Aneka Bahan Pewarna Alami untuk Makanan

Kalau bisa yang alami, kenapa harus yang berbahan kimia? Para ibu pasti setuju, nih. Terutama untuk urusan dapur, pewarna alami bisa menjadi cara untuk membuat masakan lebih menarik dan juga mempertahankan gizi. Bahkan, pewarna alami juga bisa membuat masakan lebih enak, lho!

Lalu, apa saja sih bahan-bahan yang bisa digunakan sebagai pewarna alami makanan? Yuk, simak bersama Kania di bawah ini!

1. Cokelat Muda dari Bawang Bombay

theswanseabay.co.uk

Bagian yang pasti dibuang setelah memotong bawang bombay adalah kulitnya. Namun, kamu tahu tidak kalau kulit bawang bombay bisa jadi pewarna alami yang pas untuk masakan? Bagi kamu yang mencari warna cokelat muda atau cerah tanpa rasa kuat dan lebih plain, langsung saja rendam bagian kulit bawang bombay. Sebagai pewarna alami, bagian kulitnya juga sangat kaya zat tanin yang biasa ada pada anggur.

2. Coklat Pekat Pakai Kopi

thegobblerskitchen.com

Seduhan kopi bisa memberi warna coklat yang cantik dan juga aromatik. Semakin lama merendam kopi, fungsinya sebagai pewarna alami juga akan semakin intens. Jika ada lebih, kamu juga bisa menggunakan kopi untuk urusan rumah tangga lainnya. Jadi, jangan langsung buang sisa ampas kopi yang serba multifungsi, ya!

3.  Wortel untuk Warna Kuning Jingga

foodandnutrition.org

Dari warna aslinya saja sudah bisa ditebak, sayuran wortel bisa jadi pewarna alami kuning jingga yang cantik. Rasanya juga manis dan cocok dikombinasikan dengan berbagai masakan tanpa mengubah cita rasa yang ingin dicapai. Pewarna alami wortel cocok untuk bahan mie mentah yang lebih sehat dan enak. 

4. Buah Bit Merah Menawan

usatoday.com

Jika butuh pewarna alami dengan dasar warna merah, buah bit cocok jadi pilihannya. Untuk mendapatkan warna ini juga mudah, cukup diparut dan diperas agar keluar sarinya. Jika ingin pewarna alami yang lebih merah, gunakan jus buah bit agar semakin kontras hasil akhirnya. 

5. Bayam atau Kale untuk Hijau Muda

specialtyproduce.com

Tak jarang, memotong sayur bayam atau kale bisa meninggalkan warna hijau di talenan. Sayuran dengan daun warna hijau tua memang selalu efektif jadi pewarna alami hijau. Kamu bisa menggunakan blender atau food processor untuk mengambil sari sayuran, tanpa perlu menambah air. Kemudian, saring dan gunakan hasilnya sebagai pewarna alami di dapur.

6. Daun Suji untuk Hijau Cerah

resepkoki.id

Ingin bikin klepon? Siapkan dulu tanaman daun suji yang sering jadi pilihan sebagai pewarna alami hijau. Hampir sama dengan daun pandan, kelebihan daun suji adalah hasil pewarna alami yang lebih pekat dan wangi. Dijamin, hasil masakan lebih menarik!

7. Kubis Merah Jadi Ungu

media.vogue.in

Kubis merah ternyata tidak hanya ekstra bernutrisi, tapi juga bisa jadi pewarna alami, mulai dari ungu hingga kebiruan. Cukup rebus kol atau kubis merah di panci dengan air selama 10 menit.

Cairan yang didapatkan akan berwarna ungu yang diinginkan. Kamu bisa tambahkan sedikit baking soda agar pewarna alami ini jadi lebih lembut menuju warna biru. Namun dalam hal ini, pastikan kamu tahu perbedaan baking powder dan baking soda supaya tidak salah menggunakan bahan campuran untuk pewarna alami ini.

8. Kunyit untuk Jingga Aromatik

google.com

Kunyit merupakan rempah-rempah favorit yang kaya antioksidan. Selain itu, kunyit juga bisa menjadi pewarna alami, lho! Gunakan saja kunyit bubuk atau sari kunyit segar untuk mendapatkan warna kuning cerah dan jingga. Menggunakan kunyit tentunya lebih praktis dan terjangkau dibandingkan dengan rempah-rempah impor lainnya, seperti saffron yang juga sering digunakan sebagai pewarna alami. 

9. Warna Biru Spesial dari Bunga Telang

google.com

Disebut juga butterfly pea flower, bunga telang sering dikeringkan untuk dijadikan teh. Namun, beragam masakan sudah mulai melirik bunga yang cantik ini sebagai pewarna alami. Ekstrak bunga telang berwarna biru gelap dan siap digunakan. Keunggulan lain dari bunga telang tak lain adalah tidak beraroma dan berasa sehingga sangat pas untuk masakan apa pun. 

Demikianlah sembilan pewarna alami yang bisa kamu gunakan untuk membuat masakan yang lebih menarik dan terlihat sedap. Jangan lupa share juga artikel ini kepada sesama pecinta dunia masakan yang kreatif, sehat, dan lezat. Semoga bermanfaat!

Kamu sedang mencari furnitur yang multifungsi dan space-saving untuk hunianmu? Kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Dekoruma menyediakan aneka jenis furnitur dengan harga terjangkau serta model yang efisien sehingga dijamin dompet tidak akan menipis dan fungsi ruang di hunian pun jadi lebih maksimal! Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!