Ragam Jenis Resin yang Umum Digunakan

Belakangan ini, ada banyak kerajinan tangan yang dibuat menggunakan resin. Material resin sendiri berbentuk cairan yang dapat dicetak lalu dibiarkan hingga mengering dan keras. Sejauh ini, orang awam hanya mengetahui kalau resin hanya ada satu jenis saja, yaitu yang berwarna bening. Namun, sebenarnya material ini tersedia dalam beberapa jenis. Kegunaan dan harganya pun berbeda-beda.

Kamu belum tahu jenis-jenis resin ada apa saja? Simak pembahasan dari Kania mengenai jenis dan harga resin berikut ini, yuk!

Resin Epoxy

resin-expert.com

Resin jenis epoxy cukup terkenal untuk membuat kerajinan tangan. Sedangkan, di dunia industri, jenis epoxy kerap digunakan untuk perekat serba guna, pengikat semen dan mortar, rigid foams, pelapis lantai, hingga untuk memadatkan permukaan berpasir dalam pengeboran minyak. 

Kualitasnya paling baik dibandingkan dengan jenis resin lainnya karena memiliki kekuatan yang lebih baik, dalam artian hasil produk tidak akan mudah pecah atau tergores. Tingkat kejernihannya juga amat tinggi sehingga saat dipadukan dengan material lain, tampilannya jadi semakin menawan.

Kandungannya terdiri dari serat karbon, serat kaca, dan Aramid. Baunya tidak terlalu menyengat seperti jenis lainnya. Jenis epoxy dapat berubah warna menjadi kekuningan saat terpapar suhu yang amat panas. Untuk mencegahnya, kamu dapat menggunakan harderner atau katalis. Resin epoxy dijual dengan harga mulai dari Rp180 ribuan per 1 kg, sudah termasuk dengan harderner.

Resin Vinyl Ester

plastics.gl

Resin jenis vinyl ester diproduksi dengan cara esterifikasi (proses reaksi) antara resin epoxy dan asam monokarboksilat tak jenuh. Vinyl ester memiliki toleransi peregangan yang cukup baik. Toleransi ini menyebabkan jenis vinyl ester tahan terhadap benturan dan risiko retak sangat rendah.

Jenis yang satu ini kerap digunakan untuk membuat suku cadang mobil, penguat jembatan, fascia gedung, hingga aplikasi militer. Harga resin vinyl ester berkisar Rp100 ribuan per 1 kg.

Resin Polyester

pinterest.com

Resin jenis polyester memiliki sifat yang bening juga. Namun, dibandingkan dengan jenis epoxy, resin polyester ini sedikit lebih buram dan kekuningan. Baunya sangat menyengat sehingga akan mengganggu proses berkarya apabila tidak menggunakan masker. Jenis polyester ini membutuhkan harderner supaya dapat mengering dengan sempurna. Perhatikan takaran yang tepat supaya tidak memicu suhu tinggi dan membakar adonan.

Resin polyester umumnya digunakan sebagai pelapis lantai, casting, dan pelapis material lainnya. Jenis polyester tidak disarankan untuk membuat kerajinan tangan lantaran hasil akhirnya lengket apabila tidak didukung finishing yang baik. Untuk harganya, mulai dari Rp50 ribuan untuk 1 kg dan sudah termasuk dengan cairan harderner.

Resin Upcast

wiki.harvard.edu

Selain resin epoxy, jenis upcast juga cukup sering ditemukan di toko kimia. Biasanya, jenis ini dilabeli dengan nomor seri 3126 atau 108. Sayang, resin upcast sifatnya agak buram. Lalu, bila terkena paparan sinar UV, warnanya akan berubah jadi kekuningan. Jenis ini biasa digunakan untuk pelapis kerajinan yang benar-benar tipis. Jenis ini juga dapat dicampur pewarna, lalu digunakan sebagai pelapis bangku taman dan perahu. Harganya mulai dari Rp120 ribuan untuk paket 750 gram upcast dan harderner.

Resin Akrilik

smilepointdentalcare.com

Resin akrilik atau yang biasa disebut sebagai termoplastis terbuat dari senyawa non metalik. Untuk mengaplikasikannya, resin akrilik perlu dicampur dengan material lain, seperti polimer, bubuk kering, monomer meil metakrilat, katalis, cairan tipis, dan peroksida organik.

Sementara itu, metode untuk mengaplikasikannya adalah metode tekanan hidrolik untuk menekan gelembung udara. Proses yang cukup rumit ini membuatnya hanya bisa diaplikasikan oleh tenaga profesional. Biasanya resin akrilik dimanfaatkan untuk membuat lapisan pelindung, wadah, dan gigi palsu. Harganya berkisar Rp140 ribuan untuk 1 kg.

Semoga penjelasan singkat di atas dapat membantu kamu menentukan jenis resin apa yang tepat untuk kebutuhanmu, ya. Baik itu dari segi harga atau pun kualitasnya! 

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunianmu, lho. Mulai dari sofa, meja belajar, kursi makan, lemari dapur, hingga kursi malas, semuanya tersedia. Modelnya pun bervariasi dan harganya ramah di kantong.

Ada juga kasur dengan berbagai ukuran, material, dan merek untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual Serta, King Koil, Dunlopillo, dan Guhdo. Lengkap banget, ‘kan?

Tak hanya sampai di situ, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui Dekoruma Properti. Kamu bisa menemukan aneka jenis properti hunian dari berbagai daerah di Jabodetabek. Ada rumah dijual di BSD, rumah baru di Jakarta Barat, rumah baru di Jakarta Selatan, hingga apartemen dijual di Jakarta Selatan. Dengan demikian, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan domisilimu. Yuk, temukan hunian impianmu di Dekoruma dan ciptakanlah momen indah bersama keluarga di rumah barumu!