Ragam Jenis Investasi yang Paling Menguntungkan

Supaya masa depan nggak penuh kekhawatiran, sebaiknya kamu memulai investasi sejak dini. Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih untuk mempertahankan nilai uangmu di masa depan. Kalau kamu memilih membiarkan uang tersebut tertumpuk di tabungan biasa, bersiaplah mengalami pengurangan nilai uang karena adanya inflasi dari tahun ke tahun.

Berinvestasi kini tidaklah sulit, apalagi ada banyak jenis investasi yang bisa dimulai dari dana ratusan ribu rupiah. Proses memiliki berbagai jenis investasi pun sekarang semakin mudah karena adanya teknologi yang memungkinkan kamu berinvestasi hanya lewat smartphone di genggaman tangan.

Kamu mungkin bingung ingin memilih jenis investasi apa ketika di tahap awal. Jangan khawatir, Kania punya beberapa rekomendasi jenis investasi yang populer di Indonesia dengan imbal hasil yang menarik dan cocok untuk kamu mengembangkan dana demi tujuan masa depan. Penasaran apa saja? Simak di bawah ini, ya!

Deposito

albanews.al

Jenis investasi ini terbilang paling aman karena uang yang kamu taruh dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan sampai nominal tertentu. Deposito merupakan produk perbankan yang menawarkan bunga jauh lebih tinggi daripada tabungan biasa. Bunga deposito pun umumnya lebih besar daripada inflasi tahunan. Jika tertarik dengan jenis investasi ini, kamu hanya perlu mengunjungi bank terpercaya dan buka rekening deposito.

Properti

laisuataz.com

Mau punya investasi yang harganya bisa melonjak tajam dari tahun ke tahun? Jika demikian, jenis investasi properti adalah pilihan yang tepat! Kamu perlu gigih mencari properti yang pas. Tidak tanggung-tanggung, kenaikan harga properti bisa mencapai 20 persen tiap tahunnya. Semakin cepat kamu membeli properti, semakin cepat pula kamu akan menikmati hasilnya.

Emas

bsmedia.business-standard.com

Selain investasi properti, ada juga jenis investasi emas yang paling tidak lekang oleh zaman. Mulai dari zaman nenek buyut sampai saat ini, masih banyak yang tertarik mengoleksi emas untuk menjadi investasi. Logam mulia yang satu ini memiliki nilai yang stabil dan cenderung berkembang melebihi tingkat inflasi. Namun, kendalanya kamu perlu menyediakan lebih banyak uang untuk membeli emas, mengingat saat ini harganya sudah cukup tinggi per gramnya.

Tabungan Berjangka

currency.com

Produk perbankan lainnya yang cocok menjadi investasi adalah tabungan berjangka. Ini merupakan model tabungan yang membuat kamu bisa menabung secara konsisten dalam jangka waktu tahunan. Bunga dari tabungan berjangka jelas lebih tinggi daripada tabungan biasa. Namun, jika dibandingkan bunga deposito, persentase bunga jenis investasi ini lebih kecil.

Reksa Dana

thefinapolis.com

Kamu bingung memilih jenis investasi karena takut salah dalam mengelolanya? Jika kamu awam di dunia investasi dan penuh ketakutan dalam pengelolaannya, reksa dana adalah pilihan yang paling cocok. Hal ini karena ketika menanamkan dana ke jenis investasi ini, kamu nggak perlu pusing bagaimana cara mengelolanya. Sudah ada manajer investasi yang mengurus seluruh hal yang berkaitan dengan investasi kamu di reksa dana. Kamu hanya perlu memantau dan menikmati hasilnya di waktu yang tepat.

Saham

fool.com

Jenis investasi ini cocok buat kamu yang mau “untung” besar, tapi berani menghadapi risiko kerugian yang besar pula. Saham merupakan jenis investasi di mana kamu membeli surat berharga dari suatu perusahaan sebagai bukti kepemilikan. Nantinya, saham bisa kamu jual kembali untuk mendapatkan keuntungan dari nilainya yang meningkat. Selain itu, kamu juga bisa memperoleh keuntungan dari jenis investasi ini lewat dividen yang merupakan bagian dari laba yang dibagikan perusahaan.

Peer to Peer Lending

google.com

Jenis invetasi ini sedang populer belakangan. Peer to peer lending merupakan jenis investasi di mana kamu bisa berperan sebagai pemberi pinjaman untuk orang-orang yang membutuhkan. Nantinya, keuntungan bisa kamu peroleh dari bunga pinjaman yang kamu berikan. Sudah banyak platform peer to peer lending yang bisa menjadi sarana investasi kamu dan bisa diakses lewat ponsel, tapi pastikan kamu memilih yang sudah berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta memiliki asuransi perlindungan pinjaman supaya dana kamu lebih aman.

Yuk, mulai investasi dari sekarang! Kenali dulu jenis-jenis investasi secara detail dan pilih sesuai dana serta tujuan yang kamu inginkan. Kalau mau investasi properti yang dapat menghasilkan banyak keuntungan, kamu bisa mencari properti di daerah strategis yang ideal dan menjanjikan melalui DekorumaHouse! Beberapa di antaranya, ada rumah baru di Jakarta Barat, rumah dijual di Jakarta Selatan, apartemen di Tangerang, dan masih banyak lagi. Selamat melakukan investasi!