Ragam Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan

Mau menghias pekarangan rumah, tapi juga ingin memiliki tanaman yang dapat dijadikan obat herbal sewaktu-waktu? Bagaimana kalau kamu menanam binahong? Jenis tanaman yang satu ini memiliki sejuta manfaat yang sudah terkenal sejak dulu untuk pengobatan tradisional. Daun binahong yang berbentuk hati juga dijamin akan membuat kebun rumahmu terlihat lebih cantik.

Daun binahong dijadikan sebagai tanaman obat keluarga karena mengandung sejumlah senyawa yang terbukti ampuh meningkatkan imunitas tubuh, meredakan peradangan, sampai menyembuhkan infeksi. Daun binahong juga disebut-sebut memiliki sifat antibakteri, antivirus, analgesik, antioksidan, dan anti-inflamasi yang akan membuat berbagai penyakit yang menyerangmu cepat lenyap.

Penasaran apa saja manfaat daun binahong? Yuk, simak ulasan dari Kania di bawah ini! Semua manfaatnya dijamin akan membuat kamu semakin ingin segera menanam tanaman ini di pekarangan rumah.

Batuk? Atasi dengan Daun Binahong!

thetimes.co.uk

Manfaat daun binahong ini bisa menjadi solusi untuk kamu yang sering mengalami batuk-batuk, tapi enggan untuk berobat atau mengonsumsi obat batuk kimia. Kamu hanya perlu mengonsumsi satu gelas air rebusan daun binahong untuk bisa mengatasi batuk yang mengganggu.

Obati Anemia

google.com

Bukan cuma tekanan darah tinggi yang berbahaya, kondisi tekanan darah yang terlalu rendah pun tidak kalah kritis, bahkan bisa menyebabkan kematian. Daun binahong memiliki kemampuan untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh, termasuk meningkatkan tekanan darah bagi kamu yang memiliki masalah tekanan darah rendah. Anemia yang sering muncul karena darah rendah pun bisa diobati sekaligus.

Penyakit Maag Tidak Kambuh

womenshealthmag.com

Tiba-tiba perut kamu terasa nyeri dan mulas, disertai rasa kembung dan seperti ada gas yang menekan bagian dada? Jangan-jangan penyakit maag yang kamu idap sedang kumat. Cobalah ambil 10 lembar daun binahong dan rebus dengan air mendidih di dalam panci. Konsumsilah racikan daun binahong tersebut setiap hari dan rasa sakit maag tersebut akan menghilang.

Daun Binahong untuk Masalah Jerawat

zen.yandex.ru

Kamu juga bisa memanfaatkan daun binahong untuk menuntaskan masalah kulitmu, khususnya jerawat. Kamu hanya perlu menumbuk daun binahong hingga halus, kemudian oleskan ke permukaan kulit yang berjerawat. Sifat anti-inflamasi dari daun binahong akan membuat kondisi kulit membaik dan masalah jerawat pun tuntas.

Efektif untuk Atasi Gagal Ginjal

ufhealth.org

Punya masalah penurunan fungsi ginjal atau bahkan gagal ginjal? Daun binahong pun disebut-sebut bisa menjadi solusi. Tanaman yang ajaib ini sudah kerap digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati gagal ginjal. Kamu hanya perlu merebus sekitar 10 daun binahong dengan segelas air sampai mendidih. Konsumsilah secara rutin tiap sebelum makan untuk hasil pengobatan herbal yang maksimal.

Terapi Asma dengan Daun Binahong

medicalnewstoday.com

Penderita asma pun bisa menjajal manfaat dari daun binahong. Soalnya, daun herbal ini bisa mengatasi masalah sesak napas yang menjadi gejala utama dari asma. Untuk melakukan terapi supaya penyakit asma yang kamu idap tidak sering kambuh, kamu hanya perlu merebus air rebusan daun binahong selagi hangat secara rutin.

Daun Binahong Cegah Kanker

nyt.com

Kandungan daun binahong yang kaya antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi ternyata juga bisa mencegah sel kanker tumbuh di tubuhmu, lho! Bahkan, pada pasien kanker, daun berbentuk hati yang juga termasuk tanaman rambat ini pun bisa menghambat perkembangan sel kanker.

Daun Binahong untuk Sembuhkan Luka Bakar

cureskin.com

Luka bakar yang dimaksud bukan hanya karena kulitmu terbakar api. Luka bakar yang bisa disembuhkan dengan menggunakan daun binahong, antara lain adalah paparan sinar matahari ataupun tersentuh benda panas yang bisa membuat sel kulit rusak. Daun binahong bisa membantu menyembuhkan luka bakar di kulitmu dengan merangsang produksi kolagen yang meregenerasi sel-sel kulit.

Sudah punya bentuk yang cantik, daun binahong pun sangat kaya manfaat. Yuk, segera tanam tanaman ajaib ini di pekarangan rumahmu! Jangan lupa gunakan pot bunga yang cantik dari Dekoruma supaya suasana halaman semakin ciamik.

Selain pot, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunianmu. Di antaranya, ada lemari dapur, kursi malas, kabinet, sofa, dan rak display. Modelnya bervariasi dan harganya pun ramah di kantong.

Kamu sedang mencari alas tidur yang nyaman dan berkualitas? Dekoruma juga jual spring bed dan beragam jenis kasur lainnya dari merek-merek ternama, lho! Dekoruma jual kasur The Luxe, kasur Guhdo, dan spring bed King Koil. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!