi keawetan dari produk kipas angin AC yang kamu gunakan. Maka dari itu, sebaiknya kamu selalu memilih produk kipas angin AC yang telah dilengkapi dengan garansi agar memudahkanmu dalam perbaikannya jika terjadi kerusakan.

Demikianlah serba-serbi dari kipas angin AC yang sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu sebelum membelinya agar tidak salah dalam memilih. Selain artikel di atas, temukan juga inspirasi lainnya dengan mengakses artikel di Dekoruma!

Selain artikel, ada juga aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunianmu, lho! Dekoruma jual lemari pakaian 3 pintu, sofa bed, rak dinding & ambalan, meja lipat, hingga tempat tidur berlaci. Modelnya pun sangat bervariasi dan harganya ramah di kantong.

Buat kamu yang sedang mencari kasur baru, Dekoruma juga jual King Koil, Comforta, dan Guhdo, tiga merek kasur ternama yang tersedia dalam beragam ukuran dan material. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!