Ragam Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan

Obat herbal kerap dipilih oleh banyak orang karena dinilai lebih aman ketimbang obat kimia. Terlebih, Indonesia kaya akan tanaman herbal yang dapat kamu manfaatkan, salah satunya adalah kayu bajakah yang tumbuh di pedalaman Kalimantan Tengah dan telah lama dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Pada awalnya, kayu bajakah dikenal karena khasiatnya terhadap penyakit kanker dan pernah diklaim oleh pelajar SMA Indonesia peraih medali emas di ajang World Invention Creativity Olympic, Seoul, Korea Selatan, tahun 2019 lalu. Setelah itu, kayu bajakah pun mendapatkan sorotan karena terbukti dapat mengatasi berbagai macam penyakit.

Pada artikel ini, Kania akan membagikan berbagai manfaat dari kayu bajakah untuk kesehatan dan tentu saja bisa dijadikan sebagai alternatif bagi kamu yang mencari obat herbal. Untuk mengetahui selengkapnya, mari simak ulasan di bawah ini! 

Kayu Bajakah untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

blogspot.com

Di dalam kayu bajakah, terdapat banyak nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Maka dari itu, kayu bajakah sangatlah baik dikonsumsi untuk menyeimbangkan gaya hidup sehat sehingga kamu dapat terhindar dari serangan penyakit autoimun. 

Kayu Bajakah Sebagai Antioksidan

healthline.com
 

Berdasarkan sejumlah riset, ditemukan juga bahwa kayu bajakah memiliki banyak kandungan antioksidan. Adapun, antioksidan yang terkandung di dalam kayu bajakah di antaranya adalah steroid, tanin, alkaloid saponin, fenolik, terpenoid, dan alkaloid. 

Kayu Bakajah untuk Melawan Sel Kanker dan Tumor

vaya.in
 

Di dalam kayu bakajah terdapat senyawa antioksidan dan fitokimia yang dinilai sangat efektif untuk melawan sel kanker dan tumor. Penemuan ini pertama kali dirasakan oleh orang tua dari salah satu siswa peraih penghargaan hingga akhirnya dilakukan penelitian lebih detail mengenai khasiat kayu bajakah untuk penyakit tersebut. 

Kayu Bajakah untuk Menyembuhkan Luka

topictea.com
 

Di daerah Kalimantan, khususnya suku Dayak, kayu bajakah juga sangat populer dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka dan menghentikan pendarahan. Hal ini dikarenakan adanya senyawa tanin, flavonoid, dan fenolik yang bersifat angiogenesis yang dapat membantu membentuk pembuluh darah baru sehingga luka bisa lebih cepat disembuhkan. 

Kayu Bajakah untuk Perawatan Kulit

yahoo.com
 

Berkat tingginya kandungan fitokimia dan antioksidan, kayu bajakah pun kerap difungsikan untuk perawatan kulit. Kedua senyawa tersebut dapat memicu produksi kolagen di dalam tubuh sehingga kulit akan lebih halus dan mencegah penuaan dini. 

Kayu Bajakah Bersifat Antibakteri

gundersenhealth.org
 

Berdasarkan penelitian, kayu bajakah juga bersifat antibakteri alami. Kandungan flavonoid, saponin, dan tanin pada kayu bajakah dapat melawan serta menghancurkan bakteri yang masuk ke dalam tubuh sehingga berpotensi menangani berbagai penyakit infeksi. Berkhasiat banget, ya jenis kayu yang satu ini?

Kayu Bajakah Sebagai Obat Disentri

teabreakfast.com
 

Selain untuk menghentikan pendarahan dan menyembuhkan luka, masyarakat sekitar juga mengenal kayu bajakah sebagai obat untuk mengatasi penyakit disentri. Penyakit radang usus yang disertai diare berdarah ini bisa diatasi lebih cepat berkat adanya kandungan antibakteri dari kayu bakajah yang dapat mengatasi masalah pencernaan dengan peradangan. 

Kayu Bakajah untuk Atasi Rasa Pegal

wellandgood.com
 

Masyarakat Kalimantan juga mengenal kayu bajakah sebagai ramuan untuk mengatasi rasa pegal. Tak heran, banyak sekali masyarakat sekitar yang mengonsumsi satu gelas air rebusan kayu bajakah karena khasiatnya yang bisa dirasakan sangat cepat.

Meskipun kayu bajakah banyak ditemukan di Kalimantan, tapi kini kamu bisa menemukannya dengan mudah di pasaran. Sementara itu, cara mengonsumsinya pun sangatlah mudah karena kamu cukup menyeduhnya saja. Sekarang, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi obat herbal yang satu ini?

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk membuat fungsi ruang di hunianmu lebih maksimal, lho. Kamu bisa menemukan meja makan berlaci, sofa bed, lemari dapur, meja lipat, dan masih banyak lagi. Modelnya pun bervariasi dan harganya ramah di kantong.

Nah, buat kamu yang sedang mencari kasur, Dekoruma jual kasur berkualitas dari beragam merek ternama, seperti King Koil, Serta, dan Guhdo. Lengkap banget, ‘kan?

Tak hanya sampai di situ saja. Melalui Dekoruma Properti, kamu juga bisa menemukan properti hunian di berbagai daerah Jabodetabek, lho. Di antaranya ada rumah dijual di Jakarta Selatan, Tangerang, Depok, Jakarta Barat, dan kawasan berkembang lainnya. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!