Aneka Jenis Sampah yang Perlu Kamu Tahu Serta Tips Membuangnya

Selama ini, bagaimana cara kamu membuang sampah? Tahu nggak, ternyata sebaiknya sampah dibuang berdasarkan jenis-jenis sampahnya, lho! Hal ini karena tidak semua jenis sampah aman untuk dibuang begitu saja.

Maka dari itu, sangat penting untuk kamu mengetahui berbagai jenis sampah dan cara membuang atau mengelolanya. Tujuannya tentu supaya hunian dan lingkunganmu menjadi lebih bersih dan juga menghindari risiko tidak aman karena cara pembuangan yang salah.

Mari kenali jenis-jenis sampah lebih dalam bersama Kania! Setelah itu, kamu pun akan mengerti bagaimana cara membuangnya yang benar, seperti di bawah ini:

Sampah Organik

hakaimagazine.com

Jenis sampah yang satu ini tentu tidak asing lagi. Kebanyakan sampah organik berasal dari sisa makanan ataupun sisa memasak di rumahmu. Daun-daun kering yang jatuh di halaman rumah pun bisa digolongkan dalam jenis sampah organik.

Tidak sulit membuang dan mengelola jenis sampah yang satu ini. Kamu memang bisa membuangnya secara langsung ke tempat sampah atau menguburnya. Namun, mengolahnya menjadi pupuk untuk menyuburkan halaman rumah pun bisa jadi pilihan yang bijak. Ya, jenis sampah organik adalah bahan terbaik untuk membuat pupuk kompos. Yang tidak disarankan justru membakar sampah organik karena hanya menimbulkan polusi udara.

Sampah Anorganik

guim.co.uk

Kalau jenis sampah organik berasal dari bahan-bahan alami dan mudah terurai, sampah anorganik adalah kebalikannya. Sampah ini sangat sulit terurai sehingga jika kamu membiarkannya menjadi tumpukan sampah, ia akan terus bertahan hingga puluhan bahkan ratusan tahun. Contoh dari jenis sampah anorganik meliputi plastik, logam, dan kertas kaca.

Lalu, bagaimana cara membuang dan mengelola jenis sampah anorganik? Kumpulkanlah jenis sampah anorganik terpisah-pisah sesuai dengan jenisnya. Ini akan memudahkan bagian pengelolaan sampah untuk mendaur ulangnya. Kamu juga bisa, lho mendaur ulang sampah anorganik sendiri, seperti membuat tas atau dompet dari kumpulan plastik kemasan yang tidak terpakai.

Sampah B3

dbs.com

Jenis sampah ini merupakan singkatan dari sampah bahan beracun dan berbahaya. Biasanya, jenis sampah B3 bukanlah dihasilkan di rumah-rumah. Sampah B3 umumnya merupakan limbah dari proses kegiatan industri.

Membuang jenis sampah B3 tidak bisa sembarangan. Jika membuangnya secara asal, maka bisa merusak lingkungan sekitar. Perlu alat khusus untuk menetralkan limbah ini terlebih dahulu sampai akhirnya bisa dibuang bersama sampah lain karena racun dan bahan-bahan lain yang membahayakan sudah dihilangkan.

Sampah Padat

foodsafety.ca

Ini merupakan jenis sampah berdasarkan bentuk. Secara sederhana, sampah padat adalah segala limbah yang tidak berbentuk cairan.

Cara membuang jenis sampah padat bisa langsung ke tempat sampah. Namun, kamu juga harus memperhatikan jenis lain dari sampah padat itu. Jika sampah padatnya merupakan bahan anorganik, kamu bisa langsung mengelompokkannya atau mendaur ulangnya. Jika sampah padatnya termasuk jenis sampah organik, bagaimana jika kamu menjadikannya sebagai pupuk?

Sampah Cair

thrfun.com

Ada jenis sampah padat, tentu saja juga ada jenis sampah cair. Pada intinya, sampah cair merupakan cairan yang sudah tidak diperlukan lagi. Namun, cara pembuangannya bergantung dari subjenis sampah ini, ya!

Ada dua jenis sampah cair, yaitu limbah hitam dan limbah rumah tangga. Limbah hitam adalah jenis sampah cair yang dihasilkan dari kamar mandi. Pembuangannya harus ekstra hari-hati dan memperoleh pengolahan karena mengandung pathogen yang berbahaya bagi kehidupan. Saut lagi adalah jenis sampah cair limbah rumah tangga. Pembuangan jenih sampah ini lebih mudah karena cukup dialirkan melalui saluran pembuangan.

Makin bijak cara membuang dan mengelola sampah, rumah dan lingkungan bisa semakin sehat. Yuk, mulai disiplin membuang sampah berdasarkan jenis sampahnya!

Temukan artikel dengan informasi dan inspirasi menarik lainnya hanya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk memaksimalkan fungsi ruang di hunianmu, lho. Dekoruma jual meja rias, sofa bed, nakas, kabinet dapur, meja makan, hingga meja belajar dengan harga yang ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!