Perhitungan Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

Sedang punya rencana membangun rumah dua lantai? Tak bisa dipungkiri, menghitung biaya bangun rumah 2 lantai bisa membuat kamu kepusingan sendiri karena proses perhitungannya susah-susah gampang. Sering kejadian biaya bangun rumah 2 lantai menjadi over budget.

Tidak sedikit yang akhirnya memilih menghentikan pembangunan sementara, bahkan permanen karena dananya sudah tak ada lagi. Jangan sampai rencana kamu untuk membangun rumah baru juga mangkrak karena tidak menghitung biaya bangun rumah 2 lantai secara rinci dan tepat!

Buat kamu yang lagi kebingungan soal biaya bangun rumah, berikut ini Kania akan membahas cara menghitungnya. Ketika kamu menjalankan langkah-langkah di bawah ini, mudah-mudahan biaya bangun rumah 2 lantai idamanmu nggak over budget. Simak ulasannya sampai habis, ya! 

Tetapkan Luas Bangunan yang Diinginkan

freepngimg.com

Sedari awal merencanakan membangun rumah 2 lantai, kamu harus sudah punya ketetapan hati soal luas bangunan yang mau dibuat. Tentu saja kamu harus memastikan hendak membangun rumah dengan luas berapa di lantai bagian bawah dan juga atas.

Ketika luas sudah ditetapkan, jangan mudah tergoda dengan saran orang lain untuk mengubah bentuk atau luas rumah yang mau kamu bangun. Soalnya, sedikit perubahan luas rumah bisa berpengaruh besar ke total biaya bangun rumah 2 lantai yang harus kamu siapkan.

Buat Rincian Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

wpengine.com

Kalau luas bangunan sudah kamu tetapkan, kamu akan lebih gampang menghitung apa saja kebutuhan untuk membangun rumah tersebut. Kamu bisa memperkirakan material yang diperlukan. Misalnya, berapa sak semen dan batu bata yang dibutuhkan, juga berapa banyak dan jenis ubin apa yang harus disiapkan. Rincian material yang detail akan membuat kamu lebih mudah menghitung harga per kebutuhan material untuk biaya bangun rumah impianmu.

Biaya Bangun Rumah 2 Lantai untuk Cek Material

abi.org.uk

Sudah punya catatan material apa saja yang dibutuhkan? Sekarang saatnya mulai mengecek harga per satuan material bangunan tersebut! Cari toko yang menawarkan harga sesuai dengan keinginanmu. Mengecek satu per satu harga material akan membuat kamu lebih rinci dalam menghitung biaya bangun rumah 2 lantai dan kamu pun tidak akan over budget!

Perkirakan Harga Per Meter Persegi

richardsonhomesok.com
 

Supaya nggak susah dibaca, buatlah anggaran atau biaya bangun rumah milikmu dengan memperkirakan harga per meter persegi. Rata-rata biaya bangun rumah di Jakarta, per meter perseginya mencapai kisaran Rp 3—5 juta. Itu hanya untuk bahan konstruksinya, ya! Jadi, jika kamu ingin membangun rumah 2 lantai dengan luas total 150 meter persegi, biaya konstruksi bangunan yang harus kamu siapkan bisa berada di kisaran Rp 450—750 juta.

Pakai Jasa Tukang Borongan

gobankingrates.com

Tentunya kamu tidak boleh melupakan anggaran untuk tukang bangunan dalam menghitung biaya bangun rumah 2 lantai. Jangan salah, tidak jarang biaya tukang untuk membangun rumah bisa melebihi biaya konstruksinya jika tidak diteliti dengan baik.

Kalau kamu ingin biayanya lebih gampang terhitung, kamu bisa memakai jasa tukang borongan. Untuk saat ini, biaya jasa tukang borongan berkisar di harga Rp 600.000—800.000. Memakai jasa tukang borongan akan membuatmu lebih mudah mengatur kesepakatan berapa lama rumah harus selesai dan berapa banyak biaya bangun rumah yang harus disiapkan untuk jasa tukang tersebut.

Lebihkan Budget dari Awal

landmarkhomes.co.nz

Apakah dengan semua cara menghitung biaya bangun rumah 2 lantai di atas sudah pasti tidak ada biaya tambahan? Belum tentu! Kamu tetap harus menyiapkan dana lebih saat membuat perhitungan biaya bangun rumah. Ini berguna untuk mengantisipasi kebutuhan yang tidak diinginkan. Setidaknya, lebihkan 15—30 persen dari total biaya bangun rumah supaya kamu pun merasa lebih aman.

Gimana, sekarang kamu sudah lebih paham untuk menghitung biaya bangun rumah, bukan? Namun, kalau kamu masih ragu-ragu, memakai jasa konstruksi profesional juga bisa menjadi andalan supaya biaya bangun rumah 2 lantai tidak over budget. Selamat membangun rumah impian!

Nah, kalau kamu tidak mau repot membangun rumah, kamu juga bisa, lho langsung membeli rumah baru yang tersedia di Dekoruma Properti! Terdapat banyak pilihan rumah dengan harga terbaik di berbagai lokasi di Jabodetabek, seperti rumah baru di Jakarta Barat, Depok, dan Tangerang. Selain itu, ada pula rumah dijual dari tangan kedua dengan harga yang terjangkau, seperti rumah dijual di Jakarta Selatan, BSD, dan Bekasi.

Nggak perlu pusing juga soal perabotannya karena Dekoruma pun jual furniture minimalis serta aneka aksesoris rumah yang space-saving dan multifungsi dengan harga terjangkau. Beberapa di antaranya, Dekoruma jual meja rias, meja makan, sofa, rak buku, nakas, karpet, cermin, jual lampu dinding, dan lemari pakaian.

Bahkan, ada juga kasur dari merek-merek terkenal. Dekoruma jual kasur King Koil, The Luxe, Serta, dan jual kasur Dunlopillo. Yuk, buat rumah impianmu jadi kenyataan bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!

Selain jual furnitur dan aksesoris rumah, Dekoruma juga menyediakan jasa desain interior untuk di berbagai daerah di Indonesia, lho! Mulai dari desain interior rumah 1 kamar tidur, desain interior apartemen studio, hingga pembuatan kitchen set minimalis.